Mitra Pinasthika Lepas 50 Persen Saham MPMRent kepada Carro

Oleh Elga Nurmutia pada 06 Jun 2022, 19:39 WIB
Diperbarui 06 Jun 2022, 19:39 WIB
FOTO: IHSG Akhir Tahun Ditutup Melemah
Perbesar
Papan elektronik menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (30/12/2020). Pada penutupan akhir tahun, IHSG ditutup melemah 0,95 persen ke level 5.979,07. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX), perusahaan konsumer otomotif dan transportasi di Indonesia mengumumkan penandatanganan perjanjian jual beli saham pada 31 Mei 2022 dengan Trusty Cars Pte Ltd (Carro), sebuah perusahaan teknologi di Singapura.

Carro menginvestasikan USD 53,8 juta atau setara dengan Rp 783,8 miliar untuk menjadi pemegang saham pada PT Mitra Pinasthika Mustika Rent (MPMRent), dengan kepemilikan 50 persen dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh.

Berdasarkan keterbukaan informasi dari Bursa Efek Indonesia, Senin (6/6/2022), investasi ini menandai dimulainya kemitraan antara MPMX, grup otomotif, transportasi dan mobilitas di Indonesia dengan marketplace otomotif terbesar dan dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara CARRO, untuk menyediakan ekosistem end-to-end bagi konsumen di Indonesia, termasuk online marketplace, pembiayaan, sewa kendaraan, layanan perbaikan, dan layanan purna jual.

"Kami bersyukur dalam mengumumkan penandatanganan perjanjian antara Perseroan dengan CARRO. Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan peran aktif dari pemegang  saham induk kami yaitu PT Saratoga Investama Sedaya Tbk dalam mewujudkan kemitraan ini,” ungkap Group Chief Executive Officer Mitra Pinasthika Mustika, Suwito Mawarati.

Ia menambahkan, Perseroan dan Saratoga percaya CARRO merupakan mitra yang sangat baik yang akan mampu meningkatkan nilai strategis bisnis Perseroan melalui rekam jejak kesuksesan serta pengalaman operasionalnya yang luas di ekosistem otomotif online yang terintegrasi,”

Dia menambahkan, ini merupakan babak baru yang penting dan menarik bagi MPMRent dengan kemitraan ini akan menciptakan ekosistem otomotif online dan offline (O2O) terintegrasi yang unik di Indonesia dengan penawaran produk dan layanan lengkap bagi konsumen mulai dari marketplace, rental, pembiayaan hingga asuransi yang melayani pasar B2B dan B2C.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Carro Hadirkan Ekosistem Online

FOTO: PPKM Diperpanjang, IHSG Melemah Pada Sesi Pertama
Perbesar
Karyawan berjalan di depan layar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (22/1/2021). Indeks acuan bursa nasional tersebut turun 96 poin atau 1,5 persen ke 6.317,864. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menanggapi kemitraan ini, CEO CARRO, Aaron Tan mengatakan, tetap kukuh dan berkomitmen untuk berinvestasi dan memajukan bisnisnya di Indonesia meskipun lingkungan makro dan global yang penuh ketidakpastian. 

"Kami menantikan dan tidak sabar bermitra dengan MPM untuk meningkatkan pertumbuhan dan memberikan transformasi pengalaman kepada pelanggan melalui ratusan engineers dan data scientist di seluruh Grup CARRO,” kata Aaron.

Sementara itu, memanfaatkan kekuatan yang melekat pada kedua perusahaan, kemitraan ini menghadirkan situasi yang saling menguntungkan bagi perseroan dan CARRO.

Kemitraan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan perseroan untuk membawa pertumbuhan lebih lanjut dalam mengembangkan nilai (unlocking values) dari bisnis yang ada, serta berinvestasi dalam inovasi dan mempercepat transformasi digital Perseroan. 

CARRO menghadirkan ekosistem online yang terintegrasi penuh dari pasar mobil hingga pembiayaan, Big Data, dan AI, akses pada database kendaraan yang berkembang pesat, dan teknologi computer vision dan algoritma harga. 

 


Perkuat Posisi MPMRent

IHSG Menguat
Perbesar
Pekerja melintas di depan layar yang menampilkan informasi pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (8/6/2020). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 1,34% ke level 5.014,08 pada pembukaan perdagangan sesi I, Senin (8/6). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Hasilnya, MPMRent dapat memperkuat posisinya sebagai pemimpin di pasar persewaan mobil terkemuka di Asia Tenggara, menyediakan akses ke jaringan bengkel yang berkembang pesat, lokasi persewaan dan pelelangan nasional yang strategis, basis pelanggan yang menguntungkan dan beragam, serta kemampuan operasional yang kuat.

Kemitraan ini juga akan memperkuat nilai bagi pelanggan dan diler. Kedua perusahaan membangun komitmen terhadap strategi dan melanjutkan transformasi untuk menghadirkan platform yang relevan secara global dalam memberikan produk dan layanan generasi mendatang di pasar otomotif. 

Termasuk di dalamnya memberikan akses ke lebih banyak pilihan mobil bekas berkualitas yang tersedia dalam inventaris selama masa sewa dan paska sewa; praktik manajemen dan kontrol kualitas yang lebih baik, dan meneruskan digitalisasi layanan MPMRent untuk memastikan customer journey yang mulus dan mudah bagi pelanggan B2B.

 


Lepas 5,18 Miliar Saham MPMRent kepada Carro

Pergerakan IHSG Turun Tajam
Perbesar
Pengunjung mengabadikan papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Jakarta, Rabu (15/4/2020). Pergerakan IHSG berakhir turun tajam 1,71% atau 80,59 poin ke level 4.625,9 pada perdagangan hari ini. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat, 3 Juni 2022, PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk melepas, 5,18 miliar saham MPMRent atau setara 49,99 persen dari seluruh modal yang ditempatkan disetor di MPMRent kepada Carro. Nilai transaksi penjualan saham perseroan oleh Carro sebesar USD 53,76 juta atau setara Rp 783,78 miliar.

Setelah transaksi tersebut, pemegang saham MPMRent antara lain perseroan sebesar 50 persen dan Carro sebesar 50 persen. Dari sebelumnya perseroan memiliki saham MPMRent sebesar 99,99 persen, Tossin Himawan sebesar 0,0003 persen.

Pertimbangan transaksi:

1. Dengan bergabung dengan Carro, MPMR akan mendapat banyak manfaat dari menjadi bagian dari organisasi global. Ini berarti pertumbuhan lebih lanjut dan unlocking value bisnis MPMR dengan memanfaatkan kemampuan teknologi dan digitalisasi Carro, sebagai salah satu pemimpin ekosistem pasar online otomotif mobil bekas.

 


Selanjutnya

IHSG Dibuka di Dua Arah
Perbesar
Pekerja melintas di dekat layar digital pergerakan saham di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (14/10/2020). Pada pembukaan perdagangan pukul 09.00 WIB, IHSG masih naik, namun tak lama kemudian, IHSG melemah 2,3 poin atau 0,05 persen ke level 5.130, 18. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

2. Perseroan percaya transaksi ini saling menguntungkan baik untuk Perseroan maupun Carro, karena menciptakan sinergi dan potensi pertumbuhan yang kuat di bawah kemitraan baru untuk memenangkan pasar penyewaan kendaraan dan penjualan kendaraan bekas di Indonesia melalui jalur lelang dan ritel, baik online maupun offline

 3. Menciptakan peluang yang lebih besar bagi grup Perseroan, untuk memanfaatkan ekosistem kendaraan bekas yang lebih besar sebagai hasil sinergi Perseroan dan Carro.

4. Dari perspektif Carro, kemitraan ini akan memperkuat bisnis Carro sebagai grup ritel otomotif B2B dan B2C online terbesar dan dengan pertumbuhan tercepat di ASEAN, dan membantu perusahaan untuk terus bertumbuh dan melayani pelanggan dengan lebih baik lagi di Indonesia. Pengetahuan dan pengalaman MPMR akan memainkan peranan penting dalam mencapai tujuan tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya