Sukses

Subway Indonesia Resmi Buka, Saham MAPB Terbang

Citos ternyata menjadi tempat untuk gerai pertamai Subway di Indonesia dan resmi dibuka Jumat, 15 Oktober 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Jaringan restoran sandwich asal Amerika Serikat, Subway resmi membuka gerai pertama di Indonesia pada Jumat, 15 Oktober 2021. Tepatnya di Cilandak Town Square atau Citos, Jakarta Selatan.

Hal itu turut beri sentimen terhadap saham PT MAP Boga Adiperkasa Tbk (MAPB). Pembukaan gerai pertama Subway mendongkrak saham PT Map Boga Adiperkasa (MAPB).

Saham MAPB mulai menguat jelang penutupan perdagangan sesi pertama hari ini. Kemudian jelang penutupan perdagangan saham MAPB langsung melonjak.

Saham MAPB ditutup naik 45 poin atau 2,8 persen ke posisi 1.650. Saham MAPB dibuka stagnan di posisi Rp 1.605 per saham. Saham MAPB berada di level tertinggi Rp 1.650 dan terendah Rp 1.605 per saham.

Total frekuensi perdagangan 20 kali dan volume perdagangan 93. Nilai transaksi Rp 15 juta. Gerai sandwich terbesar di dunia itu resmi teken perjanjian kerja sama dengan Sari Sandwich Indonesia, anak usaha Map Boga Adiperkasa (MAPB) pada Agustus lalu.

MAPB merupakan anak usaha PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) yang berfokus pada bisnis food and beverages.

Sementara itu, saham MAPI justru stagnan. Sempat berada di zona merah, kemudian ditutup stagnan di posisi Rp 880 per saham. Saham MAPI dibuka turun 15 poin ke posisi Rp 865 per saham.

Saham MAPI berada di level tertinggi Rp 885 dan terendah Rp 850. Total frekuensi perdagangan 2.942 kali dengan volume perdagangan 257.611. Nilai transaksi Rp 22,4 miliar.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Subway Kembali Masuk Indonesia

Berdasarkan kesepakatan, merek Subway akan dikelola oleh PT Sari Sandwich Indonesia dan memperluas portofolio bisnis ke depan. Selain itu, Indonesia akan menjadi pasar pertama untuk menerapkan model waralaba eksklusif Subway secara global.

"Sebagai pemain utama di pasar F&B Indonesia, MBA memiliki lebih dari 590 toko di 33 kota di Indonesia dengan melayani merek antara lain Starbucks, Pizza Marzano, Krispy Kreme, dan lain-lain. Subway Indonesia akan sukses dan berkembang. Kami akan membuka banyak cabang di Indonesia," kata President Director untuk PT Map Boga Adiperkasa Utama, Anthony Cottan, seperti dikutip, Jumat (15/10/2021).

Head of Marketing Subway, Silvia Muryadi mengatakan, enam tahun terakhir ini mulai ramai pemain atau pelaku usaha yang fokus bisnis sandwich. Ada juga yang mengkonsumsi sandwich karena menginginkan sesuatu yang sehat.

Menurut Silvia, hal itu pula yang mendorong MAP berani  membuka gerai Subway perdana di Indonesia. Selain itu, saat kondisi pandemi banyak orang yang juga mencari makanan yang segar dan lebih sehat.

"Ini fast food, tapi lebih sehat karena kami juga membawa sayuran yang segar. Jadi, ini merupakan waktu yang tepat Subway hadir di Indonesia," ujar Silvia.

Subway adalah restoran cepat saji asal Amerika Serikat yang berfokus menjual sandwich, wrap, salad, dan bowls. Gerainya telah hadir di lebih 100 negara dengan total gerai hampir 40.000. Subway pernah hadir di Indonesia pada 1990-an, tapi tutup pada awal 2000-an.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.