Sukses

Saham Netflix Anjlok 25 Persen Usai Rilis Kehilangan 200 Ribu Pelanggan

Netflix sebelumnya mengatakan kepada pemegang saham mengharapkan untuk menambah 2,5 juta pelanggan bersih selama kuartal pertama.

Liputan6.com, Jakarta - Netflix melaporkan kehilangan 200.000 pelanggan selama kuartal pertama pada Selasa, 19 April 2022. Hal ini penurunan pertama dalam pengguna berbayar Netflix dalam lebih dari satu dekade dan memperingatkan masalah yang semakin dalam pada masa depan.

Saham Netflix turun lebih dari 25 persen dalam beberapa jam setelah laporan volume perdagangan lebih dari satu hari penuh. Rekan saham streaming Roku, Spotify dan Disney juga jatuh di pasar setelah jam perdagangan dan tekanan saham Netflix.

Netflix memperkirakan kehilangan subscriber berbayar global sebesar 2 juta untuk kuartal kedua. Terakhir kali Netflix kehilangan pelanggan adalah Oktober 2011.

"Pertumbuhan pendapatan kami telah sangat melambat,” tulis perusahaan itu dalam sebuah surat kepada pemegang saham Selasa, dikutip dari CNBC, Rabu (20/4/2022).

"Streaming menang atas linier, seperti yang kami prediksi, dan judul Netflix sangat populer secara global. Namun, penetrasi households kami yang relatif tinggi ketika memasukkan sejumlah besar akun berbagi household dikombinasikan dengan persaingan, menciptakan hambatan pertumbuhan pendapatan," tambahnya.

Netflix sebelumnya mengatakan kepada pemegang saham mengharapkan untuk menambah 2,5 juta pelanggan bersih selama kuartal pertama. Analis memperkirakan jumlah itu akan mendekati 2,7 juta. Selama periode yang sama tahun lalu, Netflix menambahkan 3,98 juta pengguna berbayar.

Co-CEO Reed Hastings mengatakan perusahaan sedang menjajaki harga yang lebih rendah, tingkat yang didukung iklan dalam upaya untuk mendatangkan pelanggan baru setelah bertahun-tahun menolak iklan di platform.

Berikut adalah angka kunci dari laporan kuartal pertama:

EPS: USD 3,53 vs, USD 2,89, menurut survei analis Refinitiv.

Pendapatan: USD 7,87 miliar vs USD 7,93 miliar, menurut survei analis Refinitiv.

Penambahan pelanggan bersih berbayar global: Turun 200.000 dibandingkan dengan 2,73 juta penambahan yang diharapkan, menurut perkiraan StreetAccount.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dampak Penangguhan Layanan di Rusia

 

Perusahaan mengatakan, penangguhan layanannya di Rusia dan penghentian semua keanggotaan berbayar Rusia mengakibatkan hilangnya 700.000 pelanggan. Tidak termasuk dampak tersebut, perusahaan mengatakan akan melihat 500.000 tambahan bersih selama kuartal terakhir.

Netflix juga mengutip persaingan yang meningkat dari peluncuran streaming baru-baru ini oleh perusahaan hiburan tradisional, serta berbagi kata sandi yang merajalela untuk kios baru-baru ini dalam langganan berbayar.

Perusahaan memperkirakan selain 222 juta rumah tangga yang berbayar, akses dibagikan dengan lebih dari 100 juta rumah tangga tambahan melalui berbagi akun. Ini memperingatkan tindakan keras global bisa datang.

Meskipun demikian, Netflix adalah pemenang sebelumnya ketika lockdown COVID-19 membawa keluarga ke dalam dan mencari hiburan. Namun, perusahaan sekarang mengatakan keuntungan era pandemi “mengaburkan gambaran” bagi perusahaan dan melihat penurunan ketika orang-orang kembali ke kegiatan di luar rumah yang lebih normal.

Dalam upaya untuk terus mendapatkan pangsa pasar, Netflix telah meningkatkan pengeluaran kontennya, terutama untuk konten asli.

Untuk membayarnya, itu menaikkan harga layanannya. Perusahaan mengatakan Selasa perubahan harga itu membantu meningkatkan pendapatan, tetapi sebagian bertanggung jawab atas hilangnya 600.000 pelanggan di AS dan Kanada selama kuartal terakhir.

Sementara itu, perusahaan sedang menjajaki opsi lain untuk pertumbuhan, seperti menambahkan video game, analis dan investor bertanya-tanya apa lagi yang bisa dilakukan Netflix untuk meningkatkan keuntungan.

Pendapatan perusahaan meningkat hampir 10 persen menjadi USD 7,87 miliar, tetapi jauh dari ekspektasi analis sebesar USD 7,93 miliar. Kemudian, laba bersih selama kuartal yang berakhir 31 Maret turun 6,4 persen menjadi USD 1,6 miliar, turun dari USD 1,7 miliar tahun sebelumnya.

Tidak termasuk item, perusahaan memperoleh USD 3,53 per saham, jauh di atas USD 2,89 per saham yang diperkirakan analis, menurut survei Refinitiv. Arus kas bebas perusahaan berjumlah USD 802 juta selama kuartal tersebut, naik dari USD 692 juta setahun sebelumnya.

 

3 dari 4 halaman

Uji Coba Fitur Cegah Berbagi Password

Sebelumnya, bicara soal berbagi akun atau password yang dikeluhkan Netflix, baru-baru ini, perusahaan juga berencana untuk menindak para pengguna yang tidak serumah untuk melakukannya.

Netflix juga menguji penarikan bayaran kepada orang lain, supaya bisa menikmati layanannya.

Fitur baru Netflix ini sedang diuji coba di tiga negara, yaitu Chili, Kosta Rika, dan Peru, sebagaimana dilansir The Verge,18 Maret 2022.

Selain dapat mentransfer profil ke akun baru (baik akun utama Anda sendiri atau milik orang lain), pengguna juga akan bisa menambahkan orang lain ke akun dengan harga tertentu.

Disebutkan, untuk satu user baru ditambahkan ke akun akan dibanderol seharga Rp 42 ribu (Chilli), Rp 30 ribu (Peru), dan Rp 42 ribu (Kosta Rika).

Sebagai informasi, ini bukan pertama kalinya Netflix bereksperimen untuk membatasi pengguna berbagi password.

Tahun lalu, perusahaan juga menguji coba hal serupa dengan cara memperkenalkan tool verifikasi akun agar pengguna tak dikenal mengakses akun Netflix orang lain.

Menurut laporan The Streamable, sejumlah akun Netflix kini menampilkan pesan "Jika kamu tidak tinggal dengan pemilik akun ini, kamu harus login ke akun sendiri agar tetap bisa menyaksikan."

Agar pengguna bisa melanjutkan masuk ke Netflix, mereka harus memasukkan kode (semacam OTP) yang akan dikirim ke email atau SMS.

Pasalnya, persyaratan layanan Netflix telah menyatakan, akun tidak dimaksudkan untuk dibagikan kepada pengguna di luar rumah. Perusahaan pun kian serius untuk menghentikan praktik ini.

4 dari 4 halaman

Bakal Kenalkan Layanan Langganan Lebih Murah

Sebelumnya, Netflix baru-baru ini mengungkap laporan pendapatan mereka pada kuartap pertama 2022, di mana mereka telah kehilangan 200 ribu pelanggan secara global.

Co-founder Netflix dan co-CEO, Reed Hastings, menyebutkan hal ini dikarenakan adanya persaingan ketat dengan layanan over the top (OTT) lain, seperti Disney Plus dan Prime Video yang menawarkan harga lebih murah.

Berdasarkan hal tersebut, Netflix pun berencana bakal memperkenalkan layanan berlangganan yang lebih murah ketimbang dari yang ada saat ini.

Dikutip dari Tech Crunch, Rabu, 20 April 2022, perusahaan akan memperkenalkan layanan berlangganan Netflix lebih murah tetapi ada iklan.

Rencana layanan berlangganan ini disebut-sebut akan menandai perubahan besar tentang bagaimana Netflix melihat iklan dalam 25 tahun, dan sudah mengantongi hampir 222 juta pelanggan berbayar.

Sebelumnya, Netflix berulang kali mengatakan untuk tidak akan menyertakan iklan di dalam layanan OTT mereka. Pada sebuah konferensi 2017, Hastings menyarankan, Netflix tidak cocok untuk bersaing dengan perusahaan, seperti Facebook dan Google di iklan.

Namun pada hari ini, Hastings mengakui model iklan sekarang telah cukup matang dan terbukti sukses untuk pesaing mereka, seperti Hulu dan Disney. "Kami tidak ragu itu (iklan) berhasil," katanya.

Disney telah lama menawarkan opsi berlangganan yang didukung iklan pada beberapa layanannya, termasuk streamer Hotstar yang berfokus di Asia. Perusahaan mengatakan bulan lalu, mereka berencana untuk meluncurkan opsi Disney+ yang didukung iklan di AS akhir tahun ini.

“Mereka yang mengikuti Netflix tahu, saya menentang kerumitan periklanan dan penggemar berat kesederhanaan berlangganan,” kata Hastings.

Dia juga menyebutkan, “Mewujudkan keinginan konsumen untuk sebuah opsi berlangganan lebih murah, dan toleran terhadap iklan sangat masuk akal.”

Meski begitu, Hastings tidak melihat model berlangganan Netflix dengan iklan ini sebagai solusi jangka pendek akibat turunnya jumlah pengguna. "Pelanggan yang tidak ingin melihat iklah dapat berlangganan paket bebas iklan," ujar dia..

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.