Genjot Inovasi Logistik, Samudera Indonesia dan PSA Sepakat Kolaborasi

Oleh Dian Tami Kosasih pada 05 Agu 2021, 22:57 WIB
Diperbarui 05 Agu 2021, 22:57 WIB
PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) dan PSA Singapore menandatangani MoU kerjasama pada 4 Agustus 2021 (Dok:Istimewa)
Perbesar
PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) dan PSA Singapore menandatangani MoU kerjasama pada 4 Agustus 2021 (Dok:Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - PT Samudera Indonesia Tangguh (Samudera Indonesia) Tbk (SMDR) dan PSA Corporation Ltd (PSA) sepakat berkolaborasi untuk mendorong lahirnya inovasi logistik. Hal ini seiring pandemi COVID-19 telah memberikan tantangan baru di industri logistik.

Oleh karena itu, kolaborasi dua perusahaan ini dapat mengembangkan jalur perdagangan antara Indonesia, Asia Tenggara dan dunia. Dengan kolaborasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kerja sama antara dua perusahaan.

Dengan demikian, dua perusahaan ini teken kesepakatan pada Rabu, 4 Agustus 2021. Pengalaman, keahlian, dan jaringan Samudera Indonesia digabungkan dengan luasnya cakupan pasar global PSA dalam pelabuhan dan logistik diyakini akan dapat menghasilkan inovasi dan solusi peningkatan efisiensi dan terbentuknya rantai pasok yang tangguh dalam konektivitas kargo.

Kolaborasi ini mencakup pengembangan jalur perdagangan antara Indonesia, Asia Tenggara, dan dunia untuk menyediakan layanan multimoda, freight forwarding, pergudangan & trade financing. Samudera Indonesia dan PSA juga akan mengembangkan inovasi rantai pasok untuk sektor cold chain & e-commerce.

Dalam mengembangkan masa depan supply chain management, kedua mitra akan mengeksplorasi penggunaan platform digital, salah satunya CALISTA™, yang akan dapat menggabungkan layanan logistik, perizinan dan keuangan bagi para pelanggan.

Hal ini diyakini akan meningkatkan kualitas konektivitas kargo, dan terciptanya ekosistem logistik yang lincah, efisien, dan transparan.

"Kami optimis melihat ke masa depan bekerja sama dengan Samudera Indonesia, dalam upaya berinovasi dan meraih keunggulan dalam transportasi kargo dan rantai pasok,” ujar Regional CEO Southeast Asia PSA, Ong Kim Pong dalam keterangan tertulis, Kamis (5/8/2021).

Ia menambahkan, kolaborasi ini merupakan usaha bersama untuk memperkuat konektivitas logistik  yang tangguh dan memiliki daya tahan dalam menjawab tantangan masa depan.

PSA senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan kapabilitas dan mendorong koordinasi  rantai pasok, memperkuat reputasi Singapura sebagai hub logistik dan pengelolaan rantai pasok yang efisien.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Potensi Indonesia

Direktur Utama Samudera Indonesia, Bani M. Mulia, menambahkan, Indonesia sebagai perekonomian terbesar di Asia Tenggara memiliki potensi pertumbuhan luar biasa ketika berhasil mengurai penyumbatan kelancaran infrastruktur logistiknya.

"PSA kaya akan pengalaman dalam peningkatan efisiensi logistik, seraya terus menerus meningkatkan daya saing Singapura sebagai hub Asia Tenggara,” ujar dia.

Selain kerja sama layanan pelayaran ke pelabuhan Singapura yang sudah terjalin selama ini, Ia menuturkan, pihaknya semangat menyambut kolaborasi lebih jauh dengan PSA untuk mengeksplorasi peluang investasi logistik & inovasi digital.

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya