Sukses

XL Axiata Jual 859 Menara Rp 750 Miliar kepada Edotco

PT XL Axiata Tbk (EXCL) juga menyewa kembali 791 menara telekomunikasi oleh perseroan dari EII senilai Rp 1,19 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - PT XL Axiata Tbk (EXCL) akan menjual 859 menara telekomunikasi kepada PT Edotco Infrastruktur Indonesia (EII) senilai Rp 750 miliar. Kemudian XL Axiata menyewa kembali 791 menara telekomunikasi oleh perseroan dari EII senilai Rp 1,19 triliun.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Minggu (27/2/2022), penyewaan kembali 791 menara telekomunikasi oleh XL Axiata dari EII dengan nilai sewa selama 12 tahun.

Dalam transaksi penjualan 859 menara senilai Rp 750 miliar akan dibayar Edotco bertahap. Pada tahap pertama sebesar Rp 500 miliar akan dibayarkan pada tanggal penutupan. Pada tahap kedua senilai Rp 250 miliar akan dibayarkan tiga tahun sejak tanggal penutupan.

PT XL Axiata Tbk telah menandatangani perjanjian pembelian aset dan perjanjian induk sewa menyewa  menara pada 25 Februari 2022 antara perseroan dengan EII.

Perseroan menyatakan transaksi ini seiring sesuai dengan kegiatan usaha perseroan, sehingga fokus utama perseroan untuk mengembangkan dan meningkatkan pertumbuhan bisnis utama perseroan terutama dalam layanan seluler dan mobile internet.

"Dalam upaya meningkatkan fokus perseroan pada bisnis utamanya serta melakukan optimalisasi biaya-biaya yang terkait dengan pengelolaan dan pemeliharaan menara telekomunikasi serta prasarana pendukung operasional lainnya, pereroan pun memutuskan melakukan transaksi ini,” tulis perseroan

Dengan transaksi ini, perseroan akan memperoleh manfaat. Pertama, peningkatan fokus perseroan terhadap core business perseroan terutama di mobile internet dan seluler hingga dapat meningkatkan mutu dan kualitas layanan kepada masyarakat sebagai dampak atas optimalisasi dan efektivitas terhadap biaya operasional dan biaya sarana dan prasarana pendukung.

Kedua, transaksi ini meningkatkan nilai tambah bagi perseroan dalam jangka panjang karena memperbaiki struktur permodalan. Selain itu juga memperoleh persyaratan sewa yang paling kompetitif atas menara melalui mekanisme jual dan penyewaan kembali.

Adapun perseroan dengan EII memiliki hubungan afiliasi. Keduanya dikendalikan secara tidak langsung oleh pihak yang sama antara lain Axiata Group Berhad (AGB). Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd merupakan pemegang saham pengendali perseroan dimiliki 100 persen sahamnya secara tidak langsung oleh AGB.

Sedangkan AGB juga merupakan pemegang saham mayoritas EII secara tidak langsung melalui Edotco Group Sdn Bhd.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gerak Saham EXCL

Pada penutupan perdagangan Jumat, 25 Februari 2022, saham EXCL melonjak 3,25 persen ke posisi Rp 2.860 per saham. Saham EXCL dibuka naik 10 poin ke posisi Rp 2.780 per saham.

Saham EXCL berada di level tertinggi Rp 2.900 dan terendah Rp 2.860 per saham. Total frekuensi perdagangan 6.393 kali dengan volume perdagangan 411.518. Nilai transaksi Rp 117,4 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.