Sukses

Grup Mandiri Luncurkan Startup IPO Whitepaper, Apa Saja yang Diulas?

Di dalam Whitepaper, grup Mandiri juga membahas tren dan regulasi terkait IPO untuk startup

Liputan6.com, Jakarta - Grup Mandiri yang terdiri dari Mandiri Capital Indonesia (MCI), PT Mandiri Sekuritas (Mandiri Sekuritas, dan Mandiri Institute meluncurkan startup IPO Whitepaper berjudul ‘The Billion Dollar Moment: A Paradigm Shift for Indonesian IPOs.

Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri, Panji Irawan mengatakan, kajian ini merupakan upaya dan bentuk dukungan grup Bank Mandiri dalam upaya memahami sektor IPO teknologi yang berkembang akan memberikan manfaat besar bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

"Melalui usulan kebijakan yang dituangkan dalam whitepaper ini, kami harapkan dapat memberikan kontribusi yang sangat besar terutama dalam pengembangan ekonomi digital dan juga dalam pendalaman keuangan Indonesia,” ujar dia dalam Whitepaper Launching by Mandiri Group, Selasa (7/12/2021).

Whitepaper ini terdiri dari empat bagian besar, yaitu The Exit Landscape for Startups, IPO Specific Section, IPOs for Startups, and Policy Treatment for IPOs in Indonesia. Melalui Startup IPO Whitepaper, grup Mandiri ingin menyampaikan IPO atau public listing juga merupakan salah satu strategi exit yang baik untuk dipertimbangkan, selain merger and acquisition (M&A).

Di dalam Whitepaper, grup Mandiri juga membahas tren dan regulasi terkait IPO untuk startup, pro dan kontra Startup untuk IPO, serta keuntungan Startup untuk melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Direktur Utama MCI, Eddi Danusaputro, mengatakan, MCI sangat mendukung ekosistem startup baik dari sisi portfolio MCI ataupun Startup non-portfolio.  Selain itu, MCI senang melihat lebih banyak potensi exit di ekosistem startup.

"MCI berkomitmen untuk terus menjembatani inovasi antara Grup Mandiri dan ekosistem Startup dengan tujuan memberikan nilai tambah bagi Mandiri Group dan Startup,” kata Eddi.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

IPO Startup

Senada dengan Eddi, Direktur Utama Mandiri Sekuritas Oki Ramadhana mengatakan, Mandiri Sekuritas berkomitmen tinggi dalam menyediakan berbagai solusi pasar modal dan advisory untuk mendukung akselerasi pertumbuhan bisnis para klien.

"IPO whitepaper Mandiri Group ini menyediakan informasi komprehensif dan terkini tentang apa dan bagaimana perusahaan rintisan dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk IPO di Indonesia," ujarnya.

Whitepaper ini juga merupakan wujud dari dukungan bagi perusahaan-perusahaan digital teknologi yang sedang mempertimbangkan untuk mengembangkan bisnis mereka melalui pasar modal Indonesia dalam waktu dekat.

Sementara Executive Director dari Mandiri Institute, Andry Asmoro, mengatakan, regulator dan pemangku kepentingan telah memahami bahwa sektor IPO teknologi yang berkembang akan memberikan manfaat besar bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Sehingga otoritas terkait juga melakukan penyesuaian dari sisi regulasi. Menurut Andry, hal ini dapat memberikan kontribusi yang sangat besar untuk negara terutama dalam pendalaman keuangan di Indonesia.

"IPO startup dapat menghasilkan nilai di seluruh perekonomian, bagi individu, perusahaan, pemerintah, dan masyarakat secara keseluruhan," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.