Jurus Bank OCBC NISP Dongkrak KPR Khusus Generasi Milenial

Oleh Agustina Melani pada 22 Mei 2022, 18:07 WIB
Diperbarui 22 Mei 2022, 18:07 WIB
Ilustrasi Properti (Unsplash/Tierra Mallorca)
Perbesar
Ilustrasi Properti (Unsplash/Tierra Mallorca)

Liputan6.com, Jakarta - Bank OCBC NISP mendukung generasi milenial untuk bisa memiliki rumah sendiri meskipun baru memulai karier lewat program KPR Easy Start.

Customer Solutions Retail Loan Division Head Bank OCBC NISP Rudy Sutjiawan menuturkan, pada program ini tidak ada lagi pembatas antara nasabah dengan rumah impian karena salah satu syarat umur minimum nasabah yang mengajukan.

“KPR Easy Start adalah mulai dari umur 21 tahun sampai dengan 45 tahun dengan plafon kredit sampai dengan Rp 5 miliar dengan penghasilan mulai dari Rp 3 juta,” ujar dia seperti dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (22/5/2022).

Selain itu, untuk generasi milenial yang memilih KPR Easy Start, akan merasakan manfaat berupa skema cicilan terjangkau dan bertingkat.

Bank OCBC NISP juga mencatat peningkatan minat anak muda khususnya generasi Z untuk memiliki hunian yang terlihat pada peningkatan penyaluran KPR. Pada kuartal 1-2022 penyaluran KPR BankOCBC NISP meningkat double digit, dengan  salah satu produk unggulan Bank adalah KPR Easy Start.

“Untuk terus mendorong pertumbuhan ritel khususnya KPR, Bank OCBC NISP menawarkan suku bunga mulai dari 2,81 persen p,a untuk masa fixed 1 tahun dan 3,81 persen p,a untuk masa fixed 2 & 3 tahun, berlaku hingga 31 Mei 2022,” kata dia.

Investasi properti ini merupakan jenis investasi jangka panjang yang dapat digunakan untuk menjadi tempat tinggal, disewakan atau dijual kembali dan bisa menjadi pilihan bagi masyarakat.

Adapun berdasarkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), diperkirakan generasi milenial mencapai sekitar 60 persen dari total populasi penduduk Indonesia. Generasi saat ini lebih memprioritaskan rumah berkualitas dan terintegrasi dengan simpul transportasi umum.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kinerja Kuartal I 2022

Ilustrasi Laporan Keuangan
Perbesar
Ilustrasi Laporan Keuangan.Unsplash/Isaac Smith

Sebelumnya, PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP) mencatatkan kinerja positif yang berkelanjutan pada kuartal I 2022. Pada periode ini, laba bersih Bank OCBC NISP tumbuh 20,7 persen menjadi sebesar Rp 621 miliar dari Rp 515 pada periode yang sama pada tahun lalu.

Pertumbuhan laba bersih ini dikontribusikan dari pendapatan operasional yang naik 5,3 persen yoy menjadi Rp 2,5 triliun pada kuartal I 2022 dan biaya cadangan kerugian penurunan nilai yang lebih rendah.

Beragam indikator kinerja keuangan Bank OCBC NISP juga memperlihatkan pertumbuhan yang positif. Permintaan kredit mulai membaik dilihat dari pertumbuhan penyaluran kredit Bank OCBC NISP yang didorong oleh pertumbuhan kredit ritel sebesar 16 persen.

Penyaluran kredit tetap dijalankan dengan prinsip kehati-hatian, terlihat dari rasio NPL terjaga di bawah rata-rata NPL industri perbankan dan ketentuan Regulator, dengan net NPL pada posisi 0,7 persen dan NPL bruto sebesar 2,3 persen.

Pada kuartal I 2022, perseroan mencatatkan aset senilai Rp 225,7 triliun, naik 8,6 persen yoy. Dana pihak ketiga (DPK) juga tumbuh 12,8 persen yoy menjadi Rp 174,9 triliun pada periode ini.

 

 


Pertumbuhan Kredit

Ilustrasi Laporan Keuangan. Unsplash/Austin Distel
Perbesar
Ilustrasi Laporan Keuangan. Unsplash/Austin Distel

Sementara kredit bruto tumbuh 7,3 persen yoy menjadi Rp 123,3 triliun di 2022. Serta ekuitas perseroan smapai dengan tiga bulan pertama 2022 tercatat sebesar Rp 32,6 triliun atau naik 7,8 persen yoy.

“Dengan pertumbuhan kredit sebesar 7,3 persen pada kuartal I ini, kami menargetkan pertumbuhan penyaluran kredit yang positif sepanjang tahun 2022, sejalan dengan rencana pertumbuhan dari Regulator,” ujar Presiden Direktur Bank OCBC NISP, Parwati Surjaudaja, ditulis Jumat (29/4/2022).

Untuk terus mendorong pertumbuhan ritel khususnya KPR, bertepatan dengan ulang tahun ke-81, Bank OCBC NISP menawarkan suku bunga mulai dari 2,81 persen p,a untuk masa fixed 1 tahun dan 3,81 persen p,a untuk masa fixed 2 & 3 tahun, berlaku hingga 31 Mei 2022.

"Dengan prinsip kehati-hatian, Bank OCBC NISP akan fokus untuk mendorong pertumbuhan kredit ritel dan kredit produktif serta terus menjaga komunikasi yang baik dengan nasabah” ujar Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP.


Nilai Transaksi Digital Meningkat

Ilustrasi laporan keuangan.
Perbesar
Ilustrasi laporan keuangan. (Photo by Serpstat from Pexels)

Akselerasi kapabilitas digital – baik untuk nasabah individu maupun korporasi, terus mendapat sambutan positif. Sepanjang kuartal I 2022, nilai transaksi digital Bank OCBC NISP tumbuh sebesar 27 persen yoy.

Jumlah transaksi yang dilakukan nasabah melalui ONe Mobile pada kuartal I 2022 meningkat 44 persen, nilai transaksi mengalami peningkatan sebesar 37 persen, sementara jumlah pengguna bertambah 19 persen dibandingkan periode yang sama pada 2021.

Untuk nasabah korporasi, layanan Velocity@ocbcnisp mengalami pertumbuhan nilai transaksi sebesar 27 persen, jumlah frekuensi transaksi dan pengguna masing-masing sebesar 21 persen dan 15 persen dibandingkan periode yang sama pada 2021.

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya