Sukses

Indeks Hang Seng Anjlok 2 Persen Imbas Saham JD Logistics hingga Rusal

Saham produsen aluminium Rusia Rusal yang terdaftar di Hong Kong melonjak lebih dari 10 persen di awal perdagangan sebelum berbalik jatuh hampir 4 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Saham China jatuh pada Jumat (25/3/2022). Bursa saham Asia Pasifik pun  diperdagangkan beragam, sementara Wall Street menguat semalam dan harga minyak turun.

Indeks Hang Seng Hong Kong turun 2 persen, sedangkan indeks Shanghai turun tipis 0,77 persen dan indeks Shenzhen turun 1,36 persen. CSI 300 turun hampir 1 persen.

Saham produsen aluminium Rusia Rusal yang terdaftar di Hong Kong melonjak lebih dari 10 persen di awal perdagangan sebelum berbalik jatuh hampir 4 persen. Saham turun awal pekan ini setelah perusahaan itu mengatakan pada Senin, pihaknya sedang evaluasi dampak larangan yang diumumkan pada Minggu oleh pemerintah Australia pada ekspor bijih alumina dan aluminium ke Rusia.

Saham Rusal di Moskow telah melonjak hampir 16 persen ketika pasar melanjutkan perdagangan di Rusia pada Kamis setelah penutupan selama sebulan.

Saham JD Logistics turun lebih dari 12 persen. Dalam pengajuan dengan bursa saham Hong Kong di pagi hari, perusahaan mengatakan akan mengumpulkan 8,53 miliar dolar Hong Kong melalui penjualan saham. Anak perusahaan raksasa e-commerce JD.com itu mengatakan, saham tersebut akan dihargai 20,71 dolar Hong Kong per lembar.

Melansir CNBC, saham Jepang jatuh setelah naik. Indeks Nikkei 225 turun 0,38 persen, sedangkan Topix turun 0,3 persen. Jepang melaporkan data inflasi, menunjukkan indeks harga konsumen inti mencapai tertinggi dua tahun di bulan Maret, berdasarkan Reuters.

Indeks S&P/ASX 200 Australia tetap di wilayah positif karena naik tipis 0,36 persen, dengan beberapa kenaikan pada penambang. Saham Korea Selatan berjuang untuk arah, perdagangan antara keuntungan dan kerugian. Indeks Kospi terakhir berada di bawah garis datar. Beberapa saham teknologi turun, dengan SK Hynix jatuh 1,66 persen.

Saham yang menguat di bursa Asia termasuk Toshiba Jepang dan Fanuc, yang masing-masing naik 1,8 persen dan 0,7 persen, serta perusahaan pertanian Singapura Olam yang naik 2,8 persen. Pecundang terkenal termasuk Nio, yang turun 3 persen dan China Life Insurance, yang turun 1,1 persen.

Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang diperdagangkan 0,52 persen lebih rendah.

Indeks Straits Times Singapura naik 0,5 persen. Firma riset Capital Economics dan analis Bank DBS mengatakan pada Jumat  sekarang mengharapkan bank sentral Singapura untuk memperketat kebijakan pada pertemuannya bulan depan setelah pelonggaran besar pembatasan COVID di negara itu pada Kamis.

"Pelonggaran pembatasan virus kemarin di Singapura melebihi apa yang kami harapkan dan sekarang berarti risiko terhadap perkiraan pertumbuhan kami di atas konsensus sebesar 4,0% tahun ini menjadi terbalik,” kata Alex Holmes, Ekonom dikutip CNBC.

"Langkah-langkah tersebut juga kemungkinan akan menambah tekanan inflasi, semakin meningkatkan kemungkinan bahwa Otoritas Moneter Singapura (MAS) akan memperketat kebijakan pada pertemuannya bulan depan,” ia menambahkan. 

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gerak Saham

Saham AS reli semalam, dipimpin oleh saham chip. Indeks Dow Jones melonjak 349,44 poin, atau 1 persen, menjadi ditutup pada 34.707,94. S&P 500 naik 1,4 persen pada 4.520,16, dan indeks Nasdaq Composite naik 1,9 persen menjadi 14.191,84.

Saham telah naik turun minggu ini, bergantian antara hari naik dan turun. Indeks S&P 500 dan Nasdaq berada di jalur untuk menutup minggu lebih tinggi.

Investor mengamati saham pemasok Apple di Asia. Raksasa teknologi itu dilaporkan merencanakan layanan berlangganan perangkat keras untuk iPhone yang dapat diluncurkan segera pada akhir tahun ini. Apple naik lebih dari 2 persen pada Kamis.

Di Jepang, saham pemasok Apple turun lebih awal. Saham Murata Manufacturing melonjak 0,62 persen, sementara Alps Alpine naik 0,18 persen. Taiyo Yuden naik 0,18 persen. 

Di Taiwan, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company melonjak 1 persen, sementara saham Hon Hai Precision Industry turun 0,63 persen.

3 dari 3 halaman

Harga Minyak

Harga minyak menjadi fokus, setelah jatuh hampir 2 persen semalam setelah sesi yang bergejolak. Selama perdagangan Asia pada Jumat, minyak mentah AS turun 0,15 persen menjadi USD 112,17 per barel, dan Brent sedikit berubah pada USD 119,05.

"Anggota [Badan Energi Internasional] berusaha mengurangi penggunaan minyak mentahnya," kata analis ANZ Research Brian Martin dan Daniel Hynes. 

Mereka mencatat Direktur Eksekutif IEA Fatih Birol mengatakan kelompok itu siap untuk melepaskan lebih banyak minyak dari cadangan darurat jika diperlukan.

Berkontribusi pada penurunan minyak, pejabat Organisasi Negara Pengekspor Minyak juga telah menyatakan kepada UE ketidaknyamanan mereka atas usulan larangan minyak Rusia, kata Reuters mengutip sumber OPEC.

Dalam mata uang, indeks USD berada di 98,527, turun dari level di sekitar 98,7 sebelumnya. Yen Jepang diperdagangkan pada 121,55 per dolar, lebih kuat dibandingkan sebelumnya. Dolar Australia berada di 0,7517, karena terus melonjak dari level sekitar 0,74 awal pekan ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.