Sukses

Anak Usaha AKR Corporindo Gandeng Xurya Pasang PLTS Atap di KEK Gresik JIIPE

Langkah yang dilakukan anak perusahaan PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) adalah satu bentuk dukungan PT BKMS dalam mempercepat implementasi EBT di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS) selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik JIIPE memasang PLTS Atap dengan menggandeng PT Xurya Daya Indonesia (Xurya) sebagai komitmen untuk meningkatkan penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) di Kawasan Industri dan Pelabuhan Terpadu.

Langkah yang dilakukan anak perusahaan PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) adalah satu bentuk dukungan PT BKMS dalam mempercepat implementasi EBT di Indonesia.

Perusahaan memasang 764 panel surya di beberapa atap gedung utility center yang berlokasi di kompleks kawasan industri JIIPE Gresik, Jawa Timur.

JIIPE merupakan kawasan terintegrasi pertama di Indonesia dengan total area 3.000 hektar yang terdiri dari kawasan industri, pelabuhan umum multifungsi, dan hunian berkonsep kota mandiri.

Instalasi PLTS Atap ini sejalan dengan salah satu visi perusahaan yakni menjadi kawasan industri terintegrasi yang terdepan dengan mendukung sektor industri melalui energi yang berkesinambungan.

"Selain berkontribusi secara positif terhadap penekanan efisiensi biaya logistik bagi pelaku industri, kami juga berkomitmen dalam pengelolaan sumber energi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan," ujar President Director BKMS JIIPE Bambang Soetiono, dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (10/2/2022).

Ia menuturkan, PLTS Atap di bangunan utility center merupakan salah satu bentuk kontribusi pemanfaatan energi baru terbarukan dari kawasan industri di Jawa Timur.

Xurya sebagai startup energi terbarukan adalah pelopor metode tanpa investasi dalam pembiayaan PLTS Atap sangat memahami pentingnya peran kawasan industri guna mempercepat bauran energi di Indonesia.

Implementasi ini juga menjadi bentuk dukungan kepada pemerintah untuk menciptakan pasar baru Energi Baru Terbarukan (EBT) melalui program Renewable Energy Base Industry Development (REBID).

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hemat Energi Jadi Daya Tarik

Managing Director Xurya Daya Indonesia Eka Himawan mengatakan kawasan industri memiliki peran strategis sebagai katalisator ke arah green economy yang didukung dengan adanya green industry.

Penggunaan PLTS Atap juga menjadi daya tarik bagi sektor industri karena sudah tersedianya regulasi dan ekosistem yang mendukung, serta adanya peningkatan kesadaran konsumen terhadap produk yang ramah lingkungan.

"Kami sangat mengapresiasi langkah Kawasan Ekonomi Khusus Gresik JIIPE yang telah berkontribusi dalam meningkatkan penggunaan EBT dari kawasan industri di Jawa Timur," ia menambahkan.

Melalui pemasangan PLTS Atap di kawasan industrinya ini, JIIPE mampu menghemat 483,917 kWh dan menekan produksi CO2 sebesar 451,978 kg setiap tahunnya. Jumlah CO2 tersebut setara dengan menanam 5.671 pohon selama 10 tahun dan penggunaan 126.236 liter bensin selama satu tahun.

 

Reporter: Ayesha Puri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.