Sukses

Bukalapak Paparkan Kronologi Akuisisi Startup Belajar Tumbuh Berbagi

Bukalapak akuisisi PT Belajar Tumbuh Berbagi (BTB) untuk memperkuat ekosistem milik perseroan.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) meminta penjelasan kepada PT Bukalapak.com (BUKA) atau Bukalapak terkait pencantuman nominal terkait nilai akuisisi dalam laporan keuangan per September 2021.

Adapun pencantuman nominal itu terkait transaksi pembelian 100 persen saham PT Belajar Tumbuh Berbagi (BTB) pada 4 November 2021.

"Bursa meminta perseroan untuk dapat menyampaikan revisi atas laporan keuangan interim perseroan per 30 September 2021,” tulis Bursa, dikutip dari keterbukaan informasi Rabu (30/3/2022).

Bukalapak lantas meruntut kejadian tersebut. Bermula pada 4 November 2021, saat dua entitas anak persediaan yakni PT Bina Unggul Kencana (BUK) dan PT Kolaborasi Kreasi Investa (KKI) menandatangani Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat (PPJB) dengan para pemilik saham PT Belajar Tumbuh Berbagi (BTB) senilai USD 1 juta.

Transaksi itu bertujuan untuk memperoleh 100 persen kepemilikan atau sejumlah 11.340 lembar saham. Sementara dalam pengkinian atas pengungkapan suatu peristiwa setelah tanggal pelaporan terkait dengan harga pembelian dari akuisisi BTB oleh KKI dan BUK pada 4 November 2021, yang diungkapkan sebesar USD 1 miliar. Nilai transaksi itu kemudian disesuaikan menjadi USD 1 juta sebagaimana tercantum pada PPJB yang diamandemen oleh para pihak pada 11 Januari 2022.

"Latar belakang para pihak menandatangani Addendum PPJB BTB tanggal 11 Januari 2022 untuk menyamakan informasi harga jual beli saham sesuai dengan intensi dan kesepakatan para pihak bahwa nilai jual beli saham adalah sebesar USD 1 juta,” tulis Sekretaris Perusahaan Bukalapak, Perdana A. Saputro.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tujuan Akuisisi

Adapun pengambilalihan BTB memiliki tujuan memperkuat ekosistem milik perseroan yang merupakan sebuah perusahaan platform komunitas dan edukasi digital yang berfokus pada pemberdayaan dan dukungan untuk UMKM Indonesia.

BTB merupakan perusahaan penyedia jasa layanan edukasi dan komunitas berbasis digital, yang menawarkan bermacam- macam topik edukasi dan pembelajaran yang berkaitan dengan perdagangan online.

Manfaat pengambilalihan BTB dilakukan untuk menambah sinergi perusahaan dan meningkatkan manfaat untuk Perseroan dan KKI serta memberikan pilihan tambahan layanan kepada pengguna yang dilakukan secara sinergi dan efisien.

Setelah resmi digenggam, perseroan memiliki sejumlah strategi pengembangan bisnis BTB. Pertama, meningkatkan kapabilitas dan kualitas dari produk yang sekarang ditawarkan. Kedua, membangun pengembangan bisnis berbasis edukasi kepada penjual retail ataupun korporat. Ketiga, melakukan promosi dan pemasaran sesuai dengan target budget.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.