Sukses

Bukalapak Luncurkan Akademi Jagoan demi Genjot UMKM Melek Digital

Akademi Jagoan by Bukalapak bertujuan membantu para pelaku UMKM yang telah menjalankan usahanya maupun yang baru memulai usahanya.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bukalapak.com atau Bukalapak (BUKA) meluncurkan Akademi Jagoan by Bukalapak. Yakni sebuah e-learning platform bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan literasi digital dan kemampuan pengelolaan bisnis.

Program tersebut merupakan bagian dari rangkaian program “Belajar Digital Bareng Bukalapak - Microsoft”. Komisaris Utama Bukalapak, Bambang Brodjonegoro menyatakan dukungan penuh terhadap kerja sama strategis yang dijalin Bukalapak dan Microsoft ini.

Akademi Jagoan by Bukalapak bertujuan membantu para pelaku UMKM yang telah menjalankan usahanya maupun yang baru memulai usahanya. Bagi para pelaku usaha yang sudah menjalankan usahanya, program Akademi Jagoan by Bukalapak akan membuat mereka naik kelas dalam mengelola bisnisnya.

"Melalui program Akademi Jagoan by Bukalapak, kita berharap ke depannya pelaku UMKM dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengelola bisnis agar bisnis yang dikelolanya dapat berkelanjutan dan memberikan dampak yang besar terhadap perekonomian bangsa," kata Bambang dalam Virtual Launch: Akademi Jagoan by Bukalapak, Senin (20/12/2021).

Menurut data dari Kemenko Perekonomian, Indonesia saat ini memiliki lebih dari 64 juta UMKM yang menyerap kurang lebih 97 persen tenaga kerja serta berkontribusi lebih dari 60 persen PDB.

"Angka ini menunjukkan potensi yang sangat besar dari UMKM. Oleh karena itu kita harus bersama-sama bergotong royong membantu memberdayakan UMKM di tanah air," ujar Bambang.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peran Internet Makin Besar

Dalam kesempatan yang sama, CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin menilai saat ini peran internet dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari semakin besar.

Kemampuan digital dalam kehidupan sehari-hari disebut akan sama pentingnya dengan kemampuan dasar seperti membaca, menulis dan berhitung.

"Kami berharap suatu saat angka literasi digital di Indonesia akan sama dengan angka literasi atau kemampuan dasar tersebut yaitu mendekati 100 persen,” kata dia.

Platform e-learning Akademi Jagoan by Bukalapak hadir untuk memberikan kesempatan pada semua pelaku usaha dan masyarakat luas untuk mempelajari keterampilan digital. Sekaligus untuk membawa UMKM naik kelas, sehingga dapat menikmati kehidupan yang lebih sejahtera.

Pada 2021, melalui komunitas pelapak dan komunitas juara Mitra Bukalapak, perusahaan telah menyelenggarakan lebih dari 200 kelas online dengan materi yang beragam yang diikuti oleh lebih dari 24 ribu peserta. Rachmat mengatakan, kelas tersebut dilaksanakan secara berkala dan terjadwal.

"Akademi Jagoan by Bukalapak ini dapat diakses setiap saat secara gratis. Sehingga kami berharap akan banyak lagi pelaku UMKM dan masyarakat yang dapat menimba ilmu digital,” pungkasnya.

Melalui platform ini, Bukalapak dan Microsoft menyediakan berbagai materi pembelajaran, mulai dari kemampuan dasar terkait penggunaan komputer, membuat konten digital, hingga tips dan trik mengelola warung dan lapak online agar makin optimal.

Dengan mempelajari materi-materi yang tersedia, para UMKM diharapkan dapat memiliki pemahaman literasi digital yang lebih baik serta keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan usahanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.