Sukses

Pasar Saham Eropa Melonjak Setelah Fed Batalkan Kebijakan yang Hawkish

The Fed pada Rabu menaikkan suku bunga acuannya setengah poin persentase, kenaikan terbesar dalam dua dekade.

Liputan6.com, London - Pasar saham Eropa melonjak mengikuti sentimen global setelah Federal Reserve AS meredam spekulasi tentang pengetatan moneter yang lebih agresif.

Indeks Stoxx 600 pan-Eropa melonjak 1,4 persen di awal perdagangan dengan saham teknologi naik 2,7 persen untuk memimpin kenaikan karena semua sektor dan bursa utama memasuki wilayah positif.

Melansir CNBC, Kamis (5/5/2022), The Fed pada Rabu menaikkan suku bunga acuannya setengah poin persentase, kenaikan terbesar dalam dua dekade.

Kenaikan ini untuk mengendalikan inflasi yang berjalan pada level tertinggi selama 40 tahun. Bank sentral juga akan mulai mengurangi neraca pada Juni.

Namun, Jerome Powell mengesampingkan kenaikan yang lebih agresif dalam pertemuan kebijakan di masa depan, mendorong reli bantuan di Wall Street karena para pedagang mulai mendukung The Fed untuk menahan inflasi tanpa menyebabkan resesi.

Kemudian, saham berjangka AS diredam di awal perdagangan pre-market pada Kamis setelah Dow melonjak lebih dari 900 poin selama sesi perdagangan reguler Rabu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bursa Asia Pasifik

Bursa Saham Asia Pasifik juga menguat selama perdagangan Kamis menyusul keputusan Fed, seiring saham-saham daratan China memimpin kenaikan setelah kembalinya perdagangan setelah beberapa hari libur.

Fokus di Eropa akan beralih ke Bank of England, yang diperkirakan akan mengumumkan kenaikan suku bunga keempat berturut-turut untuk memerangi kenaikan harga.

Sementara itu, perang di Ukraina juga tetap menjadi radar investor. Pasukan Rusia dilaporkan telah memperbarui serangan mereka di kompleks pabrik baja Azovstal, benteng terakhir bagi pejuang Ukraina di kota pelabuhan selatan Mariupol.

Lalu, Uni Eropa telah mengusulkan larangan bertahap terhadap minyak Rusia dalam putaran keenam sanksi terhadap Moskow sejak invasi tak beralasan ke Ukraina.

Pendapatan perusahaan terus memandu aksi harga saham individu di Eropa. Shell, BMW, Leonardo, UniCredit, Intesa Sanpaolo, Banco BPM, Societe Generale, Credit Agricole, AXA, Stellantis, Airbus dan Air France KLM termasuk di antara mereka yang melaporkan sebelum bel pada Kamis.

Tak hanya itu, saham Airbus melonjak 8 persen di awal perdagangan setelah laporan kuartal pertama yang kuat, sementara saham perusahaan pengemasan Mondi yang terdaftar di London naik lebih dari 8 persen.

Lebih lanjut, di bagian bawah indeks blue chip Eropa, Britain Hikma Pharmaceuticals turun lebih dari 9 persen usai memotong full-year guidance.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.