Sukses

Perusahaan Investasi Warren Buffett Beli Saham HP Setara Rp 60,36 Triliun

Berkshire Hathaway, perusahaan investasi milik Warren Buffett memegang sekitar 121 juta saham di HP.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan investasi milik Warren Buffett yaitu Berkshire Hathaway Inc membeli saham di HP Inc senilai lebih dari USD 4,2 miliar atau sekitar Rp 60,36 triliun (asumsi kurs Rp 14.373 per dolar AS). Saham pembuat laptop tersebut melonjak sebanyak 10 persen.

Berkshire membeli beberapa saham pada awal pekan ini dalam beberapa transaksi dan sekarang memegang investasi sekitar 121 juta saham di HP, menurut pengaturan pengajuan, Rabu, 6 April 2022.

"Berkshire Hathaway adalah salah satu investor paling dihormati di dunia, dan kami menyambut mereka sebagai investor di HP,” ujar juru bicara HP dilansir dari yahoo finance, Kamis (7/4/2022).

Taruhan dengan membeli saham HP, cara terbaru Berkshire Hathaway untuk menyebarkan sebagian kas yang hampir capai rekor setelah bertahun-tahun tertahan karena valuasi yang tinggi dan kesepakatan yang kompetitif.

Dalam beberapa bulan terakhir, Berskhire telah memperluas portofolio sahamnya senilai USD 350 miliar.  sebagian dibantu oleh volatilitas yang menyeret Indeks S&P 500 turun hampir 6 persen sepanjang tahun ini. 

Pada Maret 2022, perusahaan investasi milik Buffett ini mengungkapkan telah membeli saham di Occidental Petroleum Corp. Kepemilikan saham tersebut berada di 10 kepemilikan saham terbesar Berskhire.

"Investasi Berkshire Hathaway senilai USD 4,2 miliar di HP Inc memperkuat proposisi nilai pengembalian modal jangka panjang produsen komputer. HP Inc telah menjadi kisah pengembalian modal, mengingat profil pertumbuhan satu digitnya yang rendah,” ujar Analis Senior BI Woo Jin Ho.

Saham HP menguat tahun lalu, naik 53 persen pada 2021, tetapi telah turun 7,3 persen sejak awal tahun hingga penutupan Rabu. 

Sementara itu, Berkshire Hathaway yang secara historis menghindar dari beberapa investasi teknologi, telah condong lebih jauh ke sektor itu dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, membangun saham di Apple Inc yang bernilai lebih dari USD 161 miliar pada akhir 2021.

HP selaku perusahaan pembuat printer dan komputer, melonjak setinggi USD 38,38 dalam perpanjangan perdagangan New York setelah pengajuan. 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akuisisi

Berkshire juga menemukan lebih banyak keberuntungan dengan akuisisi. Perseroan mengumumkan kesepakatan untuk membeli perusahaan asuransi Alleghany Corp sebesar USD 11,6 miliar atau sekitar Rp 166,83 triliun.

Kesepakatan itu terbesar sejak akuisisi dari Precision Castparts Corp pada 2016. Namun, harga pembelian hanya mewakili 7,9 persen dari kas perseroan USD 146,7 miliar pada akhir 2021.

Dibantu kinerja yang kuat dari bisnis seperti kereta api BNSF dan kerajaan energi Berkshire yang luas, Buffett telah menarik lebih banyak uang yang dapat dengan cepat dia gunakan ke aset dengan imbal hasil lebih tinggi, dan keterampilan itu yang menarik pujian selama bertahun-tahun.

Kurangnya peluang investasi yang menarik telah menyebabkan miliarder semakin beralih ke buyback atau pembelian kembali saham yang mencapai rekor USD 27,1 miliar atau sekitar Rp 389,75 triliun pada 2021.

Saat ini sejumlah valuasi saham menjadi lebih menarik. Saham HP menguat tahun lalu, naik 53 persen. Namun, saham HP turun 7,3 persen hingga penutupan perdagangan Rabu, 6 April 2022.

Berkshire yang secara historis menghindar dari sejumlah investasi teknologi telah condong ke sektor itu dalam beberapa tahun terakhir. Berkshire akumulasi saham Apple senilai lebih dari USD 161 miliar atau sekitar Rp 2.315 triliun pada akhir 2021.

Sebagai salah satu saham teknologi yang lebih tua, HP dapat mengambil manfaat dari pergeseran ke apa yang disebut saham teknologi bernilai. Hal ini di tengah sentimen prospek kenaikan suku bunga menumpulkan keuntungan untuk saham teknologi kapitalisasi besar dengan valuasi tinggi.

HP telah diuntungkan dari kenaikan permintaan PC yang berkelanjutan. Pasar yang sekarang diperkirakan HP bernilai hingga USD 560 miliar atau sekitar Rp 8.054 triliun pada 2024 di tengah peralihan ke pekerjaan hybrid. Hal itu juga melihat kesuksesan yang berkelanjutan di segmen antara lain game dan print 3D.

Bulan lalu, HP setuju membeli Plantronics Inc yang dikenal sebagai Poly yang menjual headset telepon dan aksesori audio dan video dengan kesepakatan USD 3,3 miliar atau sekitar Rp 47,46 triliun. Hal ini untuk membantu memanfaatkan budaya kerja jarak jauh.

3 dari 3 halaman

Beli Perusahaan Asuransi Alleghany

Sebelumnya, miliarder Warren Buffett baru saja mengumumkan kesepakatan terbesar sejak 2016. Perusahaan investasi Warren Buffett, Berkshire Hathaway sepakat membeli perusahaan asuransi Alleghany USD 11,6 miliar atau sekitar Rp 166,21 triliun (asumsi kurs Rp 14.328 per dolar AS). Pembelian saham itu setara USD 848,02 per saham secara tunai.

"Kesepakatan ini mewakili kelipatan 1,26 kali nilai buku Alleghany pada 31 Desember 2021, serta premi 16 persen untuk rata-rata harga saham Alleghany dalam 30 hari terakhir,” ujar dia dikutip dari CNBC, Selasa, 22 Maret 2022.

Kesepakatan pembelian saham Alleghany diharapkan selesai pada kuartal IV 2022. Transaksi ini akan menandai akuisisi terbesar Berkshire pada 2016.

Hal ini setelah perseroan membeli perusahaan industri Precision Castparts USD 37 miliar atau sekitar Rp 530,12 triliun termasuk utang.

Melalui anak usaha, Alleghany yang berbasis di New York terlibat dalam sejumlah bisnis asuransi yang berbeda termasuk spesialisasi grosir, properti, kecelakaan dan reasuransi.

"Berkshire akan menjadi rumah permanen yang sempurna untuk Alleghany, sebuah perusahaan yang telah saya amati selama 60 tahun,” ujar CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett.

Sebelumnya Berkshire Hathaway telah memiliki asuransi mobil Geico, reasuransi General Reasuransi dan lainnya yang telah mendorong pertumbuhan dalam beberapa tahun terakhir.

CEO Alleghany, Joseph Brandon mengapresiasi kesepakatan itu. Hal ini lantaran transaksi tersebut merupakan luar biasa bagi pemilik,pelanggan, karyawan Alleghany dan bisnis.

"Nilai transaksi ini mencerminkan kualitas waralaba kami dan merupakan produk dari kerja keras, ketekunan, dan tekad tim Alleghany selama beberapa dekade,” kata dia.

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.