Sukses

Harga Melonjak, BEI Awasi Saham WIRG

Seiring terjadinya UMA atas saham WIRG itu, BEI sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham ini.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan terjadi peningkatan harga saham PT WIR Asia Tbk (WIRG) yang di luar kebiasaan (unusual market activity/UMA).

Seiring terjadinya UMA atas saham WIRG itu, BEI sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham WIRG. Adapun informasi terakhir mengenai perusahaan tercatat adalah informasi 1 April 2022 yang dipublikasikan melalui website BEI terkait pencatatan saham dari penawaran umum.

“Pengumuman UMA tidak serta merta menunjukkan ada pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di pasar modal,” tulis manajemen BEI.

BEI pun mengingatkan investor untuk memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi bursa, mencermati kinerja perusahaan tercatat dan keterbukaan informasi.

Selain itu, mengkaji kembali rencana aksi korporasi perusahaan tercatat apabila rencana itu belum mendapatkan persetujuan RUPS, dan mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

Pada penutupan perdagangan saham sesi pertama, Rabu, 13 April 2022, saham WIRG melonjak 6,43 persen ke posisi Rp 910 per saham. Saham WIRG dibuka naik 200 poin ke posisi Rp 1.055 per saham. Saham WIRG berada di level tertinggi Rp 1.055 dan terendah Rp 850 per saham. Total frekuensi perdagangan 62.700. Total volume perdagangan 3.195.337. Nilai transaksi Rp 297,5 miliar.

Pada pukul 14.10 WIB, saham WIRG naik 8,77 persen ke posisi Rp 930 per saham. Saham WIRG berada di level tertinggi Rp 1.055 dan terendah Rp 850 per saham. Total frekuensi perdagangan 69.246 kali dengan volume perdagangan 3.901.342. Nilai transaksi Rp 359,9 miliar.

Saham WIRG sudah melonjak 408,93 persen sejak pencatatan perdana saham pada 4 April 2022. Sebelumnya harga IPO perseroan dipatok Rp 168 per saham.

Saham WIR Asia naik 408,93 persen ke posisi Rp 855 per saham. Saham WIRG berada di level tertinggi Rp 855 dan terendah Rp 226 per saham. Total volume perdagangan 641.041.000. Nilai transaksi Rp 376,7 miliar. Total frekuensi perdagangan 45.959 kali.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

WIR Asia Jadi Pendatang Baru di BEI

Sebelumnya, PT WIR Asia Tbk akan catatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin, 4 April 2022 di papan pengembangan.

PT WIR Asia Tbk mencatatkan saham dengan kode saham WIRG sebagai perusahaan tercatat ke-13 di BEI pada 2022. Jumlah saham yang dicatatkan 11.919.159.000 saham yang terdiri dari saham pendiri 9.348.360.000 saham, penawaran umum kepada masyarakat atau initial public offering (IPO) sebesar 2.547.027.100 saham dan program kepemilikan saham pegawai perseroan (ESA) sebesar 23.771.900 saham.

Perseroan menetapkan harga penawaran saham Rp 168 per saham dengan nilai nominal Rp 5 per saham. Perseroan memperoleh dana Rp 392,63 miliar dari IPO. Demikian dikutip dari laman BEI, Senin, 4 April 2022.

Selain itu, perseroan mencatat waran seri I sebesar 771.239.700 saham dengan rasio 10:3. Setiap pemegang 10 saham baru berhak memperoleh berhak memperoleh tiga waran seri I dengan setiap satu waran seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli satu saham baru perseroan. Harga pelaksanaan waran Rp 188.

Total hasil pelaksanaan waran seri I sebanyak-banyaknya Rp 144,99 miliar. Dana hasil IPO ini antara lain sekitar 80,59 persen untuk perusahaan anak dipakai belanja modal dan modal kerja.

Sedangkan sekitar 7,4 persen untuk belanja modal perseroan. Selanjutnya sekitar 6,72 persen untuk modal kerja, dan sisanya untuk pengembangan usaha dan ekspansi melalui kemitraan strategis dengan perseroan.

Lalu dana yang akan diperoleh dari hasil pelaksanaan waran seri I antara lain sekitar 88,88 persen untuk perusahaan anak yaitu VMR dalam bentuk penyertaan modal. Selanjutnya sekitar 2,28 persen untuk belanja modal, dan sisanya untuk modal kerja.

Dalam rangka IPO ini, PT Ciptadana Sekuritas Asia bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek dan penjamin emisi efek.

 

3 dari 4 halaman

Resmi Tercatat di BEI

Sebelumnya, PT WIR Asia Tbk  atau WIR grup resmi mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin, 4 April 2022.

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Jayadi mengungkapkan, WIRG resmi menjadi perusahaan tercatat di BEI dengan kode saham WIRG.

PT WIR Asia Tbk merupakan salah satu perusahaan di Indonesia dan Asia Tenggara yang menyediakan jasa teknologi realitas digital dan metaverse melalui augmented reality, virtual reality dan artificial intelligence yang memungkinkan terciptanya interaksi antara dunia nyata dan virtual.

"Perusahaan telah menyelesaikan lebih dari 1.000 project di lebih dari 20 negara serta meraih berbagai pencapaian yang luar biasa. Prestasi dan kontribusi perusahaan di perkembangan ekosistem metaverse dunia tentu menjadikan PT WIR Asia Tbk sebagai salah satu perusahaan teknologi Indonesia yang patut diperhitungkan di tahun ini dengan pesatnya perkembangan teknologi digital dan besarnya kebutuhan masyarakat akan hal tersebut," ujar Inarno Jayadi dalam Seremoni Virtual Pencatatan Perdana Saham WIRG, Senin (4/4/2022).

Tak hanya itu, bursa juga percaya saham perusahaan juga akan menjadi pilihan investasi yang menarik bagi masyarakat investor pasar modal di Indonesia.

"Pencatatan perdana saham perusahaan pada hari ini menjadi satu milestone baru bagi PT WIR Asia Tbk dan  menjadi langkah awal bagi perusahaan untuk berkembang lebih besar lagi di masa depan,” kata Inarno.

Bursa berharap PT WIR Asia Tbk sebagai perusahaan tercatat akan merealisasikan rencana atas penghimpunan dana yang telah dihimpun senantiasa berinovasi dan bertumbuh serta terus menjaga transparansi dan akuntabilitas operasional perusahaan

"Bursa akan senantiasa mendukung perusahaan tercatat untuk mencapai kinerja terbaiknya sehingga dapat memberikan atribusi optimal kepada para stakeholder," imbuhnya. 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT WIR Asia Tbk Michel Budi mengatakan, hari yang bersejarah bagi PT WIR  Asia Tbk atau WIR grup perusahaan yang bergerak di bidang teknologi augmented reality yang juga mencakup virtual reality dan activision intelijen untuk menjadi perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. 

"Hal ini tentu tidak terlepas dari kerja sama dan dukungan dari berbagai pihak. WIR saat ini merupakan perusahaan yang bergerak di teknologi realitas digital yang mencakup teknologi augmented reality, virtual reality dan artificial intelijen di Indonesia maupun di ranah Internasional dalam melaksanakan kegiatan usahanya perseroan memiliki visi untuk menyediakan dunia metaverse yang dapat dinikmati semua orang,” kata Michel Budi.

Michel juga menjelaskan, dalam dunia metaverse yang dikenal sebagai perpaduan dunia nyata dan virtual, manusia dapat bertransformasi ke dunia virtual sebagai avatar untuk dapat bekerja, belajar, berinteraksi satu sama lain. Sehingga segala sesuatu dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien dalam situasi pandemi ataupun situasi lainnya.

Dia menambahkan, hingga saat ini WIR grup juga telah menyelesaikan berbagai macam proyek untuk korporasi dan beragam sektor industri di lebih dari 20 negara WIR group  juga memiliki lima paten teknologi yang terdaftar dalam lingkup teknologi EA serta telah menerima berbagai penghargaan dan pengakuan internasional.

"Suatu kehormatan bagi kami untuk mendapatkan kepercayaan dari para investor dan tentunya kepercayaan tersebut akan kami jaga sebaik-baiknya atas nama WIR grup  kami mohon dukungan agar kami dapat terus memberikan karya terbaik bagi masyarakat, bangsa dan membawa nama Indonesia tercinta di kancah internasional yuk nabung saham WIRG,” ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.