Sukses

BCA Gandeng Komunal Salurkan Pembiayaan UMKM

Hingga Oktober 2021, total Disbursement of Digital Partnership yang telah dibukukan BCA mencapai Rp 145,76 miliar dengan berbagai channeling.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) memberi dukungan kesejahteraan UMKM dalam pembiayaan melalui program Disbursement of Digital Partnership dan menyepakati kerja sama dengan PT. Komunal Finansial Indonesia (Komunal). Hal ini untuk memperluas sokongan pemulihan perekonomian nasional.

Keberadaan sektor UMKM menjadi salah satu pilar penting dalam pertumbuhan perekonomian di Indonesia khususnya di tengah pandemi. BCA dan Komunal resmi berkolaborasi untuk mendukung pembiayaan kepada UMKM.

Kegiatan penandatanganan kesepakatan BCA dengan Komunal dilakukan oleh Senior Vice President Commercial & SME Business BCA Elvriawati Tumewah dan Co-founder & CEO Komunal Hendry Lieviant di Jakarta pada Jumat, 5 November 2021.

Kerja sama ini juga sebagai bentuk upaya nyata yang dilakukan oleh BCA bagi kebutuhan fasilitas pembiayaan yang dibutuhkan UMKM.

Elvirawati menuturkan, saat ini bisnis kecil yang dilakukan oleh UMKM mendominasi transformasi digital  di tengah kondisi pemulihan ekonomi Indonesia. BCA mencermati fenomena ini dan memutukan untuk kembali bermitra dengan fintech Komunal.

"Upaya ini dilakukan untuk memberikan dorongan semangat dan materi bagi pelaku UMKM untuk bersama memulihkan perekonomian. Bagian dari inisiatif digital BCA ini juga kian memperluas jangkauan pembiayaan ke debitur UMKM, jaringan bisnis, serta kolaborasi lainnya,” ujar Elvriawati, dikutip dari keterangan perusahaan yang ditulis , Selasa (23/11/2021).

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penghubung ke UMKM

Komunal sebagai perantara dari BCA kepada UMKM yang membutuhkan permodalan bisnis. Kerjasama yang terjalin dimaksudkan dapat membantu UMKM dalam mengembangkan bisnis.

Limit pendaanaan kolaborasi yang disepakati senilai Rp 15 miliar Adapun, kerja sama ini akan dilakukan melalui fasilitas channeling pembiayaan dengan plafon per debitur sebesar maksimal Rp 2 miliar dengan tenor pembiayaan selama maksimal tiga bulan.

Elvriawati mengatakan hingga Oktober 2021, total Disbursement of Digital Partnership yang telah dibukukan BCA mencapai Rp 145,76 miliar dengan berbagai channeling.

Terdapat sejumlah program yang mendukung digital partnership seperti Business Personal Loan E-commerce, Business Personal Loan Direct, maupun Channeling Fintech.

Fintech Terjamin dan Dalam Pengawasan OJK

Komunal sendiri adalah perusahaan fintech yang memberikan fasilitas berupa layanan peer-to-peer. Layanan ini dapat mendukung menciptakan hubungan antara UMKM potensial dengan para pemberi dana untuk mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Komunal telah terdaftar dan diawasi oleh OJK beroperasi sejak Februari 2019 hingga Oktober 2021. Fintech ini telah menyalurkan pinjaman lebih dari Rp 700 miliar untuk berbagai produk pinjaman yang ditawarkan. Saat ini, total kreditur aktif yang ada di Komunal mencapai 1.495 kreditur yang di dominasi di wilayah Jawa Timur.

"Dengan adanya kolaborasi dengan Komunal, kami berharap BCA dapat memperluas jaringan pembiayaan dan lebih strategis dalam menjangkau para pengusaha UMKM untuk memenuhi kebutuhan kredit usahanya supaya ke depannya para pengusaha UMKM Indonesia menjadi lebih maju dan bertumbuh secara bisnis,” ujar Elvriawati.

 

Reporter: Ayesha Puri

 

PICTURE FIRST: BTS Taklukkan Amerika!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.