Sukses

Anak Usaha BNBR Gandeng PENS Bangun Innovation Lab Kendaraan Listrik

Direktur Utama PT VKTR Teknologi Mobilitas, Gilarsi W. Setijono mengatakan, penandatanganan MoU ini dilakukan untuk mendukung pembangunan innovation lab.

Liputan6.com, Jakarta - PT VKTR Teknologi Mobilitas, anak perusahaan PT Bakrie and Brothers Tbk (BNBR) melakukan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (MoU) dengan Politeknik Elektronik Negeri Surabaya (PENS).

Direktur Utama PT VKTR Teknologi Mobilitas, Gilarsi W. Setijono mengatakan, penandatanganan MoU ini dilakukan untuk mendukung pembangunan innovation lab atau Pusat Unggulan IPTEK di bidang Teknologi Elektrifikasi Transportasi. Tujuannya, yakni untuk membangun teknologi elektrifikasi transportasi secara jangka panjang dan berkelanjutan.

"MoU ini secara umum bertujuan untuk mengadakan kerja sama awal di bidang penelitian, dan pengabdian untuk peningkatan layanan publik, penciptaan talenta yang relevan dengan kebutuhan masyarakat modern, serta inovasi dan teknologi, dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki masing-masing pihak demi kontribusi untuk kemajuan negara," tutur Gilarsi dalam keterangan resmi, Selasa (26/4/2022).

Investasi awal untuk pembangunan innovation lab yakni sebesar Rp 12 miliar. Fasilitas ini nantinya terbuka dan memberikan peluang bagi siapa saja yang ingin bergabung, termasuk alumni dan mahasiswa PENS yang memiliki kompetensi di bidangnya.

Direktur PENS, Aliridho Barakbah mengatakan, kolaborasi PENS dengan VKTR merupakan salah satu upaya untuk membangun budaya inovasi di kampus PENS. Secara khusus terkait dengan kolaborasi ini, PENS akan menyiapkan pembangunan innovation lab ini dan akan mengelolanya untuk kemajuan bersama.

"Kerja sama ini merupakan upaya yang terus menerus untuk membangun budaya inovasi di kampus inovasi PENS. Apalagi menyambut Dies Natalis PENS ke-34 yang mengusung tema Edukasi, Kreasi dan Sinergi menuju Kampus Inovasi, kerja sama ini satu bentuk untuk selalu menjaga semangat PENS sebagai Kampus Inovasi,” ujarnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kinerja 2021

Sebelumnya, PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) menorehkan kinerja keuangan positif sepanjang 2021 setelah periode sama tahun lalu mencatatkan hasil yang kurang menggembirakan. Hal ini ditunjukkan Bakrie and Brothers yang cetak laba bersih, tetapi pendapatan turun.

Dalam laporan keuangan yang diterbitkan, laba bersih perseroan tercatat di atas Rp 98 miliar, tepatnya Rp 98,32 miliar. Raihan itu berbanding terbalik dari posisi di tahun sebelumnya yang tercatat negatif Rp 930 miliar.

Direktur Utama dan CEO PT Bakrie & Brothers Tbk, Anindya N. Bakrie menyatakan, pencapaian ini mengindikasikan BNBR telah berhasil mengatasi efek negatif pandemi Covid-19 yang memukul ekonomi Indonesia dan dunia selama 2 tahun belakangan.  Dia menuturkan, prestasi ini diraih melalui upaya yang tidak mudah.

"Alhamdulillah, kerja keras dan langkah-langkah efisiensi yang kami tempuh berdampak positif. Kami yakin ini akan terus berlanjut, seiring dengan bergulirnya sejumlah proyek strategis yang kini tengah kami kerjakan,” kata Anin dalam keterangan resmi, Jumat, 1 April 2022.

Seperti diketahui, saat ini perseroan tengah fokus menggarap sejumlah proyek. Antara lain di bidang elektrifikasi transportasi khususnya bus listrik yang dikembangkan oleh PT VKTR Teknologi Mobilitas.

Selain itu, terdapat proyek energi baru dan terbarukan (EBT) yang dikerjakan oleh PT Helio Synar, serta proyek-proyek infrastruktur energi lain yang juga terus berkembang.

Direktur Keuangan PT Bakrie & Brothers Tbk, Hendrajanto memaparkan, pendapatan bersih perseroan memang mengalami penurunan sebesar 3 persen, tetapi dipulihkan dengan penurunan harga pokok penjualan (HPP) sebesar 11 persen yang berdampak pada naiknya laba kotor Perseroan sebesar 70 persen atau Rp 418 miliar pada 2021.

“Beban usaha pun turun sebesar 25 persen. Sehingga kami berhasil mencatatkan laba usaha sebesar Rp 24,2 miliar dibanding tahun sebelumnya yang mengalami rugi usaha sebesar Rp 279,1 miliar,” ujar dia.

 

 

3 dari 4 halaman

Mengintip Ekspansi BNBR di Kendaraan Listrik

Sebelumnya, PT Vektr Mobiliti Indonesia (VKTR) kian mantap garap kendaraan umum berbasis listrik.

Direktur Utama dan CEO PT Bakrie and Brothers Tbk, Anindya Novyan Bakrie mengungkapkan, inisiatif ini muncul lantaran transportasi menjadi salah satu penyumbang karbon terbesar di Indonesia khususnya. Sehingga ada kendaraan ramah lingkungan atau berbasis listrik, dapat mengurangi karbon yang dihasilkan dari transportasi.

"Sebenarnya sangat jelas bagi kita untuk memulai di transportasi umum karena transportasi menyumbang sekitar 26 emisi karbon di negara kita khususnya di Jakarta," kata Anindya, begitu akrab disapa dalam webinar The Future of Mobility in a Net-Zero World, Rabu, 16 Maret 2022.

VKTR (dibaca ‘Vektor’) adalah entitas baru yang bergerak di bidang pengembangan industri kendaraan listrik (electric vehicle/EV).

VKTR merupakan spin-off dari PT Bakrie Autoparts anak usaha PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) yang memiliki pengalaman lebih dari 40 tahun di industri komponen otomotif. Belum lama ini, sebanyak 30 unit bus bertenaga listrik diluncurkan oleh PT Transjakarta pada hari ini.

 

4 dari 4 halaman

Punya Sumber Daya

Bus listrik tersebut dioperasikan oleh PT Mayasari Bakti, dan dihadirkan atas kerja sama antara PT Vektr Mobiliti Indonesia (VKTR) dengan BYD Auto, Tiongkok.

"VCTR tentu mendukung ambisi pemerintah Indonesia untuk menjadi pemain dalam hal ini (net zero carbon)," ujar dia.

Anindya menilai, semua orang tahu Indonesia memiliki sumber daya nikel yang melimpah dan sumber daya lainnya yang dapat menjadi bahan untuk baterai. Namun, perusahan berpikir untuk juga berkontribusi dalam inisiatif tersebut dan bekerja sama dengan negara lain.

"Karena pada akhirnya, saya kira kita hidup di planet yang sama. Jadi, Anda tahu memastikan bahwa elektrifikasi ini dilakukan dengan cara yang benar, dengan cara ESG," kata Anindya.

Sebelumnya, Anindya juga sempat mengisyaratkan untuk mencatatkan saham VKTR di bursa. Secara umum, keberadaan bus listrik ini diharapkan dapat menambah pendapatan Perseroan. Namun, jika performance-nya secara konsisten bertumbuh, Anin tak menutup kemungkinan untuk mengantar lini bisnis ini melantai di Bursa.

"Mudah-mudahan kalau performance kami baik, dan VKTR akan jadi salah satu andalan kami ke depan untuk unlocking the potential, tapi bukan di 2022,” kata Anindya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.