Pendapatan Mitra Bukalapak Meningkat 227 Persen pada Kuartal I 2022

Oleh Pipit Ika Ramadhani pada 29 Apr 2022, 09:16 WIB
Diperbarui 29 Apr 2022, 09:16 WIB
Ilustrasi laporan keuangan Bukalapak
Perbesar
PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) rilis laporan keuangan kuartal I 2022 (Foto: Bukalapak)

Liputan6.com, Jakarta - PT Bukalapak.com (BUKA) atau Bukalapak terus menunjukkan pertumbuhan yang positif pada awal tahun ini. Hal itu tercermin dari nilai pemrosesan total (Total Processing Value/TPV) atau total transaksi yang terealisasi selama kuartal pertama ini tumbuh 25 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, menjadi Rp 34,1 triliun.

Sekretaris Perusahaan Bukalapak, Perdana Arning Saputro menjelaskan, raihan itu salah satunya ditopang pertumbuhan transaksi oleh Mitra Bukalapak. TPV Mitra Bukalapak pada kuartal I 2022 bertambah sebesar 78 persen menjadi Rp 17,3 triliun dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Kontribusi Mitra terhadap TPV Perseroan meningkat dari 35 persen pada kuartal I 2021 menjadi 51 persen pada kuartal I 2022,” ungkap Deno dalam keterangan resmi, ditulis Jumat (29/4/2022).

Pertumbuhan Mitra ini didukung oleh berkembangnya variasi produk dan jasa yang ditawarkan oleh Bukalapak kepada para Mitra. Pada akhir Maret 2022, jumlah Mitra yang telah terdaftar mencapai 13,1 juta, meningkat dari 11,8 juta pada akhir Desember 2021.

Adapun pendapatan Bukalapak pada kuartal I 2022 tumbuh sebesar 86 persen menjadi Rp 788 miliar dari periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara pendapatan Mitra pada kuartal I 2022 meningkat sebesar 227 persen menjadi Rp 472 miliar.

“Kontribusi Mitra Bukalapak terhadap pendapatan Perseroan menunjukkan peningkatan dari 34 persen pada kuartal I 2021 menjadi 60 persen pada kuartal I 2022,” kata Deno.

Pada periode tersbeut, Bukalapak juga berhasil membukukan laba operasional sebesar Rp 14,42 triliun. Meningkat 4.497 persen dari minus Rp 328 miliar pada kuartal I 2021 terutama disebabkan oleh laba nilai investasi dari PT Allo Bank Tbk.

Oleh karena itu, Perseroan juga mencatat laba bersih sebesar Rp 14,54 triliun pada kuartal I 2022, atau meningkat sebesar 4.593 persen dari minus Rp 324 miliar pada kuartal I 2021.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bukalapak Ajak Konsumen Tingkatkan Security Awareness Lewat 4 Aman 5 Sempurna

Ilustrasi Selamat Hari Konsumen Nasional (Foto: PT Bukalapak.com Tbk)
Perbesar
Selamat Hari Konsumen Nasional (Foto: PT Bukalapak.com Tbk)

Sebelumnya, PT Bukalapak.com (BUKA) atau Bukalapak, melalui unit layanan BukaBantuan kembali mengkampanyekan security awareness bertema 4 AMAN 5 Sempurna. Yakni kependekan dari Antisipasi, Menjaga kerahasiaan, Atur ulang password, Nyalakan TFA (Two Factor Authentication).

Agar menjadi 5 Sempurna, hubungi BukaBantuan jika menemukan sesuatu yang mencurigakan pada akun atau transaksi yang dilakukan di Bukalapak.

Kampanye tersebut kembali digaungkan bertepatan dengan momentum Hari Konsumen Nasional (Harkonas) yang jatuh pada 20 April.

"Harkonas adalah momen yang tepat bagi kami untuk kembali mengajak dan mengingatkan seluruh konsumen Bukalapak agar terus menjaga keamanan dalam bertransaksi online, di samping upaya kami untuk terus meningkatkan sistem keamanan di platform Bukalapak," ujar VP of Customer Satisfaction Management Bukalapak, Tine Ervina, ditulis Jumat (22/4/2022).

Selain itu, kampanye tersebut juga untuk mengantisipasi risiko kejahatan siber yang mungkin saja terjadi seiring peningkatan transaksi saat momen Lebaran. Risiko kejahatan adalah risiko yang dihadapi oleh seluruh industri, tidak hanya industri marketplace seperti Bukalapak.

“Di momen menjelang lebaran seperti saat ini,di mana transaksi cenderung meningkat, risiko itu tentunya meningkat juga. Karena itu, perpaduan peningkatan keamanan di Bukalapak dan partisipasi konsumen dalam menjaga keamanan saat bertransaksi sangat penting untuk menghadapi risiko ini”, lanjutnya.

Selain membagikan konten edukasi 4 AMAN 5 Sempurna di akun media sosial, BukaBantuan menggelar BukaBantuan MeetUp!

 

 


BukaBantuan MeetUp

PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) umumkan kinerja keuangan untuk kuartal IV yang berakhir Desember 2021 (Dok:Bukalapak)
Perbesar
PT Bukalapak.com Tbk

BukaBantuan MeetUp! adalah wadah bagi penggiat dan expertise untuk berbagi ilmu dan pengalaman seputar customer service dan beragam topik lainnya terkait pelanggan melalui fun talkshow di Instagram BukaBantuan.

BukaBantuan MeetUp! edisi Harkonas 2022 menghadirkan pembicara dari Bukalapak, Mitra Bukalapak, serta perwakilan Juragan Mitra Bukalapak sebagai konsumen Bukalapak untuk membahas sekaligus mengedukasi tentang keamanan transaksi digital.

Melalui kampanye keamanan bertransaksi di Harkonas ini, Bukalapak dapat terus bertumbuh bersama, di mana para konsumen dapat menjadi smart consumers, sementara Bukalapak dapat menjadi platform transaksi online yang aman dan nyaman.


Bukalapak Gelontorkan Investasi Rp 777,78 Miliar di AlloFresh

Ilustrasi Bukalapak (Dok: Bukalapak)
Perbesar
PT Bukalapak.com Tbk

Sebelumnya, PT Bukalapak.com atau Bukalapak (BUKA) dengan PT Trans Retail Indonesia dan Berani Investment Pte. Ltd (BIP) telah membentuk perusahaan usaha patungan (joint venture). Entitas hasil penggabungan tersebut bernama PT Allo Fresh Indonesia atau AlloFresh.

Corporate Secretary PT Buklapak.com Tbk, Perdana A Saputro menyampaikan, nilai investasi yang dilakukan oleh Perseroan sebesar Rp 777,78 miliar.

"Dana setoran modal yang dipergunakan oleh Perseroan untuk melakukan investasi pada PT Allo Fresh Indonesia adalah berasal dari kas internal yang tersedia di perseroan,” ujar Perdana dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Kamis, 3 Maret 2022.

PT Allo Fresh Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha perdagangan kebutuhan sehari-hari secara daring melalui platform AlloFresh. Platform itu resmi diluncurkan Rabu, 2 Maret 2022, dan dapat diunduh baik untuk pengguna IOS maupun Android.

Perseroan memiliki 35 persen atau 77.531.126 lembar saham AlloFresh senilai Rp 77,53 miliar. Selanjutnya Trans Retail Indonesia sebanyak 121.834.627 lembar senilai Rp 121,83 miliar atau 55 persen. Serta sisanya 20 persen atau 22.151.750 lembar senilai Rp 22,15 miliar dimiliki oleh BIP.

Trans Retail yang memiliki rangkaian produk yang luas dan hubungan lebih dari 25 tahun dengan pemasok dan produsen produk makanan dan rumah tangga paling populer di Indonesia.

Bukalapak menilai hal itu akan menciptakan kerja sama yang baik dan menguntungkan saat dikombinasikan dengan kekuatan teknologi Perseroan. Pelanggan AlloFresh dapat dengan mudah melakukan pemesanan baik melalui aplikasi/website online maupun melalui fitur “Click & Go” di toko-toko TRANSMart di seluruh Indonesia.

"Kolaborasi ini juga akan semakin meningkatkan kepemimpinan Perseroan di platform online to offline (O2O) dan memperluas titik kontak bagi pelanggan yang lebih luas,” kata Perdana.

Inisiatif ini juga akan memperlebar jangkauan Perseroan ke ekosistem ritel sebagai bagian dari ekspansi perusahaan dari platform umum ke platform khusus (specialty platform).

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya