Sukses

Anak Usaha Dian Swastatika Bakal Investasi di DANA

Anak Usaha Dian Swastatika yaitu PT DSST Dana Gemilang menandatangani perjanjian bersyarat untuk investasi di PT Elang Andalan Nusantara pada 28 Februari 2022.

Liputan6.com, Jakarta - PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) melalui anak usahanya tidak langsung PT DSST Dana Gemilang (DSST) investasi di PT Elang Andalan Nusantara, yang anak usahanya operasikan DANA, salah satu dompet elektronik di Indonesia.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Rabu (2/3/2022), PT DSST Dana Gemilang menandatangani perjanjian bersyarat untuk investasi di PT Elang Andalan Nusantara pada 28 Februari 2022. Nilai rencana investasi itu USD 200 juta atau sekitar Rp 2,87 triliun (asumsi kurs Rp 14.395 per dolar Amerika Serikat).

Manajemen Dian Swastatika Sentosamenyatakan, penyelesaian atas rencana investasi akan bergantung pada pemenuhan syarat pendahuluan sebagaimana diatur dalam perjanjian penyertaan modal termasuk persetujuan-persetujuan dari otoritas berwenang yang terkait.

Sekretaris Perusahaan PT Dian Swastatika Sentosa Tbk, Susan Chandra menyebutkan, setelah penyelesaian atas rencana investasi, DSST akan menjadi salah satu pemegang saham terbesar di DANA.

"Rencana investasi ini dilakukan sebagai bagian dari kolaborasi pengembangan bisnis digital," tulis Susan.

Ia menambahkan, kolaborasi strategis ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan ekosistem digital yang dimiliki oleh perseroan dan berbagai pemangku kepentingan.

PT Elang Mahkota Teknologi Tbk memiliki secara tidak langsung PT Elang Andalan Nusantara melalui PT Kreatif Media Karya (KMK). Pada 30 Desember 2020, KMK menjual kepemilikan 752.422 saham Elang Andalan Nusantara kepada pihak ketiga. Jumlah saham Elang Andalan Nusantara yang dimiliki KMK menjadi 6.144.778 saham atau setara dengan kepemilikan 49 persen.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dian Swastika Sentosa Dirikan Entitas Anak

Sebelumnya, PT Dian Swastika Sentosa Tbk (DSSA) mendirikan entitas anak pada 26 November 2021. Entitas anak tersebut bergerak di usaha perusahaan holding dan penyedia jasa konsultasi manajemen lainnya.

PT Dian Swastatika Sentosa Tbk melalui entitas anak mendirikan PT DSST Dana Gemilang. Kegiatan usaha dilakukan sebagai perusahaan holding dan penyedia jasa konsultasi manajemen lainnya.

Kepemilikan saham efektif perseroan dalam PT DSST Dana Gemilang 99,99 persen. “Pendirian entitas anak perseroan ini tidak memiliki dampak signifikan terhadap kondisi keuangan perseroan,” tulis perseroan dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Minggu, 28 November 2021.

Pada penutupan perdagangan Jumat, 26 November 2021, saham DSSA turun 2,87 persen ke posisi Rp 50.000 per saham.

Saham DSSA dibuka stagnan Rp 51.475. Saham DSSA berada di level tertinggi Rp 53.000 dan terendah Rp 50.000 per saham. Total frekuensi perdagangan 27 kali dengan volume perdagangan 245. Nilai transaksi Rp 1,2 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.