Sukses

Bakal Akuisisi 51 Persen Saham Pengelola Ranch Market, Blibli Perluas Ekosistem Bisnis

PT Global Digital Niaga atau lebih dikenal dengan Blibli telah melakukan penandatanganan Perjanjian Pengikatan Pembelian Saham dalam PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC).

Liputan6.com, Jakarta - PT Global Digital Niaga atau lebih dikenal dengan nama Blibli.com berupaya mempercepat pengembangan dan perluasan ekosistem bisnis sebagai perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia. Salah satu langkah dilakukan dengan akuisisi 51 persen saham PT Supra Boga Lestari Tbk/SBL (RANC), pengelola gerai Ranch Market.

PT Global Digital Niaga akan akuisisi saham RANC dari tujuh pihak antara lain PT Wijaya Sumber Sejahtera, PT Prima Rasa Inti, PT Gunaprima Karyaperkasa, PT Ekaputri Mandiri, Dr David Kusumodjojo, Suharno Kusumodjojo dan Harman Siswanto. Demikian mengutip dari keterangan perseroan di salah satu media massa cetak, Kamis (16/9/2921)

"Kami telah melakukan penandatanganan Perjanjian Pengikatan Pembelian Saham (PPPS) dalam PT Supra Boga Lestari Tbk (SBL)," ujar CEO dan Co-Founder Blibli Kusumo Martanto, dikutip dari keterangan tertulis, Kamis pekan ini.

Ia menambahkan, bagi perseroan, formula terpenting menjalankan bisnis adalah kualitas layanan, inovasi dan kolaborasi.

“Diperkuat dengan ekosistem teknologi bisnis menyeluruh yang mencakup B2C, B2B, B2B2C, dan B2G, Blibli terus fokus membangun kepercayaan, memberikan pengalaman ritel terbaik, memastikan pemenuhan kebutuhan pelanggan, memberdayakan mitra bisnis, dan menciptakan inovasi solusi nyata," ujar dia.

PT Global Digital Niaga  teken perjanjian pengikatan pembelian saham dalam PT Supra Boga Lestari Tbk dengan tujuh pihak pada 15 September 2021. Jumlah saham RANC yang akan diambilalih sebesar 797.888.628 saham atau setara 51 persen dari total modal ditempatkan dan disetor PT Supra Boga Lestari Tbk. Adapun nilai transaksi belum disebutkan dalam pengumuman tersebut.

Ia menuturkan, rencana strategis ini sejalan dengan langkah Blibli menumbuhkan bisnis yang sudah solid dengan menjadi solusi bagi seluruh pemangku kepentingan yang ada di dalam ekosistem Blibli.

"Blibli yakin dengan reputasi, kinerja dan potensi SBL yang positif, semakin memantapkan peluang dalam membesarkan pangsa pasar yang akhirnya memacu pertumbuhan bisnis kedua pihak,” tutur dia.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gerak Saham RANC

Pada penutupan perdagangan sesi pertama Kamis, 16 September 2021, saham RANC melonjak 9,55 persen ke posisi Rp 2.410 per saham. Saham RANC dibuka naik 150 poin ke posisi Rp 2.350 per saham.

Saham RANC berada di level tertinggi Rp 2.700 dan terendah Rp 2.300 per saham. Total frekuensi perdagangan 4.739 kali dengan volume perdagangan 167.070. Nilai transaksi Rp 41,1 miliar.

PT Supra Boga Lestarik Tbk, merupakan perusahaan yang bergerak di perdagangan ritel modern dengan mengelola gerai Ranch Market yang merupakan lisensi dari waralaba Ranch Market USA.

Mengutip laman ranchmarket, perseroan melakukan penyesuaian konsep supermarket Ranch Market agar sesuai dengan kebutuhan pelanggan kelas atas dan menengah atas di Indonesia, dengan demikian toko-toko Ranch Market yang dibuka setelahnya adalah sudah dengan konsep yang Perusahaan yakini sudah sesuai dengan visi dan misi Perusahaan.

Pada 2007, Perusahaan mengembangkan konsep supermarket baru yang ditujukan untuk pasar pelanggan kelas menengah dan menengah keatas dengan membuat brand baru antara lain "Farmers Market”. Supermarket Farmers Market memiliki area yang lebih luas dan produk-produk lokal yang lebih bervariasi.

Perusahaan melakukan perjanjian pemutusan lisensi (termination agreement) dengan Ranch Market USA pada 2010. Selanjutnya Perusahaan melakukan perjanjian untuk memperoleh izin penggunaan merk Ranch Market di Indonesia dan terpisah dengan Ranch Market USA.

 

 

Reporter: Elizabeth Brahmana

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.