Sukses

Jurus Bukalapak Kembalikan Kepercayaan Investor Pasar Modal

CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin menyatakan, pihaknya selalu meningkatkan kinerja perusahaan dan komunikasikan dengan baik untuk kembalikan kepercayaan di pasar modal.

Liputan6.com, Jakarta - - PT Bukalapak.com (BUKA) berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja perusahaan. CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin mengatakan, hal itu salah satunya untuk mengembalikan kepercayaan investor terhadap perseroan.

"Cara terbaik untuk kembalikan kepercayaan capital market adalah selalu meningkatkan kinerja perusahaan dan mengkomunikasikannya dengan baik itu yang selalu kami kerjakan di Bukalapak," kata Rachmat dalam Whitepaper Launching by Mandiri Group, Selasa (7/12/2021).

Hingga kuartal III 2021, Bukalapak mencatatkan pendapatan yang naik 42 persen dari tahun sebelumnya, menjadi Rp 1,3 triliun. Pendapatan tersebut salah satunya berasal dari Mitra Bukalapak yang tumbuh sebesar 298 persen yoy menjadi Rp 496 miliar hingga September 2021.

Kontribusi Mitra Bukalapak terhadap pendapatan Perseroan meningkat dari 19 persen pada kuartal III 2020 menjadi 43 persen pada kuartal III 2021.

Terkait kinerja saham BUKA, Rachmat menerangkan Bukalapak tercatat sebagai satu-satunya unicorn yang melantai di Bursa saat ini. Ke depan, Rachmat berharap lebih banyak pemain dari skala yang sama untuk juga melantai di Bursa. Dengan demikian, masyarakat bisa lebih teredukasi mengenai perusahaan teknologi.

"Jadi kalau dibilang saham Bukalapak turun dan yang lain enggak bisa IPO, itu tidak relevan. Harusnya masing-masing punya kekuatan sendiri, malah kalau ramai-ramai pasarnya bisa lebih besar dan bisa sama-sama mengedukasi market, sehingga orang bisa lebih mengerti lagi tentang perusahaan teknologi,” pungkasnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukalapak Luncurkan BukaSend

Sebelumnya, PT Bukalapak.com atau Bukalapak (BUKA) meluncurkan fitur Agen BukaSend di aplikasi Mitra Bukalapak. Lewat fitur ini, para mitra Bukalapak dapat menjadi titik pengiriman dan penjemputan barang bagi sejumlah perusahaan logistik ternama di tanah air.

"Ini salah satu upaya yang dilakukan oleh Bukalapak untuk memberdayakan UMKM,” ujar Presiden Commerce & fintech Bukalapak, Victor Lesmana dalam Virtual Media Briefing Bukalapak, Selasa, 30 November 2021.

BukaSend adalah fitur di Bukalapak yang dapat dimanfaatkan pengguna Bukalapak untuk mengirim paket tanpa perlu pergi ke agen pengiriman.

Melalui fitur ini, pengguna akan mendapatkan berbagai macam kemudahan. Seperti mendapatkan banyak pilihan jasa pengiriman, pembayaran secara aman, paket yang langsung dijemput oleh kurir, dan mendapatkan live tracking pengiriman.

Merujuk pada kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari banyak pulau, Victor menilai terdapat tantangan untuk industri logistik menjangkau seluruh daerah.

Di saat bersamaan, meningkatnya transaksi online turut meningkatkan kebutuhan logistik. Sementara titik sebar agen logistik masih terbatas. Sehingga dengan fitur BukaSend ini, diharapkan dapat menjangkau lebih banyak daerah hingga ke pelosok tanah air melalui MItra Bukalapak. Sehingga juga bisa menekan biaya logistik dari daerah yang sebelumnya jauh dari agen pengiriman.

"Kita bisa membantu pemain logistik yang ada di Indonesia untuk memperluas jangkauan dari dari agen logistik mereka. Sehingga (Mitra Bukalapak) bisa jadi tempat drop poin yang melayani masyarakat sekitar dengan mudah dan tidak perlu investasi infrastruktur yang besar,” kata Victor.

“Itu akan jadi ekosistem atau simbiosis yang menguntungkan semua pihak yang terlibat dalam ekosistem ini,” ia menambahkan.

3 dari 3 halaman

Hadir di Aplikasi Mitra Bukalapak

BukaSend sebelumnya ada di aplikasi marketplace Bukalapak. Namun, fitur tersebut kini juga tersedia di aplikasi Mitra Bukalapak. Dengan begitu, Mitra Bukalapak kini bisa menjadi agen-agen pengiriman dan langsung menjadi drop point.

"Sejak kita luncurkan beberapa bulan terakhir, kita melihat pertumbuhan yang menggembirakan dari jumah agen BukaSend. Saat ini ada lebih dari 12.000 agen yang aktif melayani jasa pengiriman yang tersebar di seluruh Indonesia,” ungkap Victor.

Persebaran itu berada di lebih dari 400 kota yang ada di Indonesia. Dari fitur ini, Victor mengatakan Mitra Bukalapak berpotensi meraup tambahan penghasilan hingga Rp 14 juta.

Retention rate dari fitur ini mencapai 80 persen, artinya mayoritas Mitra Bukalapak menggunakan fitur BukaSend. Sehingga penyediaan agen logistik nantinya juga akan bertambah.

Daftar Mitra BukaSend Berikut adalah daftar beberapa mitra jasa pengiriman yang sudah tergabung di dalam BukaSend:

Grab

SiCepat

Lion parcel

JNE

JTR (JNE Trucking)

Ninja Anteraja J&T

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.