Transaksi Grup GoTo Melonjak Selama Ramadan 2022

Oleh Pipit Ika Ramadhani pada 19 Mei 2022, 18:23 WIB
Diperbarui 19 Mei 2022, 18:23 WIB
GoTo
Perbesar
Gojek, platform layanan on-demand dan perusahaan teknologi Tokopedia di Indonesia mengumumkan pembentukan grup GoTo.

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang Ramadhan 2022, ekosistem digital PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) mencatatkan peningkatan transaksi. Capaian itu tak lepas dari integrasi layanan on-demand, e-commerce, dan financial technology yang tersaji dalam satu ekosistem.

Chief of Corporate Affairs GoTo, Nila Marita mengatakan, pendekatan ekosistem terintegrasi GoTo semakin menambah kepercayaan dan kenyamanan masyarakat dalam bertransaksi di platform Grup GoTo.

“Hal ini terlihat dari peningkatan, baik transaksi, jumlah pengguna, maupun tingkat penggunaan layanan antar platform selama bulan Ramadan tahun ini dibandingkan dengan bulan Ramadan 2021,” kata Nila, ditulis Kamis (19/5/2022).

Jumlah pesanan di Tokopedia yang dikirimkan menggunakan layanan GoSend (instant maupun sameday) sepanjang Ramadhan 2022 tumbuh sebesar 85 persen dibandingkan dengan bulan Ramadhan 2021.

Bersamaan dengan itu, jumlah pesanan parsel (hampers) di Tokopedia yang dikirimkan dengan layanan logistik instant maupun sameday GoSend sepanjang bulan Ramadhan 2022 meningkat sebesar 60 persen dibandingkan dengan bulan Ramadhan 2021.

Penggunaan GoPay juga tumbuh secara signifikan sepanjang periode puncak belanja di bulan Ramadhan, sebagai hasil dari integrasi yang mendalam antara GoTo Financial dengan Tokopedia.

Jumlah pesanan yang diselesaikan untuk layanan GoRide dan GoCar secara kumulatif tumbuh sebesar lebih dari 35 persen sepanjang bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan Ramadhan 2021.

Ini seiring terjadinya pelonggaran terhadap pembatasan aktivitas sosial, lebih banyak dilakukannya kegiatan ‘buka puasa bersama’ secara offline, kunjungan dan berkumpul bersama keluarga, serta mulai kembalinya karyawan bekerja di kantor (work from office).

Jumlah konsumen yang bertransaksi di GoFood meningkat sebesar 25 persen pada Ramadhan 2022 dibanding dengan bulan Ramadhan 2021. Sementara itu, mitra GoFood yang menggunakan sarana promosi digital melalui platform Gojek tumbuh sebesar 46 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Donasi Melalui GoPay Meningkat

GoTo
Perbesar
Gojek, platform layanan on-demand dan perusahaan teknologi Tokopedia di Indonesia mengumumkan pembentukan grup GoTo.

Selain itu, donasi sosial yang diberikan melalui GoPay (baik secara offline maupun online) meningkat selama bulan Ramadhan, dengan pertumbuhan sebesar 40 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Pertumbuhan jumlah transaksi dan penggunaan layanan terintegrasi di dalam ekosistem GoTo membuktikan kepercayaan para pelanggan terhadap ketiga platform GoTo, yaitu Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial, seiring lebih banyak orang mengandalkan GoTo untuk menjawab kebutuhan masyarakat sepanjang bulan Ramadhan.

"Kami akan melakukannya melalui lebih banyak inovasi terhadap layanan yang kami tawarkan, seiring dengan terus memberi nilai dan manfaat bagi para pelanggan dan seluruh pemangku kepentingan secara berkelanjutan," ujar Nila.

Dengan ekosistem yang komprehensif, GoTo dapat menjawab lebih dari dua pertiga konsumsi rumah tangga masyarakat Indonesia di lebih dari 90 persen kecamatan di seluruh Indonesia, serta berkontribusi terhadap sekitar 2 persen dari pendapatan domestik bruto (PDB) Indonesia.

Cakupan yang luas tersebut juga memungkinkan konsumen mendapatkan produk dan layanan yang paling relevan dan tersedia paling dekat dengan mereka, dengan pengantaran yang cepat dan murah.


Transaksi Afiliasi

Gojek dan Tokopedia bentuk GoTo, grup teknologi terbesar di Indonesia.
Perbesar
Gojek dan Tokopedia bentuk GoTo, grup teknologi terbesar di Indonesia.

Sebelumnya, mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), pada 27 April 2022, perseroan menyetor modal tambahan di PT Global Loket Sejahtera (LOKET). Dalam penyetoran modal itu, perseroan mengambil bagian 27.000 saham baru dengan total nilai Rp 2,7 miliar.

Perseroan menyatakan tujuan transaksi tersebut untuk modal kerja kegiatan operasional LOKET. Adapun hubungan antara perseroan dengan anak perusahaan terkendali yang dimiliki sekurang-kurangnya 99 persen oleh perseroan. LOKET merupakan anak perusahaan yang dimiliki oleh perseroan 99,99 persen.

Kemudian pada 12 Mei 2022, perseroan menyampaikan pengumuman mengenai transaksi afiliasi terkait penandatanganan perjanjian jual beli aset antara PT Multi Adiprakarsa Manunggal (MAM) dengan PT Moka Teknologi Indonesia (Moka). Nilai transaksi Rp 47,12 miliar dengan periode jual beli pada 2022-2023.

Adapun hubungan antara dua anak perusahaan terkendali dari perseroan yang dimiliki sekurang-kurangnya 99 persen. Dengan MAM merupakan anak perusahaan yang dimiliki sebesar 99,97 persen oleh perseroan dan Moka, merupakan anak perusahaan yang dimiliki oleh perseroan sebesar 99,96 persen per 1 April 2022.


Stabilisasi Harga Rampung, GOTO Boleh Tahan Saham Greenshore Maksimal Tiga Tahun

Paparan publik penawaran umum perdana saham (IPO) PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, Selasa (15/3/2022) (Foto: PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk)
Perbesar
Paparan publik penawaran umum perdana saham (IPO) PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, Selasa (15/3/2022) (Foto: PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk)

Sebelumnya, PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia selaku agen stabilisasi harga saham PT GOTO Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) telah membeli seluruh saham greenshoe.

Pembelian terakhir dilakukan pada Kamis, 28 April 2022 dengan harga pembelian rata-rata Rp 293,24 per lembarnya. Dengan demikian, total akumulasi saham yang telah dibeli sebanyak 6.092.258.400 lembar atau 100 persen dari alokasi saham greenshoe senilai Rp 2,05 tiliun.

Adapun saham yang diperoleh dari opsi greenshoe ini hanya boleh ditahan kepemilikannya maksimal 3 tahun.

“Terkait dengan pengaturan saham yang dibeli kembali, sesuai pasal 37 ayat 4 UUPT, saham yang dibeli kembali oleh Perseroan hanya boleh dikuasai Perseroan paling lama tiga tahun,” ujar Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) I Gede Nyoman Yetna kepada wartawan, ditulis umat (29/4/2022).

Mengacu prospektus GOTO, pada akhir periode stabilisasi GOTO akan menerima saham yang dibeli di pasar sekunder. Dengan catatan, jika harga saham emiten di pasar sekunder selama periode stabilisasi atau sampai dengan dihentikannya aktivitas stabilisasi, harga berada pada tingkat di bawah dengan harga penawaran.

“GOTO juga akan menerima saham yang dibeli di pasar sekunder dan sisa dana stabilisasi. Atau dana stabilisasi bila agen Stabilisasi tidak melaksanakan stabilisasi harga,” imbuh Nyoman.

Ia menambahkan, greenshoe sendiri telah lazim diterapkan di bursa-bursa negara lain. Beberapa Bursa yang umum memiliki skema Greenshoe pada saat IPO di antaranya Hong Kong Stock Exchange (HKEX) dan Bursa Amerika Serikat baik New York Stock Exchange atau Nasdaq.

Saham GOTO anjlok 6,21 persen ke posisi Rp 272 per saham pada penutupan perdagangan Kamis, 28 April 2022. Saham GOTO dibuka turun 20 poin ke posisi Rp 270 per saham.

Saham GOTO berada di level tertinggi Rp 290 dan terendah Rp 270 per saham. Total frekuensi perdagangan 55.159 kali dengan volume perdagangan 22.803.098 saham. Nilai transaksi Rp 622,1 miliar.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya