Sukses

Saat Tawaran Orang Terkaya Dunia Beli Saham Twitter Disambut Skeptis Wall Street

Harga saham Twitter turun 1,7 persen setelah CEO Tesla miliarder Elon Musk mengajukan tawaran

Liputan6.com, Jakarta Jarang sekali ada perusahaan yang harga sahamnya justru jatuh ketika dapat tawaran pengambilalihan saham premium sebesar 18 persen. Namun kondisi ini terjadi pada Twitter.

Melansir laman CNBC, Sabtu (16/4/2022), harga saham Twitter turun 1,7 persen ditutup menjadi USD 45,08 untuk kapitalisasi pasar USD 34 miliar.

Ini setelah CEO Tesla miliarder Elon Musk mengajukan tawaran untuk membeli perusahaan itu seharga USD 54,20 per saham, atau sekitar USD 43 miliar. 

Dengan kata lain, investor tidak mengharapkan kesepakatan itu terjadi. Bahkan analis di Stifel melangkah lebih jauh dengan menurunkan peringkat saham menjadi aksi jual, dengan mengatakan perusahaan menghadapi "sirkus Elon yang meledak-ledak."

Musk memiliki banyak pengikut, tentu saja, dan dia legendaris di dunia teknologi karena secara bersamaan mengubah Tesla dan SpaceX menjadi bisnis yang berkembang pesat dan benar-benar inovatif.

Tapi bertahun-tahun gertakan, hype, dan janji yang tidak terpenuhi telah membuat Wall Street skeptis terhadap niat Musk dan kemampuan atau kesediaannya untuk menindaklanjutinya, terutama dalam hal kesepakatan keuangan besar.

"Pikirkan kembali tentang “pendanaan dijamin,” Itu adalah tweet Musk pada Agustus 2018 yang menunjukkan bahwa dia siap untuk mengambil Tesla secara pribadi dengan harga USD 420 per saham.

Itu juga tweet yang menyebabkan gugatan dari SEC dan penyelesaian akhirnya membutuhkan hal dari Twitter" untuk menyetujui tweet Musk yang berisi informasi tentang perusahaan yang dapat memengaruhi harga sahamnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Senang Main Twitter

Tesla malah berubah menjadi salah satu taruhan saham terbaik dalam tiga tahun ke depan. Secara split-adjusted, sahamnya naik lebih dari 1.300 persen sejak tweet.

Musk telah menjadi sangat kaya dalam prosesnya, melampaui Jeff Bezos dari Amazon sebagai orang terkaya di dunia.

Dan saat menjalankan dua perusahaan utamanya dan mengoperasikan beberapa perusahaan lain, dia juga melakukan banyak aktivitas menjadi orang biasa di Twitter, di mana dia sekarang memiliki 81,7 juta pengikut.

Twitter adalah bentuk komunikasi massa pilihan Musk untuk segala hal mulai dari menggembar-gemborkan token kripto hingga mengecam politisi.

Dia juga terus membuat proklamasi tentang teknologi Tesla di situs. Dan baru-baru ini, itu menjadi tempat favoritnya untuk mengkritik Twitter sendiri, karena apa yang dia anggap mengabaikan prinsip kebebasan berbicara dan batasan teknologi tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.