Sukses

Elon Musk Ingin Tahu Jumlah Akun Palsu di Twitter, Begini Respons Ahli

CEO Tesla Elon Musk meneliti proporsi akun palsu dan spam di Twitter. Hal tersebut mendapatkan tanggapan dari sejumlah ahli.

Liputan6.com, Jakarta - CEO Tesla Elon Musk kirim saham Twitter jatuh pada Jumat, 13 Mei 2022 ketika dia mengatakan akan menunda akuisisi Twitter senilai USD 44 miliar atau sekitar Rp 644,01 triliun (asumsi kurs Rp 14.636 per dolar AS) sementara dia meneliti proporsi akun palsu dan spam di platform.

Meskipun Musk kemudian mengklarifikasi dia tetap berkomitmen pada kesepakatan itu, dia terus membahas masalah akun palsu. Elon Muskmenulis di Twitter, timnya akan melakukan analisis mereka sendiri dan menyatakan keraguan tentang keakuratan angka yang dilaporkan Twitter dalam pengajuan keuangan terbarunya.

Dalam laporan pendapatan kuartal pertama tahun ini, Twitter mengakui ada sejumlah akun palsu atau spam di platformnya, di samping penggunaan atau pengguna aktif harian (mDAU) yang dapat dimonetisasi. 

"Kami telah melakukan tinjauan internal terhadap sampel akun dan memperkirakan bahwa rata-rata akun palsu atau spam selama kuartal pertama 2022 mewakili kurang dari 5 persen dari mDAU kami selama kuartal tersebut,” demikian Perusahaan melaporkan.

Twitter juga mengaku melebih-lebihkan jumlah pengguna sebanyak 1,4 juta hingga 1,9 juta pengguna selama 3 tahun terakhir. Perusahaan menulis, “Pada Maret 2019, kami meluncurkan fitur yang memungkinkan orang untuk menautkan beberapa akun terpisah bersama-sama untuk beralih antar akun dengan mudah,” ungkap Twitter. 

"Terjadi kesalahan pada saat itu, sehingga tindakan yang diambil melalui akun utama mengakibatkan semua akun tertaut dihitung sebagai mDAU,” tambahnya, demikian mengutip dari CNBC, Minggu (15/5/2022).

Sementara Musk mungkin penasaran, para ahli di media sosial, disinformasi, dan analisis statistik mengatakan pendekatan yang disarankannya untuk analisis lebih lanjut sangat kurang.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Langkah yang Dilakukan Elon Musk

Inilah yang dikatakan CEO SpaceX dan Tesla yang akan dia lakukan untuk menentukan berapa banyak akun spam, palsu, dan duplikat yang ada di Twitter:

"Untuk mengetahuinya, tim saya akan melakukan random sample 100 followers @twitter. Saya mengundang orang lain untuk mengulangi proses yang sama dan melihat apa yang mereka temukan.” Dia mengklarifikasi metodologinya di tweet berikutnya, menambahkan "Pilih akun mana saja dengan banyak pengikut," dan "Abaikan 1000 pengikut pertama, lalu pilih setiap 10. Saya terbuka untuk ide-ide yang lebih baik.”

Musk juga mengatakan, tanpa memberikan bukti, ia memilih 100 sebagai nomor ukuran sampel untuk studinya karena itulah nomor yang digunakan Twitter untuk menghitung angka dalam laporan pendapatan mereka.

"Setiap proses pengambilan sampel acak yang masuk akal baik-baik saja. Jika banyak orang secara mandiri mendapatkan hasil yang serupa untuk persen akun palsu/spam/duplikat, itu akan berarti. Saya memilih 100 sebagai nomor ukuran sampel, karena itulah yang digunakan Twitter untuk menghitung <5 persen palsu/spam/duplikat,” tulisnya.

Twitter menolak berkomentar ketika ditanya apakah deskripsi metodologinya akurat.

3 dari 4 halaman

Tanggapan Ahli

Pendiri Facebook Dustin Moskovitz mempertimbangkan masalah ini melalui akun Twitter nya sendiri, menunjukkan bahwa pendekatan Musk sebenarnya tidak acak, menggunakan sampel yang terlalu kecil, dan menyisakan ruang untuk kesalahan besar.

Dia menulis, "Saya juga merasa 'tidak mempercayai tim Twitter untuk membantu menarik sampel' adalah jenis bendera merahnya sendiri,”.

Pendiri dan CEO BotSentinel Christopher Bouzy mengatakan dalam sebuah wawancara dengan CNBC, analisis oleh perusahaannya menunjukkan 10 persen hingga 15 persen akun di Twitter kemungkinan tidak autentik, termasuk palsu, spammer, scammers, bot jahat, duplikat, dan single akun kebencian yang tujuannya biasanya menargetkan dan melecehkan individu, bersama dengan orang lain yang menyebarkan disinformasi dengan sengaja.

BotSentinel, yang terutama didukung melalui crowdfunding, secara independen menganalisis dan mengidentifikasi aktivitas tidak autentik di Twitter menggunakan campuran perangkat lunak pembelajaran mesin dan tim peninjau manusia. Perusahaan memantau lebih dari 2,5 juta akun Twitter hari ini, terutama pengguna berbahasa Inggris.

"Saya pikir Twitter tidak secara realistis mengklasifikasikan akun palsu dan spam," kata Bouzy.

Dia juga memperingatkan, jumlah akun tidak autentik dapat muncul lebih tinggi atau lebih rendah di berbagai sudut Twitter tergantung pada topik yang sedang dibahas.

Misalnya, lebih banyak akun tidak autentik yang membuat tweet tentang politik, cryptocurrency, perubahan iklim, dan covid daripada yang membahas topik non-kontroversial seperti anak kucing dan origami, menurut temuan BotSentinel.

"Saya tidak dapat membayangkan bahwa Musk melakukan apa pun selain menipu kami dengan skema pengambilan sampel yang konyol ini," katanya.

 

 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Profesor Universitas Washington, Carl T. Bergstrom yang ikut menulis buku untuk membantu orang memahami data dan menghindari klaim palsu secara online, mengatakan kepada CNBC mengambil sampel seratus pengikut dari satu akun Twitter tidak boleh berfungsi sebagai uji tuntas  untuk melakukan akuisisi senilai USD 44 miliar.

Dia mengatakan ukuran sampel 100 kali lipat lebih kecil dari norma bagi para peneliti media sosial yang mempelajari hal semacam ini. Masalah terbesar yang akan dihadapi Musk dengan pendekatan ini dikenal sebagai bias seleksi.

"Tidak ada alasan untuk percaya pengikut akun Twitter resmi merupakan contoh akun yang representatif di platform. Mungkin bot cenderung tidak mengikuti akun ini untuk menghindari deteksi. Mungkin mereka lebih cenderung mengikuti agar tampak sah. Siapa tahu? Tapi saya tidak bisa membayangkan bahwa Musk melakukan apa pun selain menjebak kami dengan skema pengambilan sampel yang konyol ini,” tulis Bergstrom kepada CNBC.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.