Sukses

IPO Porsche Bakal Gairahkan Pasar Saham Eropa

IPO Porsche bisa menjadi yang terbesar di Jerman melampaui penjualan saham Deutsche Telekom AG

Liputan6.com, Jakarta - Penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) produsen mobil Porsche siap menjadi salah satu IPO terbesar di Jerman. Namun, Porsche memilih lembaga keuangan Amerika Serikat (AS) ketimbang bank terbesar di negara itu Deutsche Bank AG.

Volkswagen AS (VW) memilih bank investasi AS antara lain Goldman Sachs Group Inc, Bank of America Corp, JP Morgan Chase and Co dan Citigroup Inc sebagai coordinator global.  Bank investasi asal AS itu memimpin penjualan saham yang direncanakan sehingga mencatatkan valuasi 90 miliar euro atau USD 100 miliar. Jumlah itu setara Rp 1.436 triliun (asumsi kurs Rp 14.362 per dolar AS), menurut sumber, dikutip dari yahoo finance, Minggu (3/4/2022).

Pilihan bank investasi AS itu menunjukkan betapa kuatnya wall street di pasar modal Eropa. Bank AS telah mengambil lima penjaminan emisi teratas pada penawaran saham di kawasan Eropa, Timur Tengah dan Afrika selama dua tahun, seperti data yang dihimpun Bloomberg.

Keputusan VW tidak menggandeng Deutsche Bank mengejuktan termasuk konsultan yang memenangkan mandat.

Bisnis pasar modal yang kuat dan fokus pada wilayah inti merupakan pilar utama dari bank investasi. BNP Paribas SA salah satu pemberi pinjaman terbesar V, dan Barclays Plc juga kehilangan posisi teratas, bukan hanya bank-bank Eropa.

Bergantung pada valuasi yang dicari, IPO Porsche bisa menjadi yang terbesar di Jerman melampaui penjualan saham Deutsche Telekom AG senilai USD 13,1 miliar pada 1996, berdasarkan data yang dihimpun Bloomberg.

Beberapa penasihat menganggap perusahaan dapat mencapai kapitalisasi pasar 100 miliar euro, hal ini berdasarkan potensi pertumbuhan, kemajuan perkembangan elektrifikasi, dan perdagangan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bakal Gairah Pasar Saham

VW berencana untuk menambahkan lebih banyak bank ke kesepakatan pada peran yang lebih kecil, menurut orang-orang. PJT Partners Inc menasihati dewan pengawas perusahaan induk Porsche Automobil Holding SE, yang dikendalikan oleh keluarga miliarder Porsche dan Piech, kata sumber tersebut.

JPMorgan di samping perannya di Volkswagen pada IPO telah membantu perusahaan induk keluarga juga. Meskipun demikian, perwakilan VW dan bank menolak untuk memberikan komentar. 

Produsen mobil terbesar di Eropa berencana untuk mencatatkan saham minoritas di Porsche, salah satu aset yang paling didambakan, pada kuartal keempat untuk membantu membiayai dorongan terbesar industri ke mobil listrik dan meningkatkan valuasinya.

Jika VW berjalan seperti yang direncanakan saat ini, IPO akan memungkinkan keluarga Porsche dan Piech untuk merebut kembali pengaruh langsung di tempat yang dulunya adalah perusahaan keluarga mereka.

VW telah mengalokasikan 89 miliar euro dalam pengeluaran untuk teknologi seperti perangkat lunak dan mobil listrik hingga 2026, dan pemisahan Porsche dapat menawarkan opsi pendanaan baru untuk grup tersebut.

VW sebagian besar bergantung pada menghasilkan cukup uang sendiri atau menerbitkan obligasi karena struktur pemegang sahamnya yang berbelit-belit membatasi pilihan untuk meningkatkan modal ekuitas baru.

Sebuah pencatatan saham akan membantu menghidupkan kembali pasar yang lesu untuk IPO, yang anjlok pada kuartal pertama karena volatilitas yang dipicu oleh perang di Ukraina dan melonjaknya inflasi membuat investor gelisah.

Persiapan untuk listing terus berlanjut, meskipun implikasi negatif karena konflik tidak dapat dikesampingkan, Chief Financial Officer Porsche SE Johannes Lattwein mengatakan pada Selasa.

Rekam jejak VW pada perubahan struktural utama beragam, bahkan ketika grup tersebut telah lama berusaha untuk menyederhanakan pengaturannya yang luas.

Daftar Traton SE, unit pembuat truk VW, berjuang untuk mendapatkan momentum di tengah gesekan internal dan free float terbatas, sementara dorongan untuk memisahkan merek supercar Lamborghini dan sepeda motor Ducati gagal.

Daftar pembuat 911 dan Taycan listrik yang ikonik dapat melihat merek tersebut mencoba meniru kesuksesan Ferrari NV, yang dipisahkan dari Fiat Chrysler untuk mencapai penilaian yang lebih mirip dengan merek fashion mewah Hermes International. Valuasi perusahaan Ferrari diperdagangkan lebih dari 22 kali lipat pendapatan sebelum bunga, pajak, dan amortisasi untuk tahun ini. Ini sebanding dengan kelipatan hanya 1,8 untuk Volkswagen.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.