Sukses

Saham Amazon Merosot 10 Persen Usai Prediksi Pendapatan Meleset

Amazon juga melaporkan kerugian atas investasinya di pembuat kendaraan listrik Rivian Automotive.

Liputan6.com, Jakarta - Saham Amazon (AMZ) turun setelah perusahaan mengungkapkan prediksi pendapatan yang meleset dari perkiraan analis, karena konsumen membatasi pengeluaran online dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi dan kembalinya aktivitas langsung.

Melansir Yahoo Finance, Jumat (29/4/2022) Amazon juga melaporkan kerugian atas investasinya di pembuat kendaraan listrik Rivian Automotive.

Amazon merupakan Big Tech terakhir yang mengungkap pendapatan kuartalan musim pelaporan ini. Platform cloud computing raksasa teknologi Amazon Web Services (AWS) adalah titik terang selama kuartal yang lesu, tetapi pendapatan gagal mengimbangi kelemahan dalam bisnis ritel inti perusahaan.

Bahkan, saham Amazon kehilangan hampir 10 persen dalam perdagangan pasca-penutupan perdagangan karena investor menimbang hasilnya.

Berikut ini merupakan metrik utama dari laporan Amazon, dibandingkan dengan perkiraan konsensus yang disusun oleh Bloomberg:

Pendapatan: USD 116,4 miliar vs USD116,43 miliar (estimasi).

Laba per saham: -USD 7,56 per saham vs USD 8,40 per saham yang diharapkan.

Penjualan bersih Amazon mencapai USD 116,4 miliar pada kuartal pertama, dibandingkan dengan ekspektasi analis sebesar USD 116,43 miliar, menurut data konsensus Bloomberg. Angka tersebut menandai peningkatan pendapatan sebesar 7 persen, dibandingkan dengan peningkatan 44 persen pada periode yang sama tahun lalu, menandai tingkat pertumbuhan paling lambat perusahaan dalam lebih dari dua dekade.

Raksasa teknologi itu melaporkan kerugian bersih USD 3,8 miliar pada kuartal pertama, atau USD 7,56 per saham, dibandingkan Bloomberg dengan perkiraan laba per saham USD 8,40.

Pada periode yang sama tahun lalu, Amazon mencatat pendapatan bersih USD 8,1 miliar, atau USD 15,79 per saham. Amazon mengaitkan kerugian bersihnya untuk kuartal pertama tahun 2022 dengan kerugian penilaian sebelum pajak sebesar USD 7,6 miliar dari investasinya di Rivian Automotive, Inc.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fokus Amazon

Seperti perusahaan lain pada musim pelaporan ini, Amazon mengaitkan sebagian besar tantangannya selama kuartal tersebut dengan hambatan ekonomi makro dari perang di Eropa Timur, rantai pasokan yang bertahan, dan kenaikan biaya yang terkait dengan tingkat inflasi yang tinggi selama beberapa dekade.

Kemudian, awal bulan ini, perusahaan mengumumkan akan membebankan penjual bahan bakar 5 persen dan biaya tambahan inflasi untuk pertama kalinya dalam sejarah mulai 28 April, menggarisbawahi tekanan pada operasi dari kenaikan inflasi.

"Pandemi dan perang berikutnya di Ukraina telah membawa pertumbuhan dan tantangan yang tidak biasa,” kata CEO Amazon Andy Jassy dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (29/4/2022).

"Saat ini, karena kami tidak lagi mengejar kapasitas fisik atau staf, tim kami benar-benar fokus pada peningkatan produktivitas dan efisiensi biaya di seluruh jaringan pemenuhan kami," tambahnya.

"Ini mungkin memakan waktu, terutama karena kami bekerja melalui tekanan inflasi dan rantai pasokan yang sedang berlangsung, tetapi kami melihat kemajuan yang menggembirakan pada sejumlah dimensi pengalaman pelanggan, termasuk kinerja kecepatan pengiriman karena kami sekarang mendekati level yang tidak terlihat sejak bulan-bulan sebelum pandemi di awal tahun 2020," katanya.

3 dari 4 halaman

Prediksi Kinerja Amazon

Amazon juga memproyeksikan penjualan kuartal kedua di bawah perkiraan Wall Street. Pengecer online memperkirakan pendapatan USD 116 miliar dan USD 121 miliar untuk periode yang berakhir 30 Juni, dibandingkan dengan perkiraan analis USD 125,01 miliar yang disurvei oleh Bloomberg.

Saham Amazon telah tertinggal di antara saham teknologi mega-cap sejak tahun lalu ketika perusahaan melihat tingkat pertumbuhan year on year yang kuat mulai memudar setelah 2020 yang mengesankan didorong oleh lonjakan belanja online yang dipicu pandemi.

Bank investasi Cowen, yang baru-baru ini memangkas perkiraannya, mengatakan dalam catatan baru-baru ini bahwa masalah rantai pasokan, dapat menghadirkan risiko terhadap ekspektasinya bagi perusahaan yang terus berlanjut hingga tahun ini.

Sementara kinerja dalam bisnis ritel Amazon lesu, penjualan untuk bisnis cloud computing margin tinggi perusahaan AWS meningkat 36,7 persen dari tahun ke tahun menjadi USD 18,44 miliar.

 

4 dari 4 halaman

Tekanan Inflasi

Tekanan inflasi menambah banyak tantangan tenaga kerja bagi perusahaan. Selain pasar tenaga kerja yang ketat yang mendorong biaya upah lebih tinggi, karyawan di lebih dari 100 fasilitas Amazon yang berbasis di AS telah mendorong upaya serikat pekerja di tempat kerja mereka sejak kemenangan serikat pekerja bersejarah di sebuah gudang di Staten Island di New York awal bulan ini.

Berdasarkan Bank of America, Amazon tetap menjadi saham FANG teratas untuk 2022 meskipun ada tantangan baru-baru ini.

Institusi tersebut secara khusus menyebutkan kekuatan AWS, serta peluang untuk meningkatkan margin dari posisi terendah 12 bulan.

"Inflasi mengaburkan kisah pemulihan margin 2022, tetapi Amazon tetap menjadi saham FANG teratas kami," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.