Sukses

Harga Melambung 101,82 Persen, Begini Prospek Saham WIRG

Saham WIRG melonjak 101,82 persen ke posisi Rp 1.110 per saham pada 11-14 April 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Saham pendatang baru PT WIR Asia Tbk (WIRG) memimpin penguatan selama sepekan tepatnya pada 11-14 April 2022. Saham WIRG melonjak 101,82 persen ke posisi Rp 1.110 per saham.

Total volume perdagangan saham WIRG selama sepekan 1,39 miliar saham dan nilai transaksi Rp 1,3 triliun. Total frekuensi perdagangan 177.544 kali. Saham WIRG berada di level tertinggi 1.165 dan terendah 650 per saham.

Pada Jumat, 14 saham WIRG naik 17,46 persen ke posisi Rp 1.110 per saham. Saham WIRG berada di level tertinggi Rp 1.165 dan terendah Rp 910 per saham. Total volume perdagangan 475.561.700 saham dengan nilai transaksi Rp 485,3 miliar. Total frekuensi perdagangan 68.206 kali.

Adapun sejak pencatatan saham perdana, saham WIRG sudah melambung 560,71 persen ke posisi Rp 1.110 per saham dari harga IPO Rp 168 per saham. Saham WIRG berada di level tertinggi Rp 1.165 dan terendah Rp 226 per saham. Total volume perdagangan 1,61 miliar saham. Nilai transaksi harian Rp 1,3 triliun. Total frekuensi perdagangan 191.093 kali.  

Analis Erdhika Elit Sekuritas, Ivan Kasulthan mengatakan, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, PT WIR Asia Tbk merupakan perusahaan yang berkontribusi pada perkembangan ekosistem metaverse dunia yang mana sangat menarik minat investor untuk masa depan mendatang.

"Akibat tingginya minat investor terhadap saham teknologi ini mendorong investor untuk mengakumulasi saham WIRG ini sehingga menyebabkan kenaikan signifikan bagi harga saham WIRG dari awal IPO,” kata Ivan Kasulthan saat dihubungi Liputan6.com, ditulis Minggu (17/4/2022).

Dia menambahkan, faktor yang menjadi pendorong bagi saham PT WIR Asia Tbk yaitu perusahaan teknologi yang mana saat ini sedang dikembangkan di seluruh dunia sehingga ke depan menjadi salah satu perusahaan teknologi yang besar. 

"Selain itu, perolehan dana IPO WIRG akan digunakan sebagian besar untuk belanja modal dengan dana yang diperoleh ketika IPO yaitu sebesar Rp 431,9 miliar. Tidak hanya itu WIRG juga bekerjasama dengan bank BUMN seperti Mandiri, BNI, BRI,” ungkapnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prospek Saham WIRG

Tak hanya itu, Ivan juga menyebutkan, prospek saham WIRG untuk jangka panjang masih akan menjadi perhatian investor.

"Karena perusahaan ini merupakan perusahaan di mana saat ini pengembangan Metaverse lagi gencar-gencar sehingga akan banyak menarik perhatian investor ke depannya nanti,” imbuhnya.

Ivan juga menegaskan, terdapat hal yang perlu diperhatikan oleh investor yang tertarik membeli saham WIRG.

"Pergerakan harga saham yang mana diperkirakan akan bergerak cukup volatile nantinya, akibat dari tingginya minat investor terhadap saham WIRG,” pungkasnya.

 Resmi Tercatat di BEI

Sebelumnya, PT WIR Asia Tbk  atau WIR grup resmi mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin, 4 April 2022.

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Jayadi mengungkapkan, WIRG resmi menjadi perusahaan tercatat di BEI dengan kode saham WIRG.

PT WIR Asia Tbk merupakan salah satu perusahaan di Indonesia dan Asia Tenggara yang menyediakan jasa teknologi realitas digital dan metaverse melalui augmented reality, virtual reality dan artificial intelligence yang memungkinkan terciptanya interaksi antara dunia nyata dan virtual.

"Perusahaan telah menyelesaikan lebih dari 1.000 project di lebih dari 20 negara serta meraih berbagai pencapaian yang luar biasa. Prestasi dan kontribusi perusahaan di perkembangan ekosistem metaverse dunia tentu menjadikan PT WIR Asia Tbk sebagai salah satu perusahaan teknologi Indonesia yang patut diperhitungkan di tahun ini dengan pesatnya perkembangan teknologi digital dan besarnya kebutuhan masyarakat akan hal tersebut," ujar Inarno Jayadi dalam Seremoni Virtual Pencatatan Perdana Saham WIRG, Senin, 4 April 2022.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Tak hanya itu, bursa juga percaya saham perusahaan juga akan menjadi pilihan investasi yang menarik bagi masyarakat investor pasar modal di Indonesia.

"Pencatatan perdana saham perusahaan pada hari ini menjadi satu milestone baru bagi PT WIR Asia Tbk dan  menjadi langkah awal bagi perusahaan untuk berkembang lebih besar lagi di masa depan,” kata Inarno.

Bursa berharap PT WIR Asia Tbk sebagai perusahaan tercatat akan merealisasikan rencana atas penghimpunan dana yang telah dihimpun senantiasa berinovasi dan bertumbuh serta terus menjaga transparansi dan akuntabilitas operasional perusahaan

"Bursa akan senantiasa mendukung perusahaan tercatat untuk mencapai kinerja terbaiknya sehingga dapat memberikan atribusi optimal kepada para stakeholder," imbuhnya. 

4 dari 4 halaman

Garap Sejumlah Proyek

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT WIR Asia Tbk Michel Budi mengatakan, hari yang bersejarah bagi PT WIR  Asia Tbk atau WIR grup perusahaan yang bergerak di bidang teknologi augmented reality yang juga mencakup virtual reality dan activision intelijen untuk menjadi perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. 

"Hal ini tentu tidak terlepas dari kerja sama dan dukungan dari berbagai pihak. WIR saat ini merupakan perusahaan yang bergerak di teknologi realitas digital yang mencakup teknologi augmented reality, virtual reality dan artificial intelijen di Indonesia maupun di ranah Internasional dalam melaksanakan kegiatan usahanya perseroan memiliki visi untuk menyediakan dunia metaverse yang dapat dinikmati semua orang,” kata Michel Budi.

Michel juga menjelaskan, dalam dunia metaverse yang dikenal sebagai perpaduan dunia nyata dan virtual, manusia dapat bertransformasi ke dunia virtual sebagai avatar untuk dapat bekerja, belajar, berinteraksi satu sama lain. Sehingga segala sesuatu dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien dalam situasi pandemi ataupun situasi lainnya.

Dia menambahkan, hingga saat ini WIR grup juga telah menyelesaikan berbagai macam proyek untuk korporasi dan beragam sektor industri di lebih dari 20 negara WIR group  juga memiliki lima paten teknologi yang terdaftar dalam lingkup teknologi EA serta telah menerima berbagai penghargaan dan pengakuan internasional.

"Suatu kehormatan bagi kami untuk mendapatkan kepercayaan dari para investor dan tentunya kepercayaan tersebut akan kami jaga sebaik-baiknya atas nama WIR grup  kami mohon dukungan agar kami dapat terus memberikan karya terbaik bagi masyarakat, bangsa dan membawa nama Indonesia tercinta di kancah internasional yuk nabung saham WIRG,” ungkapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.