Sukses

Adaro Energy Perkuat Pilar Bisnis Logistik

PT Adaro Energy Tbk melalui Adaro Logistik telah memusatkan pengelolaan dan koordinasi atas seluruh anak perusahaan yang menangani operasi logistik.

Liputan6.com, Jakarta - PT Adaro Energy Tbk (ADRO) melalui anak usahanya PT Alam Tri Abadi (ATA) melepas 2.750 saham atau setara 55 persen saham PT Sarana Daya Mandiri (SDM) kepada PT Sarana Mekar Pratama (SMP) yang merupakan entitas anak PT Adaro Logistics (AL).

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Sabtu (23/10/2021), PT Adaro Energy Tbk melalui AL telah memusatkan pengelolaan dan koordinasi atas seluruh anak perusahaan yang menangani operasi logistik mulai dari angkutan tongkang batu bara dan pemuatan kapal, pengerukan dan pemeliharaan alur sungai dan bongkar muat hingga ke bisnis terkait lainnya.

Sedangkan kegiatan operasional SDM mengeruk di alur Sungai Barito memungkinkan alur untuk dapat dilalui dua arah selama 24 jam sehari. SDM juga mempertahankan lebar dan kedalaman alur sepanjang 15 KM ini dengan melakukan pengerukan secara rutin agar aman untuk navigasi.

Oleh sebab itu, perseroan memutuskan untuk melakukan streamlining terhadap struktur organisasi pada pilar bisnis logistik.

“Dengan restrukturisasi pemegang saham di bawah pilar logistik melalui SMP dengan menempatkan SDM di bawah kendali AL sehingga pilar bisnis logistik memiliki keselarasan yang baik,” tulis perseroan.

Perseroan menyatakan dengan transaksi ini menyeleraskan bisnis yang akan menjadi lebih baik. Transaksi ini juga melengkapi program perseroan untuk memusatkan pengelolaan dan koordinasi atas seluruh anak perusahan yang menangani operasi logistik.

“Dengan dilakukannya transaksi ini, perseroan akan memiliki pilar bisnis logistik yang lebih efisien dan kuat,” tulis manajemen perseroan.

Adapun ATA telah menjual 2.750 lembar saham atau 55 persen yang dimilikinya di SDM kepada SMP, yang 55 persen sahamnya dimiliki  oleh AL atau Adaro Logistics.

Adaro Logistics merupakan anak usaha yang dimiliki sepenuhnya secara langsung maupun tak langsung oleh Adaro Energy senilai Rp 62,94 miliar. Setelah transaksi, SMP memiliki saham SDM sebanyak 2.750 saham atau 55 persen.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gerak Saham ADRO

Pada penutupan perdagangan Jumat, 22 Oktober 2021, saham ADRO turun 1,14 persen ke posisi Rp 1.735 per saham. Saham ADRO dibuka turun 95 poin ke posisi Rp 1.660 per saham.

Saham ADRO berada di level tertinggi Rp 1.750 dan terendah Rp 1.645. Total frekuensi perdagangan saham 20.932. Total volume perdagangan 2.327.861. Nilai transaksi Rp 397 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.