Sukses

Miliarder Kripto Sam Bankman-Fried Beli 7,6 Persen Saham Robinhood

Saham Robinhood melonjak lebih dari 25 persen pada Jumat usai sebuah perusahaan investasi FTX beli saham Robinhood.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun yang brutal bagi Robinhood. Jatuhnya saham dan bitcoin telah memukul penjualan broker online. Perusahaan juga melaporkan kerugian dan penurunan pengguna. Saham telah anjlok 40 persen tahun ini dan Robinhood baru-baru ini mengumumkan PHK besar.

Melansir CNN, namun, mungkin ada harapan di cakrawala. Saham Robinhood melonjak lebih dari 25 persen pada Jumat usai sebuah perusahaan investasi yang dijalankan oleh miliarder kripto berusia 30 tahun Sam Bankman-Fried mengungkapkan dalam pengajuan Komisi Sekuritas dan Bursa kalau mereka telah membeli 7,6 persen saham di perusahaan tersebut.

Bankman Fried, yang menjalankan startup FTX, pertukaran cryptocurrency yang berbasis di Bahama, mengatakan dalam pengajuan, dia membeli saham Robinhood karena yakin itu mewakili investasi yang menarik. 

Dia menambahkan, sahamnya dimaksudkan untuk menjadi investasi pasif.Saat ini dia tidak memiliki niat untuk mengambil tindakan apa pun untuk mengubah atau memengaruhi kendali Robinhood.

Tentu saja, investasi awal Elon Musk di Twitter (TWTR) tampaknya pasif sebelum Tesla (TSLA) dan CEO SpaceX berubah pikiran dan kemudian memutuskan untuk membeli semua Twitter kesepakatan yang sekarang ditangguhkan.

FTX telah menggemparkan dunia crypto, menarik lebih dari satu juta pengguna sejak diluncurkan pada 2019, sehingga memiliki pendirinya sebagai investor strategis di Robinhood dapat membantu memberikan kredibilitas lebih kepada pialang, belum lagi pendukung dengan banyak uang yang dimilikinya. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Valuasi FTX

FTX swasta baru-baru ini mengumpulkan dana baru dan mencatat valuasi perusahaan USD 32 miliar atau sekitar Rp 468,14 triliun (asumsi kurs Rp 14.629 per dolar AS). Menurut data yang dilacak oleh Forbes, Bankman Fried, yang juga pendiri perusahaan perdagangan kripto Alameda Research, bernilai USD 21,2 miliar atau sekitar Rp 310,14 triliun.

FTX tidak memiliki komentar lebih lanjut tentang saham Robinhood Bankman Fried. Robinhood mengeluarkan pernyataan pada Kamis di umpan Twitter tim komunikasi Robinhood yang terverifikasi, mengatakan pihaknya menggandakan menciptakan perusahaan multi generasi di mana pelanggan dapat membangun kekayaan untuk generasi mereka.

"Tentu saja, kami pikir ini juga merupakan investasi yang menarik. Kami memiliki basis pelanggan terbaik, memperkenalkan produk baru yang hebat, dan kami memiliki tim untuk menyampaikannya. Perjalanan kami baru saja dimulai," tambah Robinhood.

Investasi dari Bankman Fried dapat membantu Robinhood kembali ke jalurnya. Robinhood, bersama dengan saingan pialang kripto Coinbase, telah berjuang tahun ini karena volatilitas di pasar keuangan.

Saham Coinbase, yang jatuh awal pekan ini menyusul laporan pendapatan yang buruk dan prospek yang lemah, menguat seiring dengan Robinhood pada Jumat. Saham Coinbase naik sekitar 25 persen. Namun, sahamnya masih turun 30 persen minggu ini dan lebih dari 70  persen pada 2022.

 

3 dari 4 halaman

Robinhood Luncurkan Dompet Kripto bagi 1.000 Pengguna

Sebelumnya, Robinhood Market meluncurkan dompet kripto untuk 1.000 pengguna yang memungkinkan untuk mengirimkan sekaligus menerima kripto melalui akun pialang para nasabah. Hal itu disampaikan perseroan dalam unggahan pada situsnya, Kamis, 20 Januari 2022.

Pialang daring yang berbasis di Menlo Park telah menyusun agenda untuk melakukan uji atas dompet kripto ini pada 2021. Untuk 2022 ini, Robinhood menargetkan peluncuran yang lebih luas.

Dari hampir 1,6 juta di daftar tunggu (waiting list) yang tertarik dengan dompet kripto, Robinhood memilih 1.000 teratas sebagai objek uji coba dan melakukan tukar-menukar kripto dari Robinhood dengan dompet kripto milik platform lain (dompet kripto eksternal).

Fitur baru ini mampu menghubungkan pemegang aset digital ke dalam ekosistem blockchain. Penguji beta memiliki batas harian sebesar USD 2.999 setara Rp 43,03 juta (asumsi kurs Rp 14.352 per dolar AS) untuk total penarikan dan 10 transaksi. Pengguna juga perlu mengaktifkan otentikasi dua faktor, kata perusahaan itu.

Robinhood mengambil keuntungan besar dari ledakan perdagangan ritel selama pandemi COVID-19. Tidak heran jika mengharapkan dan memperluas program ini ke 10.000 pelanggan pada Maret.

Pelanggannya telah lama meminta kehadiran dompet kripto pada platform trading kripto ini. Sehingga memungkinkan partisipasi lebih luas dalam ekosistem berbasis blockchain, seperti membeli aset virtual seperti non-fungible tokens  (NFT) di jaringan Ethereum.

Menurut jadwal, Robinhood akan melaporkan pendapatan kuartal IV pada Kamis, 27 Januari 2022.

 

4 dari 4 halaman

IPO, Robinhood Incar Dana Segar Rp 33,46 Triliun

Sebelumnya, Robinhood berencana untuk membuat debut besarnya sebagai perusahaan publik minggu depan seiring pelaksanaan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO). Menurut sumber yang enggan disebutkan namanya, Robinhood diharapkan mulai diperdagangkan di bursa saham Nasdaq pada 29 Juli 2021.

Namun, waktu debut masih bisa berubah. Dilansir dari CNN, Rabu (21/7/2021), Robinhood mengincar dana segar hingga USD 2,3 miliar atau sekitar Rp 33,46 triliun (kurs Rp 14.549 per USD).

Dari rencana tersebut diperkirakan valuasi perusahaan hingga USD 35 miliar atau Rp 509 triliun. Robinhood berencana memberikan sebagian dari penawaran sahamnya untuk pengguna aplikasi perusahaan.

Selanjutnya, antara 20 persen dan 35 persen saham akan dialokasikan untuk pengguna, tergantung pada permintaan dari pelanggan dan investor lainnya.

Robinhood berencana mencatatkan saham perdana di Bursa Nasdaq dengan kode saham HOOD. Goldman Sachs dan J.P. Morgan bertindak penjamin emisi utama untuk penawaran tersebut.

Robinhood mencatatkan pendapatan yang melonjak 245 persen menjadi USD 959 juta tahun lalu karena aktivitas perdagangan dan pertumbuhan pengguna melonjak. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.