Sukses

Melihat Gelombang Aksi Buyback Saham di Asia

Raksasa teknologi China Alibaba mengatakan, pekan lalu akan meningkatkan program pembelian kembali saham atau buyback saham menjadi USD 25 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Asia telah melihat gelombang pembelian kembali atau buyback saham. Analis menilai, buyback saham itu tidak akan berhenti dalam waktu dekat.

Raksasa teknologi China Alibaba mengatakan, pekan lalu akan meningkatkan program pembelian kembali saham atau buyback saham dari USD 15 miliar menjadi USD 25 miliar. Xiaomi pada Selasa mengumumkan pembelian kembali hingga HKD 10 miliar (USD 1,28 miliar), sementara JD Health, anak perusahaan perawatan kesehatan online JD, mengatakan akan melakukan buyback saham hingga HKD 3 miliar.

Melansir CNBC, ditulis Minggu (3/4/2022), rupanya berita tersebut membuat saham perusahaan-perusahaan itu melonjak.

"Perusahaan China berperilaku serupa dengan rekan-rekan Amerika mereka dengan mengumumkan program buyback saham besar pada kelemahan dalam upaya untuk menopang kepercayaan investor sebagai pertumbuhan bisnis mereka melambat," kata Direktur penelitian di perusahaan konsultan investasi Verity, Ben Silverman, dikutip dari CNBC pada Minggu (3/4/2022).

Inilah cara kerja buyback saham: ketika sebuah perusahaan buyback sahamnya, langkah tersebut mengurangi jumlah saham yang diperdagangkan secara publik.

Buyback dapat mendorong harga setiap saham lebih tinggi karena beberapa metrik umum yang digunakan untuk mengevaluasi harga saham tersebar di lebih sedikit saham. Alhasil, saham bisa terlihat lebih menarik.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tren Buyback Bakal Berlanjut

Tren ini tidak hanya terbatas pada raksasa teknologi China. HSBC, AIA dan Toyota juga telah mengumumkan buyback saham dalam beberapa minggu terakhir.

Saham teknologi China telah jatuh sejak tahun lalu di belakang tindakan keras peraturan di China serta ketegangan AS-China, di antara faktor-faktor lainnya.

"Kami telah melihat tren akselerasi perusahaan China yang mengumumkan rencana buyback (year to date) dengan latar belakang penurunan penilaian ekuitas China berbasis luas," kata Morgan Stanley dalam catatan 24 Maret lalu.

“Kami yakin tren ini akan berlanjut lebih lama karena diperkuat oleh pernyataan Komisi Regulasi Sekuritas China pekan lalu yang secara eksplisit mendorong perusahaan-perusahaan yang terdaftar untuk melakukan buyback saham,” kata Analis dari bank investasi tersebut.

Terdapat spekulasi Tencent bisa menjadi yang berikutnya, meskipun pasar kecewa ketika raksasa game China itu tidak mengumumkan buyback baru-baru ini.

“Pasar pasti mengharapkan Tencent untuk mengumumkan pembelian kembali. Saya pikir ini terutama karena Alibaba memiliki reaksi harga yang positif,” kata Head of Technology, Media dan Telecom Mirabaud Equity Research, Neil Campling.

"Tencent mencatat harga saham mereka sendiri telah turun secara signifikan juga yang mungkin merupakan tanda bahwa mereka akan mempertimbangkan buyback jadi saya tidak berpikir kemungkinan itu harus dikesampingkan secara keseluruhan," ia menambahkan.

Nomura mengatakan kombinasi valuasi saham yang umumnya sederhana dan neraca yang cukup kuat akan mendorong buyback saham. Tren menunjukkan ruang untuk pengembalian pemegang saham yang lebih tinggi, kata bank investasi Jepang.

“Kami pikir tema ini kemungkinan akan menjadi fokus dalam beberapa minggu ke depan, terutama setelah reli saham (Alibaba yang terdaftar di AS) setelah meningkatkan program buyback sahamnya sebesar USD 10 miliar,” menurut catatan 24 Maret.

3 dari 3 halaman

Dampak Jangka Pendek

Dalam jangka pendek, pasar akan bereaksi positif terhadap pengumuman buyback terutama untuk saham China yang terdaftar di AS, menurut analisis data Morgan Stanley dari 2014 hingga 2021 dari saham tersebut serta A-shares, atau mainland listed stock.

"Ekuitas China yang terdaftar di AS bereaksi paling positif dibandingkan dengan listing Hong Kong dan A-shares," kata analis bank investasi.

Saham berada pada posisi terbaik untuk melakukan buyback, Morgan Stanley memilih saham yang paling tepat untuk melakukan buyback berdasarkan daftar kriterianya antara lain kekuatan neraca untuk mendukung buyback, penilaian perusahaan yang "heavily discounted", kapitalisasi pasar yang cukup besar, dan fundamental yang kuat. Goldman Sachs juga menyaring saham yang kemungkinan akan melakukan buyback saham.

Dalam catatan 25 Maret, bank mengatakan fokus pada perusahaan dengan rekam jejak pengumuman buyback saham.

“Sementara saham yang kaya uang dan pertumbuhan laba tinggi tampak sangat baik untuk buyback saham, kami mencatat bahwa perusahaan tanpa rekam jejak buyback sering kali tidak mengumumkan buyback, bahkan ketika uang tunai kaya,” kata Goldman saat menjelaskan mengapa fokus pada perusahaan dengan sejarah gerakan tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.