Gandeng Garuda Indonesia, UOB Berharap Dongkrak Sektor Pariwisata

Oleh Gagas Yoga Pratomo pada 11 Mei 2022, 18:13 WIB
Diperbarui 11 Mei 2022, 18:13 WIB
Penandatanganan MoU penyelenggaraan kredit pembiayaan melalui aplikasi online TMRW Pay Bank UOB Indonesia dan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA), Rabu (11/5/2022 (Liputan6.com/Gagas Y.G)
Perbesar
Penandatanganan MoU penyelenggaraan kredit pembiayaan melalui aplikasi online TMRW Pay Bank UOB Indonesia dan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA), Rabu (11/5/2022 (Liputan6.com/Gagas Y.G)

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank UOB Indonesia resmi menjalin kerja sama dengan PT Garuda Indonesia, Tbk dalam kesepakatan Penyelenggaraan Kredit Pembiayaan Melalui Aplikasi Online TMRW Pay, Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan pada Rabu (11/5/2022). 

Pada kesempatan itu, Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengungkapkan saat ini ada perubahan cara pandang orang dalam bepergian, terutama sejak terjadi pandemi COVID-19 di Indonesia. 

“Kami melihat ada perubahan cara pandang orang ketika bepergian saat ini. Selain memilih maskapai aman dan nyaman, tetapi mereka juga mencari yang menjalankan prokes dengan benar,” ujar Irfan.

Selain itu, orang yang ingin bepergian saat ini menginginkan hal yang fleksibel dan juga mulus. Maka dari itu, dalam mendukung hal tersebut, Irfan yakin kerja sama dengan UOB Indonesia melalui TMRW Pay dapat membantu Garuda Indonesia mendapatkan lebih banyak penumpang. 

“Saya yakin profesionalitas dari UOB akan membantu Garuda mendapatkan lebih banyak penumpang. Kami harap kerja sama ini bisa menempatkan garuda dan UOB berada di suatu tempat bagi pelanggan kami,” kata Irfan. 

Selama beberapa tahun terakhir, Garuda Indonesia menyampaikan filosofi baru yaitu “Because You Matter”. Filosofi itu menggambarkan apapun hal yang penting bagi penumpang, maka penting juga bagi Garuda Indonesia. 

Presiden Direktur UOB Indonesia, Hendra Gunawan mengungkapkan kerja sama dengan Garuda Indonesia ini menjadi salah satu upaya UOB dalam mengembangkan ekosistem kemitraan. 

"Bagi UOB kerja sama ini menjadi suatu kebanggaan, karena Garuda Indonesia menjadi salah satu maskapai penerbangan no 1 di indonesia," tutur Hendra. 

Hendra menuturkan, selama pandemi sektor pariwisata melemah karena mobilitas masyarakat dikurangi. Saat ini ketika masyarakat mulai diberi kebebasan, sektor pariwisata mulai bangkit. 

"Kami harap dengan adanya kolaborasi UOB bersama Garuda Indonesia, dapat mendorong sektor pariwisata, meningkatkan penetrasi kredit dan ekonomi digital di Indonesia," pungkas Hendra. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kolaborasi Garuda Indonesia dan UOB Beri Kemudahan Layanan Tiket bagi Pengguna

Penandatanganan MoU penyelenggaraan kredit pembiayaan melalui aplikasi online TMRW Pay Bank UOB Indonesia dan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA), Rabu (11/5/2022 (Liputan6.com/Gagas Y.G)
Perbesar
Penandatanganan MoU penyelenggaraan kredit pembiayaan melalui aplikasi online TMRW Pay Bank UOB Indonesia dan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA), Rabu (11/5/2022 (Liputan6.com/Gagas Y.G)

Sebelumnya, PT Bank UOB Indonesia resmi menjalin kerja sama dengan PT Garuda Indonesia, Tbk dalam kesepakatan Penyelenggaraan Kredit Pembiayaan Melalui Aplikasi Online TMRW Pay, Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan pada Rabu, 11 Mei 2022.

UOB sebagai salah satu bank di Indonesia telah menghadirkan bank digital TMRW pada 2020. Kemudian pada akhir 2021 menghadirkan TMRW Pay. Peluncuran TMRW Pay adalah bentuk komitmen memberikan aplikasi pembiayaan bagi masyarakat indonesia.

Presiden Direktur UOB Indonesia, Hendra Gunawan mengungkapkan kerja sama dengan Garuda Indonesia ini menjadi salah satu upaya UOB dalam mengembangkan ekosistem kemitraan. 

“Bagi UOB kerja sama ini menjadi suatu kebanggaan, karena Garuda Indonesia menjadi salah satu maskapai penerbangan no 1 di indonesia,” tutur Hendra. 

Hendra menjelaskan, selama pandemi sektor pariwisata melemah karena mobilitas masyarakat dikurangi. Saat ini ketika masyarakat mulai diberi kebebasan, sektor pariwisata mulai bangkit. 

“Kami harap dengan adanya kolaborasi UOB bersama Garuda Indonesia, dapat mendorong sektor pariwisata, meningkatkan penetrasi kredit dan ekonomi digital di Indonesia,” jelas Hendra. 

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk, Irfan Setiaputra mengungkapkan kerja sama dengan UOB akan membantu Garuda Indonesia dalam mendapatkan pelanggan-pelanggan baru. 

“Banyak aplikasi di luar sana, tetapi kami memilih UOB. Saya yakin profesionalitas dari UOB akan membantu garuda mendapatkan lebih banyak penumpang. Kami harap kerja sama ini bisa menempatkan garuda dan UOB berada di suatu tempat bagi pelanggan kami,” kata Irfan. 

Selain itu, Irfan menuturkan, kerja sama ini juga menjadi bukti keseriusan Garuda Indonesia dalam memberikan pelayanan yang terbaik pada pelanggan setia dan masyarakat Indonesia secara luas.


Beri Fleksibilitas

Ilustrasi Pesawat Terbang
Perbesar
Pesawat Terbang Garuda Indonesia (Liputan6.com/Fahrizal Lubis)

Dengan kesepakatan ini, pelanggan Garuda Indonesia bisa melakukan pembelian tiket melalui TMRW Pay dengan sistem cicilan. 

 Head of Digital Bank UOB Indonesia, Fajar Septandri menuturkan, TMRW Pay sebagai pinjaman online memberikan fleksibilitas dan fitur menarik yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh pelanggan Garuda Indonesia.

“TMRW Pay memberikan tenor ada yang 30 hari, 3 bulan, 6 bulan, dan 9 bulan. Untuk 30 hari hingga 3 bulan bunga 0 persen. Sedangkan untuk jangka waktu 6 sampai 9 bulan, gratis cicilan terakhir. Ini tentu sangat menarik dan merupakan kesempatan baik bagi pelanggan setia garuda dan nasabah kami,” ujar Fajar. 

Kedua belah pihak baik Bank UOB dan Garuda Indonesia sama-sama memiliki pelanggannya masing-masing. Kedua belah pihak juga mengharapkan atas dijalinnya kerja sama ini bisa memberikan tambahan pelanggan bagi keduanya. 


UOB Akuisisi Bisnis Konsumer Citibank di Indonesia dan 3 Negara Lain

Sebelumnya, United Overseas Bank (UOB) Group yang berbasis di Singapura mengakuisisi bisnis Citibank di empat negara. Nilai akuisisi diketahui sebesar 915 juta dolar Singapura atau setara dengan USD 680 juta.

Angka akuisisi ini jika dikonversi ke dalam rupiah menjadi Rp 9,7 triliun (kurs Rp 14.300). Diketahui, proses akuisisi akan dimulai secara bertahap dan paling cepat akan dilakukan mulai kuartal-II 2022.

Akuisisi ini meliputi bisnis konsumer yang mencakup portofolio bisnis pinjaman tanpa agunan dan pinjaman beragunan, wealth management dan retail deposit atau tabungan segmen ritel (Bisnis Konsumer) di Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Dengan begitu, UOB akan menarik karyawan Citigroup di bisnis konsumer di empat negara tersebut.

CEO UOB Wee Ee Cheong menyebut, kesepakatan ini merupakan langkah strategis yang dilakukan oleh perusahaan. Akuisisi ini akan menjadikan UOB sebagai bank terbesar di kelas regional Asia Tenggara.

“Singkatnya, deal ini merupakan deal strategis yang sesuai di saat yang tepat, kami di posisi yang baik dan kokoh. Kami beli satu bisnis berkualitas, empat market sekaligus yang memiliki nasabah, Sumber daya manusia, dan kapabilitas yang sama dengan kami,” terangnyad dalam konferensi pers, Jumat (14/1/2022).

Ia menyebutkan, akusisi ini membuktikan kembali rekam jejak UOB yang bagus dalam mengakuisis dan melakukan integrasi. Dengan begitu, jaringan UOB akan semakin luas menjangkau empat negara ini.

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya