Sukses

Gandeng PLN, AKR Corporindo Salurkan Listrik ke Freeport Indonesia

Perjanjian jual beli tenaga listrik ini akan memudahkan anak usaha AKR Corporindo, Berkah Kawasan Manyar Sejahtera untuk menyalurkan listrik ke PT Freeport Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera, anak perusahaan PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) dan PT PLN (Persero) menandatangani perjanjian jual beli tenaga listrik (PJBTL) sebesar 170 MVA.

Perjanjian jual beli tenaga listrik ini akan memudahkan anak usaha AKR Corporindo, Berkah Kawasan Manyar Sejahtera untuk menyalurkan listrik ke PT Freeport Indonesia.

SPJBTL yang dimiliki oleh PT BMKS ini menyatakan, PLN akan mendistribusikan dan menjual listrik ke BMKS, secara berkelanjutan melalui Gardu Induk PLN 150 kv suplai tegangan tinggi dengan daya total 170 MVA. Pada kesempatan ini juga PT BKMS menandatangani perjanjian back to back dengan PT Freeport Indonesia.

PT BKMS akan mendistribusikan dan menjual kembali daya tersambung ke PTFI sesuai kebutuhannya, sehingga akan menghasilkan recurring income bagi KEK JIIPE Gresik.

Presiden Direktur PT AKR Corporindo Tbk, Haryanto Adikoesoemo menuturkan, penandatanganan perjanjian jual beli listrik menjadi tonggak penting lainnya untuk KEK JIIPE dan proyek peleburan tembaga PTFI.

"Penandatanganan SPJBTL menunjukkan bagaimana KEK JIIPE memfasilitasi penyewa dengan menyediakan semua kebutuhan utilitas penyewa, fasilitas pelabuhan serta manfaat Kawasan Ekonomi Khusus,” ujar Haryanto dalam keterangan tertulis, Senin (!4/3/2022).

Ia menambahkan, proyek PTFI telah ditetapkan sebagai proyek strategis nasional dan manajemen KEK JIIPE bekerja sama dengan tim PTFI untuk memastikan proyek ini akan selesai tepat waktu.

"KEK JIIPE saat ini mengalami peningkatan minat investor untuk lahan dan layanan lain yang tersedia di KEK JIIPE,” tutur dia.

Ia menambahkan, hal ini diharapkan mendorong penjualan tanah baru dalam waktu dekat. Pendapatan yang dihasilkan dari perjanjian ini akan digunakan untuk mengembangkan infrastruktur di JIIPE dan memberikan nilai kepada pemegang saham AKRA.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tawarkan Harga Kompetitif

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Syahril menuturkan,  PT PLN siap melayani dengan reliability berstandar internasional.

"Kami akan menambah menambah beberapa pembangkit maupun jaringan Backbone sehingga akan ada beberapa alternatif supply yang sesuai dengan yang diperjanjikan. Kami siap melayani supply listrik ke smelter PTFI dari gardu induk,” ujar dia.

Bob Syaril juga menambahkan, pihaknya menawarkan harga yang kompetitif. Hal ini didukung oleh jaringan yang cukup kuat dan juga pasokan yang cukup berlebih hingga tersedia kurang lebih 6,5 Gigawatt.

Sementara itu, Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas berharap, proyek pembangunan smelter tembaga single line terbesar di dunia ini bisa berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan target.

"Kami berharap semua semua pihak dapat mendukung proyek ini, yang merupakan salah satu barometer hilirisasi mineral di Indonesia, agar apa yang diharapkan Bapak Presiden yaitu timbulnya industri hilir lainnya sebagai turunan dari katoda tembaga, emas dan perak bisa tumbuh tidak hanya di JIIPE tapi juga di bagian lain di Indonesia,” ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.