Sukses

Ide Kado Hari Valentine Anti Mainstream untuk Keluarga hingga Kekasih Tersayang

Meski mungkin tak terdengar romantis, tetapi perencanaan keuangan yang matang bisa menjadi kado valentine yang lebih berguna

Liputan6.com, Jakarta - Setiap 14 Februari, banyak masyarakat dunia yang merayakan hari kasih sayang atau biasa disebut Hari Valentine. Momen ini acap ditandai dengan pemberian hadiah, umumnya seperti bunga dan cokelat.

Sayangnya, kedua hal itu nampak terlalu mainstream untuk saat ini. Sehingga tidak sedikit orang yang memutar otak untuk menemukan kado terbaik dan unik untuk orang terkasih, atau biasanya pasangan.

Meski mungkin tak terdengar romantis, tetapi perencanaan keuangan yang matang bisa menjadi kado yang lebih berguna di masa mendatang. Salah satunya produk investasi.

Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia, Dimas Ardhinugraha menilai, tekanan keuangan dapat mempengaruhi kelanggengan hubungan dengan pasangan.

"Oleh karena itu, buktikan komitmen cinta Anda dengan pintar mengelola keuangan dan mewujudkan mimpi bersama," ujarnya, ditulis Senin (14/2/2022).

Salah satu produk investasi yang bisa dilirik, yakni reksa dana sebagai modal awal. Reksa dana merupakan produk pasar modal yang dikelola oleh perusahaan manajer investasi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Di reksa dana, Anda bisa mulai berinvestasi dengan dana minimal Rp 10 ribu.

Produk ini relatif memiliki risiko yang lebih minim dibandingkan instrumen pasar modal lainnya. Kemudian, secara bertahap mulai pelajari produk investasi lainnya yang mudah dimengerti dan terjangkau, mulai dari investasi reksa dana lalu berlanjut ke produk investasi lain hingga investasi saham.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilihan Produk

Dimas menyebutkan, ada beragam pilihan produk, baik reksa dana konvensional maupun reksa dana syariah, reksa dana yang berinvestasi di bursa dalam negeri maupun luar negeri, reksa dana dalam denominasi Rupiah maupun US Dollar.

Tingkat risiko produk reksa dana juga beragam. Mulai dari tingkat risiko yang rendah seperti reksa dana pasar uang, hingga risiko yang relatif tinggi seperti reksa dana saham.

"Dengan ragam alternatif produk reksa dana, Anda bisa memanfaatkannya untuk berbagai tujuan keuangan yang berbeda-beda. Seperti memenuhi biaya liburan, membeli motor baru, rumah, pembiayaan pernikahan, kelahiran anak, ataupun persiapan pensiun, sehingga pemilihan produk tinggal disesuaikan dengan tujuan, profil risiko dan jangka waktu investasi Anda," ujar Dimas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.