Sukses

Elon Musk Masuk Dewan Direksi Twitter

Elon Musk menjalankan jajak pendapat Twitter yang menanyakan pengguna apakah mereka percaya platform tersebut mematuhi prinsip kebebasan berbicara.

Liputan6.com, Jakarta - Twitter mengatakan akan menunjuk pemegang saham terbesar dan bos Tesla Elon Musk ke dewan direksi pada Selasa, 5 April 2022. Hal ini disampaikan sehari setelah miliarder itu mengungkapkan kepemilikan saham signifikan di perusahaan media sosial itu.

Melansir Channel News Asia,  Rabu (6/4/2022), penunjukan tersebut untuk sementara dapat memblokir peluang tawaran pengambilalihan langsung dari Elon Musk, sesuatu yang telah berspekulasi oleh para analis dan investor setelah ia melaporkan 9,2 persen saham, senilai sekitar USD 3 miliar.

Musk tidak dapat memiliki lebih dari 14,9 persen saham biasa Twitter baik sebagai pemegang saham individu atau sebagai anggota grup selama dia adalah direktur Twitter, kata perusahaan itu dalam sebuah pengajuan.

"Saya senang berbagi bahwa kami menunjuk @elonmusk ke dewan kami," kata Agrawal dalam sebuah tweet. 

"Dia sangat percaya dan kritis terhadap layanan yang kami butuhkan di @Twitter, dan di ruang rapat, untuk membuat kami lebih kuat dalam jangka panjang,” katanya.

Sebagai tanggapan, Musk membuat tweet seperti ini, "Menantikan untuk bekerja dengan dewan Parag & Twitter untuk membuat peningkatan yang signifikan pada Twitter dalam beberapa bulan mendatang,”.

Tak hanya itu, Musk yang menyebut dirinya absolut kebebasan berbicara, telah mengkritik platform media sosial serta kebijakannya. Baru-baru ini menjalankan jajak pendapat Twitter yang menanyakan pengguna apakah mereka percaya platform tersebut mematuhi prinsip kebebasan berbicara.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Respons Pengamat

Setelah mengungkapkan sahamnya pada Senin, Musk mengeluarkan jajak pendapat lain di Twitter menanyakan pengguna apakah mereka menginginkan tombol edit, fitur yang telah lama ditunggu-tunggu di mana platform media sosial telah bekerja.

"Anda tidak pernah bisa meremehkan Elon Musk. Saya ingin tahu apa motif yang mendasarinya?,” ujar CEO GYL Financial Synergies, penasihat investasi terdaftar, yang kliennya memiliki saham Twitter dan Tesla, Gerald Goldberg.

"Saya pikir dia mengirim pesan ke SEC yang mengatakan, 'Saya akan melakukan apa yang ingin saya lakukan',” ungkapnya.

Saham Twitter melonjak 6 persen dalam perdagangan sebelum bel pembukaan, setelah ditutup naik lebih dari 27 persen pada Senin.

Musk selaku pengguna Twitter yang produktif, telah membuat sejumlah pengumuman kepada lebih dari 80 juta pengikutnya di platform media sosial, termasuk niatnya untuk menjadikan Tesla sebagai pribadi yang membuatnya bermasalah dengan Komisi Keamanan dan Pertukaran AS.

Sementara itu, pada Senin, Musk mengungkapkan kepemilikannya atas 73,5 juta saham Twitter, yang dipegang oleh Elon Musk Revocable Trust, di mana ia adalah satu-satunya wali.

Musk akan berpartisipasi dalam pengaturan tunjangan direktur yang berlaku untuk direktur non-karyawan dan menjabat sebagai direktur Kelas II, dengan masa jabatan berakhir pada pertemuan tahunan pemegang saham Twitter 2024, kata perusahaan itu.

Kemudian, orang terkaya di dunia itu juga akan menjadi anggota dewan pemilik UFC Endeavour hingga 30 Juni tetapi telah keluar dari dewan teknologi nirlaba OpenAI, yang dia dirikan bersama, pada 2018.

Dia juga pendiri dan CEO SpaceX, dan memimpin startup brain-chip Neuralink dan firma infrastruktur Boring Company.

 

 

3 dari 3 halaman

Elon Musk Genggam 9,2 Persen Saham Twitter

Sebelumnya, CEO Tesla Elon Musk, membeli saham raksasa di Twitter yang menjadikannya pemegang saham luar terbesar di media sosial. Hal ini tidak lama setelah mengkritik Twitter karena gagal menegakkan prinsip kebebasan berbicara.

Melansir CNBC, Senin, 4 April 2022, Elon Musk memiliki 73.486.938 saham Twitter, yang mewakili 9,2 persen saham pasif di perusahaan, menurut pengajuan Komisi Sekuritas dan Bursa 13G yang dirilis Senin.

Kepemilikan saham Elon Musk bernilai USD 2,89 miliar atau sekitar Rp 41,44 triliun (asumsi kurs Rp 14.340 per dolar AS), berdasarkan harga penutupan Twitter pada Jumat, 1 April 2022.

Pembelian saham oleh Musk terjadi kurang dari dua minggu setelah dirinya mengkritik perusahaan tersebut, melakukan polling kepada orang-orang di Twitter tentang apakah Twitter mematuhi prinsip-prinsip kebebasan berbicara.

"Mengingat Twitter berfungsi sebagai de facto public town square, gagal mematuhi prinsip-prinsip kebebasan berbicara secara fundamental merusak demokrasi," tweet Musk. “Apa yang harus dilakukan?”

Sementara itu, akhir bulan lalu, Elon Musk juga mengatakan dia sedang mempertimbangkan untuk membangun platform media sosial baru.

Meskipun diklasifikasikan sebagai saham pasif, investor menawar saham lebih tinggi dengan kemungkinan hal ini dapat menghasilkan sesuatu yang lebih. Saham Twitter melonjak lebih dari 25 persen saat pra perdagangan.

"Musk dapat mencoba mengambil sikap yang lebih agresif di sini di Twitter,” ujar Analis Dan Ives Wedbush. Ia menyampaikan di “Squawk Box” CNBC. “Ini pada akhirnya bisa mengarah pada semacam pembelian.”

"Ini masuk akal mengingat apa yang Musk setidaknya bicarakan, setidaknya dari perspektif media sosial," kata Ives.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.