Sukses

Edukasi Investor Muda, Stakeholder Dukung Aplikasi Simulasi Trading BEI

Ajaib konsisten mendukung PT Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk terus mengedukasi investor muda di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta Ajaib konsisten mendukung PT Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk terus mengedukasi investor muda di Tanah Air. Melalui kampanye Sekolah Pasar Modal (SPM) di beberapa cabang IDX di Indonesia, Ajaib turut aktif mensosialisasikan pengaplikasian IDX Virtual Trading, perangkat dan alat simulasi trading sebagai sarana edukasi yang dapat digunakan oleh calon investor sebelum menjadi investor.

Rangkaian aplikasi ini terdiri dari tiga kelompok, yakni aplikasi untuk belajar dan simulasi transaksi online, aplikasi untuk membuka rekening online dan terakhir aplikasi untuk bertransaksi online.

Direktur Utama PT Ajaib Sekuritas Asia, Anna Lora menuturkan, pihaknya terus senantiasa bersinergi dengan BEI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) untuk meningkatkan literasi keuangan.

"Pasalnya, penyuluhan edukasi keuangan dan investasi terutama kepada generasi muda sangat penting untuk mendukung masa depan perekonomian masyarakat. Sehingga diharapkan dapat semakin menumbuhkan semangat berinvestasi generasi muda di pasar modal serta menciptakan generasi yang lebih melek investasi," ungkapnya, Senin (18/4/2022).

Selain pertumbuhan penanam saham pemula, sepanjang 2021 lalu tercatat investor di pasar modal juga melonjak cukup signifikan menjadi 7,5 juta, atau naik 93 persen dibanding 2020.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Milenial

Angka tersebut didominasi oleh kalangan milenial dengan rentang usia 18-40 tahun. "Melalui edukasi, maka kualitas investor saham domestik akan meningkat sehingga inklusi pasar modal dalam negeri juga ikut naik," imbuh Anna.

Direktur Teknologi Informasi PT Bursa Efek Indonesia Fithri Hadi berharap, akan semakin banyak calon investor muda yang memanfaatkan virtual trading sebagai sarana belajar dan edukasi. Itu juga bakal lebih memotivasi generasi muda Indonesia untuk memberikan energi baru bagi kemajuan pasar modal Indonesia, termasuk ekonomi nasional.

"Sejak diluncurkannya Aplikasi IDX Virtual Trading untuk investor atau calon investor yang ingin belajar dan latihan bertransaksi saham, tren kenaikan investor di pasar modal Indonesia khususnya investor generasi muda terus naik secara pesat," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.