Sukses

Adhi Karya Gandeng Sucofindo Kelola Limbah Terintegrasi

Kerja sama ini juga sebagai bentuk pengembangan kompetensi bisnis Adhi Karya dalam bidang pengelolaan limbah B3.

Liputan6.com, Jakarta - PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) dan PT Superintending Company of Indonesia (Sucofindo) menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) untuk pengembangan solusi terintegrasi dan pengelolaan limbah (Integrated Waste Management Solution).

Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk, Entus Asnawi Mukhson mengatakan, inisiasi strategis ini sekaligus menjawab tantangan masalah limbah dan sampah di Indonesia yang membutuhkan peran serta para pihak.

Selain memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi lingkungan, kerja sama ini juga sebagai bentuk pengembangan kompetensi bisnis Adhi Karyadalam bidang pengelolaan limbah B3, yang sebelumnya telah dilakukan di Kawasan Industri Medan (KIM).

"Saya yakin, kompetensi yang dimiliki kedua BUMN, yakni ADHI dengan Sucofindo, disertai dengan kolaborasi yang baik dalam berinovasi mengembangkan teknologi baru, mampu menghasilkan manfaat yang berkelanjutan bagi lingkungan kita,” ujar Entus dalam keterangan resmi, Rabu (23/2/2022).

Kolaborasi ini fokus pada pengadaan dan pengelolaan fasilitas limbah dan sampah bagi industri. ADHI selaku kontraktor berperan dalam menyiapkan pembangunan infrastruktur, operasional pabrik, hingga pemasaran dari fasilitas yang ada.

Sementara Sucofindo akan memberikan solusi terbaik melalui pekerjaan pengujian [testing], inspeksi [inspection], sertifikasi [certification], pelatihan dan konsultansi [consultancy and training] berkaitan dengan pengembangan bisnis ADHI dalam berbagai hal terkait pengelolaan limbah.

Pengembangan bisnis Sucofindo dan Adhi Karya dalam MoU ini mencakup beberapa hal. Di antaranya terkait pengelolaan fasilitas pengelolaan limbah terpadu (FPLT), pengelolaan tanah terkontaminasi minyak (TTM), rencana pengelolaan port reception facility, rencana pengelolaan limbah medis, dan rencana pengelolaan limbah elektronik.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Kompetensi

Direktur Utama Sucofindo, Mas Wigrantoro Roes Setiyadi menjelaskan, kerja sama ini bertujuan untuk mengembangkan dan memperluas ruang lingkup jasa di bidang pengelolaan limbah. Pada saat bersamaan, juga meningkatkan kompetensi Sucofindo di bidang pengelolaan limbah.

"Semoga kerja sama ini menjadi awal yang baik untuk kerja sama lainnya ke depan sebagai bagian dari inisiatif strategis bersama dalam mendukung sinergi BUMN," tutur Mas Wigrantoro.

Sucofindo dengan jaringannya yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia siap menjadi rekanan dari ADHI yang telah membangun dan mengelola fasilitas pengelolaan limbah di Kawasan Industri Medan dan kawasan-kawasan industri lainnya di Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.