Sukses

Grup Sinar Mas Bakal Akuisisi DANA Rp 2,8 Triliun

PT DSST Dana Gemilang, entitas anak tidak langsung Dian Swastatika Sentosa telah menandatangani perjanjian bersyarat untuk investasi di Elang Andalan Nusantara.

Liputan6.com, Jakarta - Grup Sinar Mas melalui PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) akan akuisisi PT Elang Andalan Nusantara (EAN) senilai USD 200 juta atau sekitar Rp 2,87 triliun (asumsi kurs Rp 14.389 per dolar AS). PT Elang Andalan nusantara ini memiliki anak usaha yang mengoperasikan dompet elektronik di Indonesia yaitu DANA.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Rabu (2/3/2022), PT DSST Dana Gemilang, entitas anak tidak langsung Dian Swastatika Sentosa telah menandatangani perjanjian bersyarat untuk investasi di EAN pada 28 Februari 2022. Nilai rencana investasi tersebut berjumlah USD 200 juta atau sekitar Rp 2,87 triliun.

Setelah penyelesaian rencana investasi, DSST Dana Gemilang akan menjadi salah satu pemegang saham terbesar di DANA. Namun, perseroan belum menjelaskan mengenai rincian kepemilikan saham.

Adapun manajemen Dian Swastatika menyatakan, penyelesaian atas rencana investasi akan bergantung pada pemenuhan syarat-syarat pendahuluan sesuai ketentuan dalam perjanjian penyertaan modal termasuk persetujuan-persetujuan dari otoritas berwenang yang terkait.

"Rencana investasi ini dilakukan sebagai bagian dari kolaborasi pengembangan bisnis digital,” tulis Sekretaris Perusahaan PT Dian Swastatika Sentosa Tbk, Susan Chandra dalam keterbukaan informasi BEI.

Ia menyampaikan, kolaborasi strategis ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan ekosistem digital yang dimiliki oleh perseroan dan berbagai pemangku kepentingan.

Mengutip laporan keuangan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk per September 2021, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk memiliki secara tidak langsung PT Elang Andalan Nusantara melalui PT Kreatif Media Karya (KMK). Pada 30 Desember 2020, KMK menjual kepemilikan 752.422 saham Elang Andalan Nusantara kepada pihak ketiga. Jumlah saham Elang Andalan Nusantara yang dimiliki KMK menjadi 6.144.778 saham atau setara dengan kepemilikan 49 persen.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dian Swastatika Sentosa Dirikan DSST Dana Gemilang

Sebelumnya, PT Dian Swastika Sentosa Tbk (DSSA) mendirikan entitas anak pada 26 November 2021. Entitas anak tersebut bergerak di usaha perusahaan holding dan penyedia jasa konsultasi manajemen lainnya.

PT Dian Swastatika Sentosa Tbk melalui entitas anak mendirikan PT DSST Dana Gemilang. Kegiatan usaha dilakukan sebagai perusahaan holding dan penyedia jasa konsultasi manajemen lainnya.

Kepemilikan saham efektif perseroan dalam PT DSST Dana Gemilang 99,99 persen. “Pendirian entitas anak perseroan ini tidak memiliki dampak signifikan terhadap kondisi keuangan perseroan,” tulis perseroan dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Minggu, 28 November 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.