Sukses

Tok! The Fed Menaikkan Suku Bunga, Terbesar dalam 2 Dekade

The Fed Menaikkan Suku Bunga menjadi langkah paling agresif bank sentral ini melawan inflasi tertinggi selama 40 tahun.

Liputan6.com, Washington - Federal Reserve (The Fed) menaikkan suku bunga acuan sebesar setengah poin persentase. Ini menjadi langkah paling agresif bank sentral ini melawan inflasi tertinggi selama 40 tahun.

“Inflasi terlalu tinggi dan kami memahami kesulitan yang ditimbulkannya. Kami bergerak cepat untuk menurunkannya kembali," kata Ketua Fed Jerome Powell melalui konferensi pers, yang ia buka dengan pidato langsung yang tidak biasa dengan menyebut "rakyat Amerika."

Dia mengakui beban inflasi ditanggung pada orang-orang berpenghasilan rendah. Namun ditegaskan jika pihaknya sangat berkomitmen untuk memulihkan stabilitas harga."

Dia mengakui jika kenaikan suku bunga 50 basis poin akan berdampak, meskipun kemungkinan tidak ada yang lebih agresif dari angka ini.

Tingkat suku bunga The Fed menetapkan berapa banyak bank membebankan bunga satu sama lain untuk pinjaman jangka pendek, tetapi juga terkait dengan berbagai tingkat utang konsumen yang dapat disesuaikan.

Seiring dengan kenaikan suku bunga, Bank Sentral mengindikasikan akan mulai mengurangi kepemilikan aset pada neraca senilai USD 9 triliun.

The Fed telah membeli obligasi untuk menjaga suku bunga rendah dan uang kembali berputar melalui ekonomi selama pandemi, tetapi lonjakan harga telah memaksa pemikiran ulang dramatis dalam kebijakan moneter.

Pasar bersiap untuk kedua pergerakan tersebu. Namun gerak pasar diperkirakan akan tetap bergejolak sepanjang tahun.

Investor mengandalkan The Fed sebagai mitra aktif dalam memastikan pasar berfungsi dengan baik, tetapi lonjakan inflasi mengharuskan pengetatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pasar Bersiap

 

Kenaikan suku bunga akan mendorong suku bunga dana federal ke kisaran 0,75 persen -1 persen, dan harga pasar saat ini menaikkan suku bunga menjadi 2,75 persen -3 persen pada akhir tahun, menurut data CME Group.

Saham melonjak lebih tinggi setelah pengumuman suku bunga ini. Sementara imbal hasil Treasury mundur dari tertinggi sebelumnya.

Pasar sekarang mengharapkan bank sentral untuk terus menaikkan suku secara agresif dalam beberapa bulan mendatang.

Powell, hanya mengatakan bahwa pergerakan 50 basis poin “harus dibahas pada beberapa pertemuan berikutnya” tetapi dia tampaknya mengabaikan kemungkinan The Fed menjadi lebih hawkish.

“Tujuh puluh lima basis poin bukanlah sesuatu yang secara aktif dipertimbangkan oleh komite,” kata Powell, meskipun harga pasar telah sangat condong ke arah kenaikan Fed sebesar tiga perempat poin persentase pada bulan Juni.

Dia mengatakan jika ekonomi Amerika sangat kuat dan dalam posisi yang baik untuk menangani kebijakan moneter yang lebih ketat

Dia memperkirakan pendaratan "lunak atau lunak" untuk ekonomi meskipun kebijakan moneter lebih ketat.

Rencana yang digariskan akan melihat pengurangan neraca terjadi secara bertahap, dengan The Fed mengizinkan tingkat hasil yang dibatasi dari obligasi yang jatuh tempo untuk bergulir setiap bulan sambil menginvestasikan kembali sisanya.

 

3 dari 3 halaman

Langkah Lainnya

Mulai 1 Juni, rencananya akan melihat USD 30 miliar treasury dan USD 17,5 miliar pada sekuritas yang didukung hipotek.

Setelah tiga bulan, batas untuk Treasurys akan meningkat menjadi USD 60 miliar dan USD 35 miliar untuk hipotek.

Angka-angka itu sebagian besar sejalan dengan diskusi pada pertemuan Fed terakhir, seperti yang dijelaskan dalam risalah sesi, meskipun ada beberapa ekspektasi bahwa kenaikan batas akan lebih bertahap.

"Kegiatan ekonomi "turun tipis pada kuartal pertama" tetapi mencatat bahwa "pengeluaran rumah tangga dan investasi tetap bisnis tetap kuat." Inflasi "tetap tinggi," kata pernyataan Fed.

Terakhir, pernyataan tersebut membahas wabah Covid di China dan upaya pemerintah untuk mengatasi situasi tersebut.

“Selain itu, penguncian terkait Covid di China kemungkinan akan memperburuk gangguan rantai pasokan. Komite sangat memperhatikan risiko inflasi,” kata pernyataan itu.

“Tidak ada kejutan di pihak kami,” kata Collin Martin, ahli strategi pendapatan tetap di Charles Schwab.

“Kami sedikit kurang agresif pada ekspektasi kami daripada pasar. Apakah berpikir kenaikan 50 basis poin pada bulan Juni tampaknya mungkin. … Kami pikir inflasi hampir mencapai puncaknya. Jika itu menunjukkan beberapa tanda puncak dan penurunan di akhir tahun, itu memberi The Fed sedikit kelonggaran untuk memperlambat kecepatan yang begitu agresif."

Meskipun beberapa anggota Komite Pasar Terbuka Federal telah mendorong kenaikan suku bunga yang lebih besar, langkah Rabu mendapat dukungan dengan suara bulat.

Peningkatan 50 basis poin adalah peningkatan terbesar yang ditetapkan FOMC sejak Mei 2000. Saat itu, The Fed sedang melawan ekses era dotcom awal dan gelembung internet. Kali ini, situasinya agak berbeda.

Ketika krisis pandemi melanda pada awal 2020, The Fed memangkas suku bunga acuannya menjadi kisaran 0 persen-0,25 persen dan melembagakan program pembelian obligasi yang agresif yang lebih dari dua kali lipat ukuran neracanya.

Pada saat yang sama, Kongres menyetujui serangkaian tagihan yang menyuntikkan lebih dari USD 5 triliun pengeluaran fiskal ke dalam perekonomian.

Langkah-langkah kebijakan itu diikuti oleh rantai pasokan yang tersumbat dan permintaan yang melonjak saat ekonomi dibuka kembali.

Inflasi selama periode 12 bulan naik 8,5 persen di bulan Maret, seperti yang diukur oleh indeks harga konsumen Biro Statistik Tenaga Kerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.