Sukses

Cerita Warren Buffett Ketika Mulai Investasi Usia 11 Tahun

Miliarder Warren Buffett mengatakan pendekatan untuk investasi kemudian berubah sepenuhnya ketika dia berusia 19 atau 20 tahun

Liputan6.com, Jakarta - Perjalanan ke New York Stock Exchange saat berusia 9 tahun menjadi inspirasi bagi miliarder Warren Buffett yang diketahui sudah mulai berinvestasi sejak berusia 11 tahun. Ia menyampaikan hal tersebut saat Rapat Pemegang Saham Tahunan Berkshire Hathaway.

"Saya pergi ke New York Stock Exchange, saya kagum akan hal itu," kata Warren Buffett dilansir dari CNBC, dikutip Senin (2/5/2022).

“Saya menjadi sangat tertarik pada analisis teknis dan memetakan saham dan melakukan segala macam hal gila, melakukan berjam-jam dan menghemat uang untuk membeli saham lain dan mencoba. Aku baru saja melakukan semuanya," ia menambahkan.

Ia membeli saham pada usia 11 tahun setelah menghabiskan masa kecilnya membaca buku tentang subjek tersebut dari perpustakaan dan di kantor ayahnya.

Dia mengatakan pendekatannya untuk berinvestasi kemudian berubah sepenuhnya ketika dia berusia 19 atau 20 tahun setelah membaca satu bagian buku tertentu yang dia katakan pasti adalah "Investor Cerdas" karya Benjamin Graham.

“Saya melihat buku ini dan saya melihat satu paragraf dan itu memberi tahu saya bahwa saya telah melakukan semuanya salah. Saya hanya memiliki pendekatan yang salah, ”kata Buffett.

Selain itu, karier Warren Buffett telah menjadi bukti dalam jangka panjang, nilai investasi dapat menghasilkan keuntungan besar.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rekam Jejak Jangka Panjang Buffett Terus Membaik

Dari awal 1965 hingga akhir 2021, valuasi pasar per saham Berkshire Hathaway memiliki rata-rata keuntungan tahunan gabungan 20,1 persen, menurut surat tahunan perusahaan. Itu hampir dua kali lipat 10,5 persen S&P 500, termasuk dividen.

Sementara Buffett telah membangun keunggulan besar selama beberapa dekade, ia terus sukses dalam beberapa tahun terakhir. Sejak 2010, Berkshire telah melampaui S&P 500 dalam delapan tahun kalender. Itu akan terjadi lagi pada 2022.

Mengapa hanya sedikit analis yang merekomendasikan untuk membeli saham Berkshire?

Banyak investor mungkin terkejut mengetahui hanya ada tujuh analis yang meliput Berkshire Hathaway di firma riset ekuitas utama Wall Street.

Di antara para analis ini, enam di antaranya memiliki peringkat yang setara terus dan hanya satu yang memiliki peringkat beli, menurut CNBC Research.

Alasan utama kurangnya bulls Berkshire adalah kinerja bintang konglomerat pada 2022 membuat banyak orang percaya bahwa kabar baik telah diperhitungkan ke dalam saham. Kedua, beberapa analis memperkirakan perlambatan pembelian kembali menyusul rekor pembelian kembali saham selama satu tahun.

3 dari 4 halaman

"Sulit Temukan Bisnis untuk Diinvestasikan"

Warren Buffett mengatakan Berkshire Hathaway terbuka untuk berinvestasi dalam bisnis di mana saja, tidak hanya di AS.

“Kami sangat kesulitan menemukan ide bagus sehingga kami tidak bisa mengabaikannya,” kata Buffett. "Tapi mereka harus cukup besar,".

Buffett mengatakan, saat dia mencari investasi baru, dia lebih suka didekati secara proaktif.

“Kami akan membayar harga berapa pun, mendaki bukit apa pun untuk menemukan bisnis, tetapi kami sebenarnya lebih suka ketika mereka jatuh ke pangkuan kami,” kata Buffett.

Buffett ingin Berkshire berada dalam 'posisi untuk beroperasi' jika ekonomi berhenti Buffett mengatakan dia ingin Berkshire Hathaway berada dalam "posisi untuk beroperasi" jika ekonomi berhenti.

"Kami ingin Berkshire Hathaway berada di sana dan dalam posisi untuk beroperasi jika ekonomi berhenti," kata Buffett. "Dan itu selalu bisa terjadi, itu selalu bisa terjadi."

Buffett memainkan peran penting selama Resesi Hebat, menyediakan modal selama momen penting bagi perusahaan seperti Bank of America dan Goldman Sachs. Langkah itu menuai kritik dari mereka yang tidak setuju dengan dukungan bank-bank besar.

4 dari 4 halaman

Memuji The Fed

Investor miliarder membuat pernyataan itu sambil juga memuji peran Federal Reserve (the Fed) selama krisis keuangan 2008 dan pandemi.

"Federal Reserve belum pergi," kata Buffett. Dia menambahkan The Fed akan “melakukan apa pun yang diperlukan. Itulah yang terjadi pada 2008 dan 2009, dan itulah yang terjadi pada tahun 2020, dan Anda berharap hal itu terjadi lagi di lain waktu.”

Manajemen Bahas Dampak Inflasi

Menjelang pertemuan pemegang saham, para eksekutif dari beberapa perusahaan portofolio Berkshire mengatakan kepada CNBC bagaimana inflasi memukul bisnis mereka.

Salah satu eksekutif itu adalah Jim Weber, CEO Brooks Running.

Weber mengatakan, sulit untuk menaikkan harga untuk produk Brooks tetapi dia berpikir beberapa tekanan biaya bisa segera mereda.

"Kami tidak memiliki kekuatan penetapan harga yang tidak terbatas, tetapi kami telah mengambil kenaikan harga selektif di mana kami pikir kami bisa. Tapi seluruh industri kami sangat kompetitif. Ini adalah tempat pasar yang besar. Saya percaya pada rantai pasokan bahwa biaya akan sedikit memediasi,” kata Weber.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • Warren Buffet adalah salah satu investor yang juga masuk ke dalam jajaran miliarder dunia.

    Warren Buffett

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Investor