Sukses

Trivia Saham: Mengenal 4 Gaya Trading di Pasar Modal

Tading saham merupakan aktivitas jual beli saham dalam jangka waktu tertentu, biasanya cukup singkat.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di pasar modal, tidak akan asing dengan istilah investasi dan trading. Umumnya, investasi saham bisa disimpulkan sebagai aktivitas ‘menabung’ untuk memperoleh keuntungan dari pembelian saham untuk jangka yang panjang.

Sementara itu, trading saham merupakan aktivitas jual beli saham dalam jangka waktu tertentu, biasanya cukup singkat. Adapun orang yang melakukan trading ini disebut trader.

Pada dasarnya, setiap orang memiliki kepribadian dan sudut pandang yang berbeda-beda. Hal ini kadang kala juga mempengaruhi keputusan investasi seseorang. Dalam trading sendiri, ada empat gaya yang umum dijumpai.

Gaya trading atau trading style adalah pendekatan yang dilakukan seseorang untuk melakukan trading. Gaya trading terutama terkait dengan berapa lama waktu seorang trader berada di pasar saham saat suatu trading dilakukan. Misalnya beberapa menit, beberapa jam, beberapa hari, atau beberapa bulan.

Perlu dicatat, gaya trading tidak sama dengan strategi trading. Sebagai gambaran, apakah Anda trader yang cepat atau santai, itu adalah gaya. Sedangkan strategi trading lebih pada bagaimana teknik cara masuk dan keluar pasar.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com telah merangkm empat gaya trading:

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Scalping Trader

Scalping adalah gaya trading yang dilakukan dalam waktu sangat pendek, biasanya dalam hitungan detik atau menit. Gaya trading ini sangat aktif, tetapi hanya berusaha mendapatkan profit kecil.

Gaya trading ini biasanya dilakukan dalam frekuensi tinggi (jumlah transaksi banyak). Biasanya gaya trading ini menyasar pasar yang likuid dan cenderung tidak volatile.

Scalper menggunakan analisa teknikal sebagai senjata utama, dan tidak memperdulikan analisa fundamental sama sekali. Grafik yang digunakan oleh scalper adalah minute chart dan hourly chart.

3 dari 5 halaman

2. Day Trader

Day trading adalah gaya trading yang mengambil keuntungan dari fluktuasi harga harian. Trader membeli dan menjual dalam hari yang sama. Tidak ada posisi trading yang disimpan sampai besoknya. Kisaran waktunya antara beberapa menit sampai beberapa jam per trading.

Bekal utama dari day trader adalah analisa teknikal, dan hampir tidak memperdulikan analisa fundamental. Grafik yang digunakan oleh day trader adalah minute chart, hourly chart, dan daily chart.

4 dari 5 halaman

3. Swing Trader

Swing trading adalah gaya trading ini berusaha mengambil keuntungan dari fluktuasi harga dalam periode lebih panjang. Time horizonnya adalah dalam hitungan hari minggu, hingga bulanan.

Swing trader menggunakan kombinasi analisa teknikal dan analisa fundamental sebagai senjata, dan sangat memperhatikan pola grafik pada analisa teknikal. Grafik yang digunakan oleh swing trader adalah hourly chart, daily chart, weekly chart, dan terkadang monthly chart.

5 dari 5 halaman

4. Position Trader

Position trading adalah gaya trading yang menggunakan time horizon yang lebih panjang lagi, mulai dari hitungan minggu sampai bulan.

Trader yang menahan posisi trading sampai satu dua tahun juga masih bisa disebut sebagai position trader. Bekal utama position trader adalah kombinasi dari analisa teknikal dan analisa fundamental. Grafik yang digunakan oleh position trader adalah daily chart, weekly chart, dan monthly chart.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.