Sukses

BRI Gandeng Traveloka Gelar Online Travel Fair 2022

Melalui BRI Online Travel Fair 2022, diharapkan sektor pariwisata dan pelaku usaha di dalamnya juga dapat terbantu.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) bekerja sama dengan Traveloka gelar BRI Online Travel Fair. Acara ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai 23 Mei dan berakhir pada 25 Mei 2022.

Direktur Konsumer BRI, Handayani mengatakan, program ini mendapat sambutan yang luar biasa lantaran bertepatan dengan momentum pulihnya mobilitas masyarakat.

"Ini merupakan respons dari BRI dan Traveloka melihat animo yang luar biasa untuk masyarakat melakukan traveling. Biasanya disebut revenge traveling, maka sore ini kita luncurkan BRI Online Travel Fair,” kata Handayani dalam Press Conference BRI Online Travel Fair, Jumat (20/5/2022).

Melalui BRI Online Travel Fair 2022, diharapkan sektor pariwisata dan pelaku usaha di dalamnya juga dapat terbantu. Mengingat sektor ini cukup terpukul selama periode pembatasan akibat pandemi COVID-19.

"Harapannya dengan melakukan traveling dari satu daerah ke daerah lain, akan memberikan percepatan pemulihan ekonomi utamanya di sektor pariwisata dna perjalanan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Handayani mengatakan BRI sudah meluncurkan fitur baru di BRImo yang juga merupakan hasil kolaborasi dengan Traveloka. Di mana BRImo terhubung dnegan site Traveloka, sehingga nasabah bisa melakukan pemesanan untuk tiket langsung dari BRImo.

Dalam kesempatan yang sama, Co-Founder & Chief External Relations Officer Traveloka Albert mengungkapkan hal serupa. Perusahaan mencatat kenaikan jumlah tiket pesawat yang mencapai 100 persen pada hari H-14 Lebaran tahun ini dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019 atau sebelum pandemi.

"Tingginya antusiasme dan minat masyarakat untuk melakukan perjalanan dan berpariwisata dapat menjadi angin segar dalam memberikan pemulihan sektor pariwisata dan juga berdampak pada ekonomi nasional, di mana hal ini sejalan dengan agenda pemerintah khususnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ujar dia.

Sejak awal pandemi, pemerintah Indonesia membatasi mobilitas masyarakat, sektor pariwisata merupakan salah satu yang paling terdampak termasuk di dalamnya para pelaku UMKM yang bergerak di bidang pariwisata.

Seperti penyediaan layanan transportasi dan akomodasi, hingga pelaku usaha cinderamata dan lainnya yang berada di destinasi wisata. Namun seiring dengan meratanya distribusi vaksin dan peningkatan jumlah vaksin di Indonesia termasuk vaksin booster serta jumlah kasus COVID-19 yang semakin terkendali, tahun ini pemerintah akhirnya mengizinkan masyarakat untuk mudik dengan syarat tertentu.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sasar Sektor Pariwisata, BRI dan KAI Bakal Kerja Sama Kembangkan Aplikasi BRImo

Sebelumnya, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI akan kembali bekerja sama. Rencananya, kedua BUMN ini akan mengembangkan aplikasi BRI Mobile (BRImo) sehingga bisa menyasar sektor pariwisata. 

Direktur Konsumer BRI Handayani menyampaikan kerja sama ini dalam mengembangkan aplikasi BRImo di sektor pariwisata. Diketahui, sebelumnya BRImo memberikan pilihan kategori travel di aplikasi pemilik rekening BRI tersebut.

“BRImo ini memiliki 16,1 juta user aktif, dan kita targetkan akhir tahun ini 20 juta user, ternyata KAI juga punya namanya KAI Access yang anggotanya 5 jutaan, dan rasanya kalau dikolaborasikan bener ini, karena banyak fitur yang bisa dikolaborasikan. Nanti nasabah BRI bisa untuk perjalanan misalnya, bisa beli tiket, dan kalau dilihat fitur-fiturnya luar biasa,” paparnya dalam konferensi pers, di Jakarta, Selasa (26/4/2022).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menyambut baik rencana kolaborasi kedepannya ini. ia memandang kedepan tujuannya dalam membangun ekosistem transportasi yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

“Integrasi apliaksi ini bisa jadi kolaborasi selanjutnya, customer BRI yang BRImo ini milenial semua, berdasarkan data 64 persen customer KAI itu juga milenial, ini ada kesesuaian, saya berharap dari BRIMo mari kita bersama lakukan kolaborasi ini, dan kedepan paket-paket ini karena milenial kan itu yang akan kita kembangkan eco-tourism dan sport tourism,” terangnya.

Pengembangan ekosistem pariwisata juga jadi perhatian Handayani. Ia menyebut, kemudahan fitur yang terangkum di aplikasi BRImo memudahkan bagi penggunanya untuk transaksi di bidang pariwisata.

“Kita sedang siapkan terkait transportasi, kita akan buat koneksi dengan BRImo, sekarang yang sudah diluncurkan adalah bis dan shuttle, lalu pesawat dan kereta api, hotel dan akomodasi lainnya juga akan ada di dalamnya,” kata dia.

“Kita juga akan bekerja sama dengan tempat wisata yang jadi destinasi,” imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Gandeng Traveloka

Sebelumnya, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kini menghadirkan terobosan untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi kebutuhan traveling, sebagai bagian dari transformasi yang dijalankan oleh perusahaan.

Kehadiran inovasi dari BRI itu diwujudkan melalui kerja sama dengan lifestyle Super Apps Traveloka, untuk menghadirkan fitur Travel pada layanan digital banking BRI, yakni BRImo.

Peluncuran fitur Travel dalam aplikasi BRImo ini memungkinkan nasabah BRI untuk membeli tiket pesawat, hotel, bus & shuttle dari beragam mitra yang dimiliki Traveloka. Acara tersebut dihadiri oleh Chief Operating Officer (COO) Traveloka Alfan Hendro dan Excecutive Vice President Retail Payment BRI Dhoni Ramadi.

Kerja sama BRI dan Traveloka ini sekaligus mengakselerasi komitmen kedua perusahaan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan konsumen dalam memenuhi kebutuhan traveling.

 

4 dari 4 halaman

Lonjakan Kebutuhan Tiket

Selain itu, hadirnya fitur Travel ini juga sekaligus mengantisipasi meningkatnya kebutuhan tiket dan akomodasi seiring kasus COVID-19 yang semakin terkendali dan pembatasan mobilitas yang semakin dilonggarkan pemerintah.

Terlebih, pemerintah juga telah mengizinkan adanya mudik lebaran yang akan berimplikasi positif terhadap percepatan pemulihan ekonomi di sektor pariwisata dan perjalanan.

Pusat Bantuan BRImo

Sementara itu, BRImo baru saja meluncurkan fitur Pusat Bantuan BRImo yang memudahkan adanya pengaduan terkait layanan mobile banking. Hadirnya fitur Travel semakin mengukuhkan BRImo sebagai Financial Super Apps yang bisa melayani berbagai kebutuhan nasabah dalam satu aplikasi saja.

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengungkapkan kerja sama strategis bersama Traveloka diharapkan bisa menjadi solusi bagi nasabah yang ingin merayakan hari raya Idul Fitri di kampung halaman.

"Dengan adanya kerjasama strategis dengan Traveloka, kami harapkan dapat memberikan added value kepada nasabah dan hal ini juga merupakan wujud layanan kepada masyarakat dalam memberikan solusi digital perbankan, khususnya menghadapi momen mudik Idulfitri," kata Handayani.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.