Sukses

Saham Meme hingga Ledakan SPAC Warnai Gejolak Bursa AS pada 2021

Kondisi bursa saham bergejolak pada 2021 seiring hadirnya saham meme hingga ledakan SPAC.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun ini menjadi perdagangan yang bergejolak sehingga banyak hal-hal yang terduga terjadi di pasar saham salah satunya trader di Reddit mengantongi keuntungan tiga digit, atau USD 100 juta (setara Rp 1,42 triliun (asumsi Rp 14.253 per dolar AS).

Kondisi pasar tahun ini bertepatan dengan lonjakan investor pemula yang masuk bursa saham seiring lonjakan besar sepanjang sejarah.

Pertambahan investor baru didorong faktor bekerja dari rumah atau jarak jauh (WFH), pemeriksaan stimulus dan tingkat tabungan pribadi yang lebih tinggi serta ruang obrolan media sosial menjadi katalis ledakan transaksi perdagangan investor ritel.

"Jika ada keraguan tentang siapa yang memegang kekuasaan di pasar saham, investor ritel AS mencuri perhatian pada 2021. Setelah satu tahun melihat lebih banyak arus masuk daripada gabungan 25 tahun sebelumnya, sejauh mana kelompok ini (investor baru) tetap berjuang adalah pertanyaan terbuka besar untuk awal 2022,” ujar Global Head of hedge fund coverage Goldman Sachs Tony Pasquariello, dikutip dari laman CNBC, ditulis Minggu (26/12/2021).

Kisah saham meme mengejutkan wall street. Saham meme dimulai hanya beberapa hari memasuki 2021 ketika trader ritel bekerja sama di forum WallStreetBets Reddit yang bertujuan menawar saham GameStop.

Penjualan ini berjalan hanya dalam waktu singkat karena hedge fund. Pembelian ritel memicu short-covering besar-besaran sehingga memicu reli lebih jauh.

Volume perdagangan GameStop dan saham meme favorit AMC Entertainment telah kian susut. Sekitar 2,5 juta saham GameStop berpindah tangan setiap hari. Berdasarkan riset sejak Januari hingga Rabu, 22 Desember 2021. Seperlima transaksi terjadi pada Januari.

Trader Reddit juga tampak kurang fokus pada GameStop dan AMC selaku dua ticker yang paling banyak disebutkan di WallStreetBets tahun ini, menurut pelacak data YoloStocks.

Penyebutan WallStreetBets untuk keduanya mencapai puncaknya pada 28 Januari sekitar 267 ribu untuk GameStop dan 47 ribu untuk AMC. Untuk beberapa bulan terakhir di hari biasa terjadi ratusan penjualan.

Baru-baru ini aksi jual pasar GameStop dan AMC masing-masing turun ke level terendah dalam beberapa bulan minggu lalu. Dua saham itu masing-masing susut sebanyak 716 persen dan 1.260 persen.

Kinerja bervariasi untuk saham lain yang populer di papan pesan Reddit. BlackBerry naik 40 persen dan Tesla meningkat 48 persen. Sementara Clover Health dan Bed Bath & Beyond masing-masing turun sekitar 75 persen dan 13 persen.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Antusiasme Penggemar Saham Meme

Para penggemar saham meme menjadi perhatian tahun ini karena sebagai fenomena investasi yang paling aneh adalah toko makanan kecil di New Jersey yang pernah memiliki kapitalisasi pasar lebih dari USD 100 juta atau Rp 1,42 triliun.

Hometown International  dengan Your Hometown Deli yang berbasis di Paulsboro, NJ sebagai satu-satunya lokasinya meraih nilai pasar yang luar biasa awal tahun ini di tengah hiruk-pikuk perdagangan.

Akumulasi penjualan Deli selama dua tahun hanya sekitar USD 35.748, menurut pengajuan sekuritas. Manajer dana lindung nilai David Einhorn menyoroti Deli sebagai contoh aktivitas perdagangan spekulatif.

“Seseorang mengarahkan kami ke Hometown International (HWIN), yang memiliki satu toko makanan di pedesaan New Jersey (Deli).  HWIN mengantongi kapitalisasi pasar senilai USD 113 juta pada 8 Februari 2021. Pemegang saham terbesar juga sekaligus jajaran eksekutif Deli kebetulan menjadi  pelatih gulat sekolah menengah di sebelah  Deli. Pastrami pasti luar biasa," ujar Einhorn dalam  sebuah surat kepada klien pada April.

3 dari 3 halaman

Ledakan SPAC

Pada 2021 juga merupakan tahun keemasan bagi  perusahaan spesial bertujuan khusus atau Special Purpose Acquisition Company (SPAC). Perusahaan mampu mengumpulkan dana terbesar sebanyak USD 162 miliar. Pencapaian ini hampir dua kali lipat pada penerbitan tahun lalu sekitar USD 83,4 miliiar, menurut SPAC Research.

SPAC meningkatkan modal dalam penawaran umum perdana dan menggunakan uang tunai untuk merger dengan perusahaan swasta dan membawanya ke publik, biasanya dalam waktu dua tahun.

Pasar sangat panas pada kuartal I dengan transaksi baru mencatat kenaikan rata-rata 6,5 persen pada hari pertama . Investor kecil mewakili 46 persen dari volume perdagangan di SPAC di platform Bank of America pada Januari.

Saat ini industri telah mendingin di tengah banyak tantangan. Mulai dari tekanan regulasi, prospek suku bunga yang lebih tinggi hingga lingkungan pembuatan kesepakatan yang semakin kompetitif.

Namun, satu kesepakatan khusus yang diluncurkan pada kuartal IV menarik banyak perhatian. Digital World Acquisition Corp. mengumumkan rencana platform media sosial yang mantan Presiden  Donald Trump dibuka ke publik pada Oktober.

Berita tersebut memicu reli saham sebesar 800 persen dalam dua hari. Selama 2021, SPAC masih naik lebih dari 400 persen.

Investor populer Chamath Palihapitiya mengatakan pada Oktober di podcastnya “ All-In with Chamath, Jason, Sacks & Friedberg ”  dengan Digital World Acquisition adalah NFT Donald Trump yang diperdagangkan di bursa.

 

Reporter: Ayesha Puri

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.