Sukses

Pasar Saham Asia Menguat Usai Suku Bunga The Fed Naik

Saham China melawan tren, karena meningkatnya kasus COVID-19 dan pembatasan ketat di Beijing dan pusat keuangan Shanghai membebani sentimen investor.

Liputan6.com, Jakarta Pasar saham Asia langsung menguat usai Federal Reserve (The Fed) AS menaikkan suku bunga utamanya setengah poin persentase. Meski ini memberikan nada yang kurang hawkish daripada yang dikhawatirkan beberapa investor.

Melansir laman Al jazeera, Kamis (5/5/2022), indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang naik 0,93 persen, meskipun perdagangan dibatasi karena pasar Jepang dan Korea Selatan tutup untuk hari libur umum.

Saham China melawan tren, karena meningkatnya kasus COVID-19 dan pembatasan ketat di Beijing dan pusat keuangan Shanghai membebani sentimen investor.

"Pasar bersemangat tentang Fed yang kurang hawkish, tetapi kita tidak bisa melupakan suku bunga hanya akan naik di Asia dengan tekanan inflasi yang lebih tinggi," Gary Ng, Ekonom Senior Natixis di Hong Kong kepada Al Jazeera.

Dia mengatakan jika likuiditas masih akan lebih ketat dan investor perlu bersiap untuk lebih banyak turbulensi di berbagai kelas aset di masa depan.

Reli Asia mengikuti kenaikan AS setelah Ketua Fed Jerome Powell mengindikasikan bahwa bank sentral sedang melihat kenaikan suku bunga yang sama pada bulan Juni dan Juli tetapi tidak "secara aktif mempertimbangkan" kenaikan 0,75 poin persentase.

Dow Jones Industrial Average semalam naik 2,81 persen, sedangkan S&P 500 naik 2,99 persen dan Nasdaq naik 3,19 persen.

Meskipun kenaikan suku bunga setengah persentase poin Fed adalah kenaikan terbesar dalam 22 tahun, pernyataan Powell meredam ekspektasi untuk periode pengetatan agresif yang akan berisiko membawa ekonomi terbesar dunia ke dalam resesi.

Di Asia, indeks Hang Seng Hong Kong naik 0,77 persen pada awal perdagangan, dengan indeks sektor teknologi naik 1,43 persen. S&P/ASX 200 Australia juga berkinerja kuat, naik 0,61 persen.

Patokan CSI300 China dibuka 0,16 persen lebih rendah karena pasar daratan melanjutkan perdagangan setelah liburan tiga hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Reli Pasar Saham Masih Terkendali

Jeffrey Halley, analis pasar senior untuk Asia Pasifik di OANDA, mengatakan reli Asia lebih terkendali daripada di AS karena kekhawatiran tentang hambatan ekonomi di wilayah tersebut.

“Reli bantuan yang kami lihat semalam di AS tentu saja lebih tidak terdengar di Asia. Meskipun pasar lebih tinggi, kita harus mencatat bahwa Jepang dan Korea Selatan keluar hari ini – dua pasar sebagian besar didorong oleh sentimen ritel jangka pendek, ”kata Halley.

Dia mempercayai jika Asia sedang berjuang untuk sepenuhnya mereplikasi reli yang terlihat di AS karena kekhawatiran seputar pembatasan COVID-zero China, dampaknya terhadap pertumbuhan China, dan secara default, dampak knock-on yang akan terjadi di wilayah lainnya. 

Halley mengatakan pasar juga bersiap untuk kenaikan suku bunga di wilayah ini dalam waktu dekat.

"Kenaikan suku bunga yang tidak terjadwal oleh India kemarin memberikan tantangan bagi bank sentral Asia lainnya juga," katanya, mengacu pada kenaikan 0,4 poin persentase Reserve Bank of India.

“Dan meningkatnya ancaman kenaikan suku bunga juga membatasi reaksi bullish hari ini. Seperti kenaikan 4 persen harga minyak semalam.”

Minyak memperpanjang kenaikan setelah Uni Eropa, blok perdagangan terbesar di dunia, menguraikan rencana untuk menghapus impor minyak Rusia.

Minyak mentah berjangka AS naik 0,4 persen menjadi USD 108,21 per barel dan Brent naik 0,36 persen menjadi USD 110,54. Kedua benchmark naik lebih dari USD 5 per barel pada hari Rabu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.