Perjalanan Karier Dorce Gamalama di Dunia Hiburan Tanah Air

Oleh Gagas Yoga Pratomo pada 16 Feb 2022, 17:40 WIB
Diperbarui 16 Feb 2022, 17:40 WIB
Dorce Gamalama
Perbesar
[Foto: Instagram YouTube Denny Sumargo]

Liputan6.com, Jakarta - Jagad dunia hiburan tanah air tengah berduka. Artis Dorce Gamalama meninggal dunia pada Rabu (16/2/2022). Dorce Dikenal sebagai sosok artis yang serba bisa, mulai dari menjadi pelawak, musisi, pemain film dan pembawa acara. 

Dilansir dari kanal Showbiz Liputan6.com, berikut perjalanan karier dari sosok Dorce Gamalama. 

Awal karier Dorce dalam bermusik

Dorce Gamalama memulai awal karirnya dalam dunia musik dengan bergabung dan menyanyi bersama kelompok Bambang Brothers. Hal tersebut bermula saat Dorce masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). 

Hingga akhirnya Dorce mendapatkan tawaran dari dapur rekaman Billboard setelah namanya terkenal di televisi. Ia kemudian meluncurkan single berjudul "Cintaku Kendur di Jalan".

Berkarier Sebagai Pelawak

Selanjutnya, Dorce juga merambah dalam dunia seni hiburan sebagai pelawak. Pada saat itu, dirinya melawak dengan berpura-pura menjadi seorang wanita. Sejak saat itu, Dorce mendapat panggilan Dorce Ashadi. Awal karir Dorce menjadi pelawak kelompok tari waria Fantastic Dolls. Kemudian namanya mulai terkenal di jagad hiburan tanah air. 

Merambah ke Dunia Film dan Punya Acara sendiri

Setelah semakin terkenal, akhirnya Dorce memiliki peran dalam sejumlah film. Dilansir dari Dream, Rabu 16 Februari 2022, pada 1990, Dorce mulai dikenal karena tampil di acara televisi. Ia bahkan mendapatkan tawaran main film Dorce Sok Akrab pada 1989 dan Dorce Ketemu Jodoh tahun 1990.

Sejak 2008 hingga 2009, Dorce bermain film berjudul Mas Suka Masukin Aja dan Hantu Biang Kerok. 

Saat booming program entertainment di televisi, Dorce merambah dunia presenter. Ia memandu acara bersama Eko Patrio untuk sebuah program Kencan di Indosiar dari 2002 hingga 2005.

Setelah itu, Dorce berkesempatan membawakan program acara sendiri bernama Dorce Show sejak tahun 2005 hingga 2009 silam. 

Banyak Meraih Prestasi

Sebagai artis di industri hiburan tanah air, Dorce berhasil meraih beberapa prestasi seperti masuk dalam daftar presenter papan atas Indonesia.

Dorce bahkan mencatatkan namanya dalam rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) lantaran berhasil meluncurkan sembilan album sekaligus hanya dalam waktu lima bulan sejak November 2005 hingga Maret 2006.

Album yang melibatkan 74 artis itu, menempatkan Dorce masuk di posisi 1883 dalam daftar penerima penghargaan MURI.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tampil di Konten Youtube

Ingin Bekerja Dengan Raffi Ahmad, Ini 5 Curhatan Dorce Gamalama
Perbesar
Curhatan Dorce Gamalama yang Ingin Bekerja Dengan Raffi Ahmad. (Sumber: Instagram.com/dg_kcp)

Lama-kelamaan karier Dorce kian meredup, dirinya tak lagi membawakan acaranya sendiri dan sudah sangat jarang tampil di televisi. Meskipun begitu, Dorce masih sempat hadir dalam beberapa acara untuk konten di YouTube. 

Dorce juga terserang penyakit diabetes yang sudah menyerang organ lain dalam tubuhnya yang membuatnya kerap bolak-balik dirawat di rumah sakit. Hingga akhirnya, pada Rabu, 16 Februari 2022, Dorce Gamalama meninggal dunia. 

Mengutip Kanal Showbiz Liputan6.com, seperti diberitakan sebelumnya, Dorce meninggal dunia pada Rabu, 16 Februari 2022, di RSPP Simprung karena infeksi COVID-19. Kabar ini disampaikan Hetty Soendjaya selaku sahabat mendiang Dorce Gamalama.

Menurut Bunda Hetty, Dorce terinfeksi COVID-19 dan sempat dirawat di rumah sakit hampir 3 minggu. "Waalaikumsalam, benar, iya jam setengah 8 pagi meninggal. Beliau kena COVID hampir 3 minggu di RS. Dia langsung drop dan enggak sadarkan diri sampai meninggalnya di RSPP Simprug," ungkap Hetty Sunjaya

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya