Sukses

Bank Rusia Bakal Terbitkan Kartu Pakai UnionPay

Pengumuman itu muncul setelah perusahaan pembayaran Amerika Serikat Visa Inc dan Mastercard Inc mengatakan menangguhkan operasi di Rusia.

Liputan6.com, Jakarta - Bank sentral Rusia menyatakan, sejumlah pemberi pinjaman lokal akan memakai sistem UnionPay China. Hal ini setelah kartu kredit yang dikeluarkan oleh Bank Rusia yang memakai sistem pembayaran Visa dan Mastercard akan setop di luar negeri setelah 9 Maret 2022.

Bank menyatakan kartu Mastercard dan Visa yang diterbitkan Rusia akan diterima di Rusia hingga masa berlakunya habis. Larangan luar negeri juga berlaku untuk kartu yang diterbitkan oleh anak perusahaan lokal bank asing.

Pengumumannya muncul setelah perusahaan pembayaran Amerika Serikat Visa Inc dan Mastercard Inc mengatakan menangguhkan operasi di Rusia. Dua perusahaan tersebut bergabung dengan daftar perusahaan yang memutuskan hubungan bisnis dengan Rusia.

Bank sentral menambahkan banyak bank Rusia berencana mengeluarkan kartu menggunakan UnionPay, sebuah sistem yang diaktifkan di 180 negara.

Sementara beberapa bank Rusia sudah memakai UnionPay yang lain termasuk Sberbank dan Tinkoff dapat mulai mengeluarkan kartu yang memberi lencana bersama sistem pembayaran Mir Rusia dengan UnionPay. Demikian mengutip BusinessToday.In, Senin (7/3/2022).

Ribuan orang Rusia, termasuk wisatawan, terdampar di luar negeri setelah banyak negara menutup wilayah udaranya untuk pesawat Rusia.

Sementara Rusia membalas dengan larangan terbang bagi banyak maskapai.Bank sentral menyarankan warga yang saat ini berada di luar negeri untuk menarik uang tunai sebelum larangan itu mulai berlaku.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Visa dan Mastercard Hentikan Layanan di Rusia

Sebelumnya, raksasa pembayaran kartu Visa dan Mastercard mengumumkan pada Sabtu, 5 Maret 2022 akan menangguhkan operasi di Rusia. Ini perusahaan besar Amerika Serikat (AS) terbaru yang bergabung dengan pembekuan bisnis Moskow dan invasi ke Ukraina.

Mastercard mengatakan memperhatikan sifat konflik saat ini yang belum pernah terjadi sebelumnya dan lingkungan ekonomi yang tidak pasti telah memutuskan untuk menangguhkan layanan jaringan di Rusia.

Sementara itu, Visa menyatakan akan hentikan transaksi selama beberapa hari dengan klien dan mitranya di Rusia.

Dalam beberapa hari, semua transaksi yang dimulai dengan kartu Visa yang diterbitkan di Rusia tidak akan lagi berfungsi di luar negeri. Kartu Visa apa pun yang dikeluarkan di luar Rusia tidak akan berfungsi lagi di dalam negeri.

"Kami terpaksa bertindak menyusul invasi Rusia ke Ukraina dan peristiwa yang tidak dapat diterima yang telah kami saksikan,” ujar CEO Visa Al Kelly dilansir dari Channel News Asia, Minggu, 6 Maret 2022.

Ia menambahkan, pihaknya menyesali dampak terhadap klien dan mitra yang berharga di Rusia. "Perang ini dan ancaman berkelanjutan terhadap perdamaian dan stabilitas menuntut kami merespons sejalan dengan nilai-nilai kami," kata dia.

Sementara itu, Mastercard mengatakan,kartu yang dikeluarkan oleh bank Rusia tidak akan lagi didukung oleh jaringan Mastercard dan kartu perusahaan yang diterbitkan di luar Rusia tidak akan berfungsi di merchant dan ATM Rusia.

Mastercard memutuskan untuk menangguhkan layanan jaringannya di Rusia menyusul tindakan baru-baru ini untuk memblokir beberapa lembaga keuangan Rusia dari jaringan pembayaran perusahaan, seperti yang dipersyaratkan oleh regulator secara global.

Perusahaan besar di berbagai industri telah menghentikan bisnis di Rusia sejak invasi dimulai 10 hari lalu, termasuk segala sesuatu mulai dari perusahaan teknologi yang berbasis di Amerika Serikat seperti Intel dan Airbnb hingga raksasa merek mewah Prancis LVMH, Hermes dan Chanel.

Visa dan Mastercard telah mengumumkan mereka mematuhi sanksi Amerika Serikat dan internasional yang dikenakan pada Rusia setelah serangan tersebut.

3 dari 3 halaman

Respons Bank Sentral Rusia

Bank-bank besar Rusia termasuk pemberi pinjaman terbesar Sberbank dan Bank Sentral Rusia mengabaikan efek penangguhan kartu terhadap kliennya.

"Semua kartu bank Visa dan Mastercard yang dikelaurkan oleh Bank Rusia akan terus beroperasi secara normal di wilayah Rusia hingga tanggal kedaluwarsanya," tulis Bank Sentral Rusia.

Sberbank mengatakan kartu tersebut dapat digunakan untuk operasi di Rusia untuk menarik uang tunai, melakukan transfer memakai nomor kartu, dan untuk pembayaran offline dan toko online di Rusia.

Kartu tersebut akan terus bekerja di Rusia karena semua pembayaran di Rusia dilakukan melalui sistem nasional dan tidak bergantung pada sistem asing.

Namun, bank sentral memperingatkan orang Rusia yang bepergian ke luar negeri harus membawa alat pembayaran alternatif. Mastercard menambahkan akan terus memberikan gaji dan tunjangan kepada hampir 200 karyawannya di Rusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.