Sukses

Hindenburg: Akuisisi Twitter Rp 640 Triliun Berisiko Dihargai Lebih Rendah

Short seller Hindenburg Research peringatkan penawaran saham Twitter oleh Elon Musk dapat dihargai lebih rendah.

Liputan6.com, Jakarta - Short seller Hindenburg Research memperingatkan tawaran Elon Musk senilai USD 44 miliar atau sekitar Rp 640,24 triliun (asumsi kurs Rp 14.550 per dolar AS) untuk menjadikan Twitter Inc go private dapat dihargai lebih rendah jika orang terkaya di dunia keluar dari kesepakatan.

"Musk memegang semua kartu di sini," kata Hindenburg, yang memiliki posisi short di Twitter, dalam sebuah laporan, dikutip dari Yahoo Finance, ditulis Selasa (10/5/2022).

"Jika tawaran Elon Musk untuk Twitter menghilang besok, saham Twitter akan turun 50 persen dari level saat ini. Akibatnya, kami melihat risiko signifikan bahwa kesepakatan itu akan dihargai kembali lebih rendah,” ia menambahkan.

Saham platform media sosial turun 4 persen di tengah penurunan pasar yang lebih luas dan menyentuh USD 47,76, level terendah sejak Musk membuat penawaran USD 54,20 per saham pada April, menyebutnya terbaik dan final.

Meskipun demikian, pihak Twitter menolak untuk memberikan komentar.

"Menarik. Jangan lupa untuk melihat sisi terang kehidupan kadang-kadang!,” kata Musk dalam cuitannya dalam tanggapan ringan, short seller mengatakan mereka mengharapkan pemegang saham Tesla akan berterima kasih padanya jika kesepakatan dilakukan dengan harga yang lebih masuk akal.

Hindenburg mengatakan, kesepakatan itu telah melihat sejumlah perkembangan, dari pembiayaan hingga persetujuan dewan, yang dapat melemahkan posisi Twitter.

"Kami mendukung upaya Musk untuk menjadikan Twitter pribadi dan melihat peluang signifikan kesepakatan itu akan ditutup dengan harga lebih rendah," kata Hindenburg.

Hinderburg menyebutkan, CEO Tesla Inc bisa pergi membayar biaya perpisahan USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,54 triliun dan memiliki pengaruh luar biasa untuk menegosiasikan ulang jika dia mau.

Bulan lalu, Twitter mendapatkan kesepakatan tunai USD 44 miliar untuk menjual saham-nya kepada Musk, yang menerima lebih dari USD 7 miliar dana dari investor terkenal, termasuk co-founder Oracle Larry Ellison dan Sequoia Capital.

Analis CFRA Research, Angelo Zino mengatakan ada kemungkinan besar kesepakatan akan ditutup pada harga penawaran yang disebutkan, kecuali jika Musk berubah pikiran.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Binance Siapkan Rp 7,2 Triliun untuk Pendanaan Akuisisi Twitter oleh Elon Musk

Sebelumnya, pertukaran kripto terbesar di dunia berdasarkan transaksinya, Binance berpartisipasi dalam pengambilalihan atau akuisisi Twitter oleh Elon Musk senilai USD 44 miliar atau sekitar Rp 638,6 triliun oleh Elon Musk.

Langkah yang diambil Binance itu dapat meningkatkan harapan para pendukung cryptocurrency untuk pengembangan platform media sosial yang lebih terdesentralisasi dan ramah kripto.

Binance berencana untuk menginvestasikan USD 500 juta atau sekitar Rp 7,2 triliun dalam pendanaan saham sebagai bagian dari janji pembiayaan USD 7 miliar untuk mendukung tawaran CEO Tesla untuk membeli Twitter.

Salah satu pendiri Oracle Larry Ellison dan perusahaan modal ventura Sequoia termasuk di antara investor lain yang terlibat dalam pengumpulan dana ini.

Partisipasi Binance sangat menarik, paling tidak karena bisnis yang dioperasikannya. Perusahaan ini adalah pertukaran kripto terbesar di dunia, menangani lebih dari USD 70 miliar dalam volume perdagangan spot dan derivatif setiap hari, menurut data CoinGecko.

CEO dan pendiri Binance, Changpeng Zhao, sangat percaya pada visi dunia kripto tentang jenis internet baru, yang dikenal sebagai Web3. Ini adalah istilah yang masih belum jelas, tetapi Web3 mengacu pada pengalaman web baru yang dibangun di sekitar blockchain, teknologi yang menopang banyak cryptocurrency.

Layanan semacam itu dapat menggabungkan token digital seperti Non Fungible Token, atau NFT, token yang identik dengan barang koleksi seperti seni langka atau kartu perdagangan ke dalam area seperti media sosial, browser web, atau video game.

3 dari 4 halaman

Wujudkan Cita-Cita Zhao

Dengan adanya saham Binance di Twitter bisa menjadi kesempatan Zhao untuk mewujudkan cita-cita terdesentralisasi Web3.

"Kami senang dapat membantu Elon mewujudkan visi baru untuk Twitter. Kami berharap dapat berperan dalam menyatukan media sosial dan Web3 serta memperluas penggunaan dan adopsi teknologi kripto dan blockchain,” kata Zhao kepada CNBC, dikutip Senin, 9 Mei 2022.

Sebelum mengundurkan diri sebagai CEO, salah satu pendiri Twitter Jack Dorsey membantu membangun inisiatif yang bertujuan untuk menciptakan protokol media sosial yang terdesentralisasi.

Disebut Bluesky, proyek ini dibentuk sebagian untuk mengatasi masalah segelintir perusahaan teknologi kuat yang mengendalikan layanan online paling populer.

Meskipun didukung oleh Twitter, Bluesky mengatakan itu adalah "perusahaan independen." Dorsey, yang secara terbuka mendukung tawaran Musk dan merupakan pendukung vokal Bitcoin, tetap berada di dewan Bluesky.

Kripto Twitter

Meskipun masih belum jelas apa sebenarnya yang direncanakan Musk untuk Twitter, dia telah mengisyaratkan rencana untuk membuat situs lebih ramah kripto, termasuk menerima token Dogecoin yang terinspirasi meme sebagai metode pembayaran.

CEO manajer aset kripto Grayscale, Michael Sonnenshein mengatakan akuisisi Twitter oleh Musk menjadi pertanda baik.

“Saya pikir itu menjadi pertanda baik tentang bagaimana Twitter sebagai organisasi swasta dapat menjadi lebih gesit dan lebih gesit dalam hal melayani ekosistem yang berkembang ini, baik itu kripto atau teknologi baru lainnya,” ujar dia.

4 dari 4 halaman

Beli Twitter, Elon Musk Raih Dukungan 19 Investor

Sebelumnya, Elon Musk telah mendapatkan sekitar USD 7,1 miliar atau sekitar Rp 102,80 triliun (asumsi kurs Rp 14.478 per dolar Amerika Serikat) untuk komitmen pembiayaan baru.

Pembiayaan itu termasuk dari miliarder Larry Ellison, seorang Pangeran Saudi, dan Sequoia Capital untuk membantu mendanai usulan akuisisi Twitter senilai USD 44 miliar atau sekitar Rp 637,09 triliun.

Komitmen dari 19 investor datang saat CEO Tesla Elon Musk tengah mengumpulkan modal untuk membiayai salah satu akuisisi industri teknologi terbesar.

Melansir Yahoo Finance, Jumat, 6 Mei 2022, Elon Musk awalnya mengatakan, dia berencana untuk mendanai kesepakatan sebagian dengan pinjaman USD 12,5 miliar atau sekitar Rp 180,90 triliun terhadap sahamnya di Tesla, perusahaan kendaraan listrik yang dia jalankan.

Pendanaan baru akan memungkinkan dia untuk mengurangi setengah dari ukuran pinjaman margin menjadi USD 6,25 miliar atau sekitar Rp 90,45 triliun, membuat kesepakatan itu kurang berisiko bagi Musk dan pemberi pinjamannya. Ini juga sedikit mengurangi jumlah uang tunai yang harus dikeluarkan Musk secara pribadi.

CNBC melaporkan Musk diharapkan untuk menjabat sebagai chief executive officer sementara Twitter selama beberapa bulan, setelah dia menyelesaikan kesepakatan.

Kemudian, pangeran Saudi Alwaleed bin Talal, ketua dewan di Kingdom Holding Company, memberikan kontribusi terbesar, serta setuju untuk mempercayakan hampir 35 juta saham di Twitter senilai USD 1,9 miliar atau sekitar Rp 27,49 triliun untuk mempertahankan saham di perusahaan tersebut setelah akuisisi oleh Elon Musk.

Sementara itu, Ellison, salah satu pendiri Oracle Corp yang memiliki saham besar di Tesla dan kursi di dewan direksi, berkomitmen USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,47 triliun melalui kepercayaannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.