Sukses

Pendiri Amazon Jeff Bezos Kritik Joe Biden Terkait Inflasi

Pendiri Amazon Jeff Bezos membalas tweet yang klaim tidak ada hubungan antara inflasi dan pajak perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Amazon Jeff Bezos membidik Presiden Joe Biden pada Jumat atas tweet yang mengatakan inflasi dapat diturunkan dengan membebani perusahaan kaya.

Joe Biden pada hari sebelumnya membuat tweet, “Anda ingin menurunkan inflasi? Mari kita pastikan perusahaan-perusahaan terkaya membayar bagian mereka secara adil,”.

Jeff Bezos membalas Jumat malam dengan tweet sendiri yang klaim tidak ada hubungan antara inflasi dan pajak perusahaan.

Bezos, yang perusahaannya telah mendapat manfaat dari kredit dan pengurangan pajak, mengutip tweet yang dibalas, "Disinformation board yang baru dibuat harus meninjau tweet ini, atau mungkin mereka perlu membentuk Dewan Non Sequitur baru," kata mantan CEO itu, tampaknya merujuk kepada Dewan Tata Kelola Disinformasi Departemen Keamanan Dalam Negeri. 

"Menaikkan pajak perusahaan tidak masalah untuk didiskusikan. Menjinakkan inflasi sangat penting untuk didiskusikan. Menggabungkan mereka bersama hanyalah penyesatan,” ia menambahkan. 

Meskipun dia tidak menyebut Amazon secara khusus dalam tweet itu. Biden sebelumnya telah mengkritik sejarah pajak perusahaan. Amazon tidak membayar pajak pendapatan federal pada 2017 dan 2018. Pada Mei 2020, Biden menuturkan, Amazon harus “mulai membayar pajak” dalam sebuah wawancara dengan CNBC.

“Saya tidak berpikir perusahaan mana pun, saya tidak peduli seberapa besar mereka. Mereka tidak membayar pajak dan hasilkan miliaran dan miliaran dolar AS,” ujar Biden yang saat itu calonkan diri sebagai presiden.

Namun, Amazon mengatakan telah membayar USD 1,7 miliar pajak pendapatan federal untuk tahun pajak 2020 dan membayar USD 1,8 miliar pajak federal lainnya.  Ia juga mengatakan, telah membayar pajak negara bagian dan lokal USD 2,6 miliar.

Debat di Twitter terjadi ketika inflasi mencapai tingkat yang tidak terlihat dalam beberapa dekade, mempengaruhi biaya barang-barang penting seperti gas, makanan, dan perumahan. 

Sementara itu, pejabat Federal Reserve telah menanggapi masalah tersebut dengan dua kali kenaikan suku bunga sepanjang tahun ini. Mereka telah berjanji lebih sampai inflasi turun ke tujuan dua persen bank sentral.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jeff Bezos Pusing, Amazon Rugi hingga Rp 55 Triliun pada Kuartal I 2022

Sebelumnya, saham Amazon anjlok sekitar 12 persen setelah perusahaan itu mencatat kerugian pada Maret 2022 atau pada kuartal pertama tahun ini. 

Dikutip dari CNN Business, Senin, 2 Mei 2022 raksasa e-commerce yang didirikan orang terkaya kedua di dunia, Jeff Bezos, merugi hingga USD 3,8 miliar atau setara Rp 55,1 triliun (kurs rupiah 14.400 per dolar AS).

Diketahui, kerugian Amazon sebagian besar dari investasinya di perusahaan pembuat mobil listrik Rivian Automotive, sebesar USD 7,6 miliar. 

Pada tahun 2019, Amazon menginvestasikan USD 700 juta atau Rp 10,1 triliun di Rivian dan sahamnya anjlok lebih dari 75 persen sejak IPO yang dilakukan pada November 2021.

Kerugian yang dihadapi Amazon juga terjadi sehari setelah Ford, yang juga investor di Rivian, menarik dana sebelum pajak sebesar USD 5,4 miliar terkait dari investasinya. Ini mengakibatkan Ford mengalami kerugian hingga USD 3,1 miliar Rp 44,64 triliun di kuartal pertama.

 

Selain sahamnya yang anjlok, dampak pandemi Covid-19 dan konflik Rusia-Ukraina juga menjadi tantangan dalam bisnis Amazon.

"Pandemi dan perang di Ukraina telah membawa pertumbuhan dan tantangan yang tidak biasa," kata CEO Amazon Andy Jassy. 

"Saat ini, karena kami tidak lagi mengejar kapasitas fisik atau staf, tim kami benar-benar fokus pada peningkatan produktivitas dan efisiensi biaya di seluruh jaringan pemenuhan kami, lanjut dia.

"Ini mungkin memakan waktu, terutama karena kami bekerja dengan tekanan inflasi dan rantai pasokan yang sedang berlangsung, tetapi kami melihat kemajuan yang menggembirakan pada sejumlah dimensi pengalaman pelanggan," tambahnya.

 

3 dari 4 halaman

Amazon Pangkas Cuti Berbayar bagi Karyawan yang Kena COVID-19

Sebelumnya, Amazon memotong cuti berbayar untuk karyawan front-line AS yang dites positif COVID-19. Hal tersebut efektif Senin, 2 Mei 2022.

Semua karyawan Amazon yang berbasis di Amerika Serikat (AS) yang dites positif COVID-19 sekarang akan mendapatkan cuti dan tidak dibayar hingga lima hari, kata manajemen Amazon kepada para karyawan dalam pemberitahuan yang dikirim pada Sabtu.

Seorang juru bicara mengatakan kepada CNBC pekerja masih dapat menggunakan waktu sakit mereka jika diperlukan.

Dalam pemberitahuan pada Sabtu, Amazon menambahkan, karyawan yang menunggu hasil tes COVID-19 tidak lagi memiliki cuti karena tes cepat sekarang tersedia secara luas.

Raksasa e-commerce tersebut perlahan-lahan menarik kembali kebijakan COVID-19 nya karena vaksin menjadi lebih banyak tersedia dan pusat pengendalian serta pencegahan penyakit mengubah panduannya.

Perusahaan awalnya menawarkan cuti berbayar hingga dua minggu untuk setiap karyawan yang didiagnosis dengan COVID-19 atau ditempatkan di karantina. Pada Januari, perusahaan mengurangi waktu cuti berbayar menjadi satu minggu, atau hingga 40 jam.

 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Sebagai bagian dari mundurnya, Amazon akan berhenti mengirimkan pemberitahuan kasus positif di seluruh situs di fasilitasnya, kecuali diwajibkan oleh hukum. Perusahaan juga akan menghentikan upaya vaksinasi, katanya.

“Pelonggaran pandemi yang berkelanjutan, ketersediaan vaksin dan perawatan COVID-19 yang berkelanjutan, dan panduan terbaru dari otoritas kesehatan masyarakat, semua sinyal bahwa kami dapat terus menyesuaikan diri dengan aman dengan kebijakan pra COVID-19 kami,” kata perusahaan itu dalam pemberitahuan tersebut dikutip dari CNBC, Senin (2/5/2022).

Keputusan tersebut kemungkinan akan memicu reaksi balik dari karyawan pro serikat yang memperdebatkan kondisi kerja yang lebih baik dan peningkatan manfaat di gudangnya.

Langkah itu dilakukan sehari setelah gudang Amazon di Staten Island, New York, menutup serikat pekerjanya. Dewan Hubungan Perburuhan Nasional akan mulai menghitung surat suara pada 2 Mei.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.