Sukses

Makin Beragam, BEI Catat 739 Saham di Indonesia

Untuk transaksi harian terbanyak, BEI mencatat pada 14 Januari terjadi sejarah baru karena terdapat 2 juta transaksi hanya dalam satu hari.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi salah satu investasi yang banyak diminati masyarakat Tanah Air saat ini, investor bisa memilih ratusan saham perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Analyst Pengembangan Calon Perusahaan Tercatat BEI, Kandita Dara menyebut, hal ini sejalan dengan meningkatnya investor ritel di Tanah Air setiap tahun.

"Terdapat 739 saham yang tercatat di Indonesia, obligasinya ada 126. Untuk market cap kalau digabung semua itu sekitar Rp7.306 triliun," katanya, Kamis (5/8/2021).

Kandita menegaskan, jumlah investor selama tiga tahun terakhir telah mengalami kenaikan hingga 3 kali lipat. Tercatat pada 2018 hanya terdapat 800 ribu investor.

"Jumlah investor saham terus bertambah, 2018 hanya di angka 800 ribuan, tapi di Agustus 2021 sudah menjadi 2,5 juta. Angka ini menjukan bila ada kenaikan hingga 3 kali lipat dalam waktu 3 sampai 4 tahun," ujarnya.

Tak hanya itu, investor yang saat ini mendominasi datang dari dalam negeri dan merupakan investor retail.

"Jumlah investor domestik indonesia semakin bertambah. Semester I 2021, 59,3 persen itu di dominasi investor retail. Semoga ini bisa memberikan dampak positif di Indonesia, jadi enggak terlalu bergantung pada kapital market luar meski ada global krisis," tuturnya.

Untuk transaksi harian terbanyak, BEI mencatat pada 14 Januari terjadi sejarah baru karena terdapat 2 juta transaksi hanya dalam satu hari.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

IPO Unicorn Bakal Dongkrak Kapitalisasi Pasar

Sebelumnya, sejumlah perusahaan teknologi berstatus unicorn dan decacorn akan menawarkan saham perdana ke publik atau initial public offering (IPO). Hal ini ternyata mampu memberikan sentimen positif ke pasar modal Indonesia.

"Dengan masuknya unicorn di indonesia diharapkan mampu meningkatkan pasar sekitar Rp500 triliun, atau 7,7 persen apabila 27 unicorn yang ada saat ini masuk," kata Analyst Pengembangan Calon Perusahaan Tercatat BEI, Kandita Dara, Kamis 5 Agustus 2021.

Kandita juga menegaskan, hadirnya satu unicorn di pasar modal Indonesia diharapkan mampu mendorong perusahaan di segmen yang sama untuk melakukan IPO, sehingga pilihan bagi para investor semakin beragam.

"Keberhasilan IPO unicorn di pasar modal Indonesia akan meningkatkan kredibilitas pasar modal Indonesia dan meningkatkan selera calon unicorn lainnya untuk IPO dan tercatat di Bursa Efek Indonesia," ujarnya.

Kandita juga menegaskan, banyaknya pengguna teknologi di Indonesia menjadi peluang bagi perusahan untuk menjangkau investor Tanah Air.

"Banyaknya pengguna dari setiap perusahaan teknologi di Indonesia meningkatkan potensi pertumbuhan investor di pasar modal Indonesia melalui konversi pengguna di ekosistemnya menjadi investor perusahaan," tuturnya.

Penambahan emiten dari industri teknologi diharapkan mampu meningkatkan potensi Indonesia sebagai tujuan investasi bagi investor global. Komposisi sektor teknologi dalam portofolio investor diperkirakan akan meningkat di tahun-tahun mendatang, terlebih dengan adanya pilihan baru. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • Investor

  • Investor Ritel

  • transaksi