Sukses

RUPSLB Bank Muamalat Setujui Perubahan Susunan Pengurus

RUPSLB juga menyetujui pengangkatan Sulistyo Budi dari BPKH sebagai Komisaris merangkap Wakil Komisaris Utama Bank Muamalat.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Senin, 28 Februari 2022 di Ballroom BJ Habibie, Muamalat Tower, Jakarta.

Kegiatan dihadiri pemegang saham secara fisik dengan menjalankan protokol Kesehatan, memperhatikan kapasitas ruangan dan pemberian jarak serta daring.

Dalam RUPSLB tersebut, pemegang saham menyetujui perubahan susunan pengurus Perseroan dengan suara bulat.

RUPSLB PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mengesahkan pemberhentian dengan hormat Komisaris Perseroan Mohamed Hedi Mejai dari IsDB dan Komisaris Perseroan AbdulSalam Mohammad Joher Al-Saleh dari Boubyan, keduanya adalah wakil pemegang saham BMI sebelumnya.

RUPSLB juga menyetujui pengangkatan Sulistyo Budi dari BPKH sebagai Komisaris merangkap Wakil Komisaris Utama Perseroan. Juni Supriyanto juga dari BPKH sebagai Komisaris Perseroan dan Andre Mirza Hartawan sebagai Komisaris Perseroan.

Seiring dengan disetujuinya perubahan tersebut, maka susunan pengurus Bank Muamalat menjadi:

Dewan Pengawas Syariah:

- Sholahudin Al-Aiyub (Ketua)

- Siti Haniatunnisa (Anggota)

- Agung Danarto (Anggota)

Dewan Komisaris:

- Komisaris Utama/Independen Ilham Akbar Habibie

- Wakil Komisaris Utama Sulistyo Budi

- Komisaris Independen Edy Setiadi

- Komisaris Independen Iggi Haruman Achsien

- Komisaris Juni Supriyanto

- Komisaris Andre Mirza Hartawan

Direksi:

- Direktur Utama Achmad K. Permana

- Direktur Kepatuhan Andri Donny

- Direktur Hery Syafril

- Direktur Purnomo B. Soetadi

- Direktur Awaldi

- Direktur Avianto Istihardjo

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkuat Digital

Kepala BPKH Anggito Abimanyu menuturkan, perubahan susunan pengurus Bank Muamalat merupakan perubahan pengurus tahap pertama di masa transisi menuju pengembangan Bank ke depan sesuai tagline Turnaround Towards Profitability, Sustainability & Synergy.

Hal tersebut menyiratkan kunci sukses dari investasi BPKH di BMI ke depan yakni dengan melakukan turnaround bisnis yang kompetitif. 

Fokus pada upaya membangun bisnis BMI yang berkelanjutan (sustainable) melalui perbaikan tata kelola bisnis yang baik, dan melakukan sinergi positif dengan seluruh ekosistem perhajian, segmen pasar syariah, pasar institusi unggulan dan sektor UMKM.

"Setelah tahap pertama perubahan susunan pengurus akan diagendakan langkah perubahan pengurus pada tahap selanjutnya," ujar Anggito.

Direktur Utama Bank Muamalat Achmad K Permana menambahkan, ke depan Bank Muamalat akan terus memperkuat aspek digital. Salah satunya dengan membentuk divisi khusus yang fokus untuk mengembangkan layanan perbankan digital secara bankwide.

Bank Muamalat telah berulang kali mendapat penghargaan untuk aplikasi mobile banking Muamalat DIN. Upaya untuk menjadikan Bank Muamalat Indonesia sebagai bank digital telah dirintis salah satunya uji coba penerapan cashless dalam pemberian uang saku Jemaah haji (living cost).

"Kehadiran pengurus perseroan baru tentunya akan membuat struktur organisasi Bank Muamalat semakin kuat khususnya dalam aspek pengawasan. Kami mengucapkan terima kasih atas sumbangsih jajaran komisaris yang lama," ujar dia.

Ia menambahkan, untuk dewan komisaris yang baru seluruh Insan Muamalat siap menyambut dan mendukung agar target turnaround perseroan dapat segera tercapai.

BPKH resmi menjadi PSP Bank Muamalat setelah menerima hibah saham dari Islamic Development Bank (IsDB) dan SEDCO Group pada 15 dan 16 November 2021 sebanyak 7.903.112.181 saham atau setara dengan 77,42 persen. Dengan demikian, total kepemilikan saham BPKH di Bank Muamalat naik menjadi 78,45 persen.

Setelah Bank Muamalat melakukan rights issue dengan BPKH menyuntikkan tambahan modal sebesar Rp1 triliun total kepemilikan saham BPKH di Bank Muamalat saat ini menjadi sebesar 82,7 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Bank Muamalat adalah bank yang menjalankan usahanya berdasarkan prinsip syariah pertama di Indonesia.

    bank muamalat

  • RUPSLB