Sukses

Trivia Saham: Ramai Rights Issue, Istilah Ini Perlu Diketahui

Apa saja yang harus diketahui ketika emiten menggelar rights issue? Yuk, simak ulasan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksanaan rights issue cukup ramai pada 2021. Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat penambahan modal melalui Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue yang masuk dalam daftar ada 44 perusahaan.

Total dana yang berpotensi diraup dari rights issue mencapai Rp 116,57 triliun. Saat ini, ada 18 perusahaan tercatat atau emiten yang telah menggelar rights issue dengan total yang dihimpun mencapai Rp 51,89 triliun.  

Adapun terdapat 13 bank yang akan menggelar rights issue untuk memperkuat struktur permodalan. Sektor keuangan termasuk perbankan akan mendominasi untuk menghimpun dana melalui rights issue.

 

Bicara soal rights issue, kali ini trivia saham kembali membahas mengenai rights issue. Mengutip instagram resmi BRI Danareksa Sekuritas @bridanareksa, Sabtu (11/9/2021), rights issue merupakan hak bagi investor (existing) untuk mendapatkan saham tambahan yang diterbitkan sesuai dengan harga yang ditetapkan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Istilah Apa Saja yang Harus Diketahui?

Istilah apa saja yang harus diketahui mengenai rights issue tersebut? Berikut rinciannya:

-Cum date, adalah tanggal di mana investor akan mendapatkan rights apabila memiliki saham tersebut hingga market tutup.

-Ex date, adalah H+1 hari bursa setelah cum date, di mana harga sama akan mengalami penyesuaian dari dimulainya proses rights issue.

-Trading period merupakan periode transaksi rights baik jual maupun beli di pasar tunai (cash market) dan hanya dapat dilakukan pada sesi pertama perdagangan selama periode yang ditetapkan.

-Exercise period adalah periode pengajuan penebusan rights menjadi saham dan dapat dilakukan selama periode yang ditetapkan.

-Subcription date, merupakan batas akhir pengajuan pelaksanaan rights yang dimiliki untuk mendapatkan saham tambahan sesuai dengan harga yang ditetapkan di awal.

3 dari 3 halaman

Apa Saja Hal yang Harus Diperhatikan?

Lalu apa saja hal-hal yang harus diperhatikan?

-Akan terjadi penyesuaian harga saham di market pada saat ex date akibat dari dimulainya proses rights issue

-Rights merupakan hak yang memiliki batas waktu. Sehingga apabila hak tersebut tidak dilaksanakan hingga subscription data, hak tersebut akan hangus setelah tanggal yang ditetapkan.

-Apabila investor rights tidak berminat untuk ekseskusi hak tersebut, investor dapat menjual rights di market selama trading period.

-Pembelian rights juga dapat dilakukan oleh investor selama trading period.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.