Sukses

Rig Tenders Indonesia Bakal Miliki Pemegang Saham Pengendali Baru

Usulan pengambilalihan saham RIGS dituangkan dalam CSPA yang telah diteken oleh Scomi Marine Services Pte Ltd (SMS) dan PT Surya Indah Muara Pantai (PT SIMP).

Liputan6.com, Jakarta - PT Rig Tenders Indonesia Tbk (RIGS) mengumumkan perubahan dalam pengendalian, baik langsung maupun tidak langsung terhadap Perseroan.

Dalam keterbukaan informasi Bursa, dikutip Jumat (27/8/2021), Perseroan mengungkapkan, Scomi Marine Services Pte. Ltd. (SMS) sebagai salah satu pemegang saham Perseroan, bermaksud untuk mengalihkan seluruh kepemilikan sahamnya kepada PT Surya Indah Muara Pantai (PT SIMP), yakni perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia.

Total saham Perseroan yang dimiliki SMS yakni sebanyak 490.597.000 saham, mewakili 80,54 persen dari seluruh modal ditempatkan dan disetor perseroan.

Presiden Direktur Perseroan, Mastura Binti Mansor mengatakan, usulan pengambilalihan atau rencana negosiasi pengambilalihan ini dituangkan dalam Conditional Share Purchase Agreement (CSPA) yang telah ditandatangani oleh SMS dan PT SIMP pada 26 Agustus 2021.

"Penyelesaian usulan atau rencana pengambilalihan akan dilaksanakan sesuai dengan seluruh ketentuan-ketentuan dan syarat pendahuluan sebagaimana diatur dalam CSPA, anggaran dasar Perseroan, dan peraturan pasar modal yang berlaku," ujarnya, seperti dikutip Jumat (27/8/2021).

Setelah diselesaikannya rencana transaksi pengambilalihan tersebut, status pemegang saham pengendali Perseroan yang sebelumnya dipegang oleh SMS, kini dimiliki sekaligus dikendalikan PT SIMP.

Dengan berubahnya status hukum Perseroan dari Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) menjadi Perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), Perseroan dapat mengembangkan aktivitas bisnis yang sebelumnya terhambat asas Cabotage Law.

"Hal ini akan memberikan dampak positif terhadap kinerja operasional dan keuangan Perseroan dan dapat meningkatkan profitabilitas Perseroan,” pungkas Mastura.

PT Surya Indah Muara Pantai ini bergerak di bidang usaha transportasi dan pengudangan, usaha perdagangan besar dan eceran.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gerak Saham RIGS

Pada perdagangan Jumat, 27 Agustus 2021 pukul 10.18 WIB, saham RIGS melonjak 24,53 persen ke posisi Rp 264 per saham. Saham RIGS berada di level tertinggi Rp 264 dan terendah Rp 226 per saham. Total frekuensi perdagangan 347 kali dengan volume perdagangan 45.359. Nilai transaksi Rp 1,2 miliar.

Pemegang saham RIGS per 27 Agustus 2021 antara lain Scomi Marine Services Pte Ltd sebesar 80,54 persen, masyarakat sebesar 19,46 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.